Windows 11 Build Pratinjau KB5014105 Dirilis Tanpa Tab File Explorer

Windows 11 Build Pratinjau KB5014105 Dirilis Tanpa Tab File Explorer

NESABAMEDIA.COMMicrosoft awal pekan ini merilis pembaruan pipa servis baru Windows 11 KB5014105, untuk menguji saluran Pembaruan Windows sebelum pengujian pratinjau pembaruan besar berikutnya. Tidak seperti pembaruan saluran sebelumnya, pada pembaruan ini tidak disertakan File Explorer baru dengan Tab, sebuah fitur yang diumumkan di awal April ini.

Versi awal dari File Explorer dengan tab muncul pertama kalinya di Windows 11 Build 22572, namun Microsoft menghapus fitur itu di build yang lebih baru, seperti Build 22579 atau yang terbaru Build 22593. 

Fitur ini masih disertakan dalam pembaruan pipa servis untuk build Pratinjau, namun setelah perilisan pembaruan KB5014105, tab di build Pratinjau itu tidak lagi memungkinkan untuk menjalankan pembaruan pipa servis. Hal ini menyebabkan beberapa spekulasi bahwa tab di File Explorer itu tidak akan diluncurkan pada tahun ini, atau tidak siap untuk Sun Valley 2. Akan tetapi spekulasi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Microsoft masih memiliki rencana untuk menambahkan tab ke File Explorer di tahun 2022 ini, dan fitur baru akan mulai diluncurkan ke konsumen dengan Windows 11 versi 22H2 Sun Valley 2, atau di beberapa titik setelah rilis pembaruan fitur. 

File Explorer dengan tab adalah sesuatu yang diharapkan Microsoft untuk bisa dikirimkan pada tahun 2018 silam dengan Windows 10, namun fitur itu dibatalkan dan perilisannya pun ditunda. 

Kini fitur tersebut diatur sedemikian rupa untuk bisa kembali ke File Explorer, dan Microsoft mengatakan dengan adanya fitur tab itu akan memungkinkan pengguna memiliki beberapa jendela dalam satu explorer, mirip dengan Microsoft Edge, sehingga memudahkan dalam pengelolaan file. 

Seperti yang mungkin sudah diketahui, File Explorer telah mengalami perubahan yang sangat besar dalam hal desain secara keseluruhan dengan diperkenalkannya Windows 11. Antarmuka Command Bar WinUI baru menggantikan antarmuka Ribbon dengan tata letak toolbar yang lebih sederhana, dan juga memudahkan Microsoft untuk mengembangkan fitur baru seperti Tab File Explorer tanpa harus membuat perubahan yang besar pada kode lama.

Seperti yang dijelaskan di atas, tab ini akan mirip dengan yang ada di browser, sehingga anda akan bisa membuka lusinan tab sekaligus, dan memindahkannya ke jendela Explorer terpisah. Tab itu bisa dipindahkan melalui command bar, menu konteks dan pintasan keyboard.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend