Windows 11 Hilangkan Fitur Andalan di Taskbar, Pengguna Kecewa

Windows 11 Hilangkan Fitur Andalan di Taskbar, Pengguna Kecewa

NESABAMEDIA.COMWindows 11 diyakini akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang, dan Microsoft telah mengungkapkan beberapa fitur yang telah dihapus atau mengalami penyusutan dalam sistem operasi baru itu.

Beberapa fitur utama seperti Timeline akan dihapus dan diganti untuk mengurangi kerancuan, tetapi beberapa perubahan itu tidak akan memberikan kenyamanan dan bisa mempengaruhi cara pengguna dalam menggunakan Windows sehari-hari. 

Dengan Windows 11, salah satu bagian penting akan kehilangan dukungan untuk fitur-fitur dasar, dan ini seperti sebuah degradasi jika dibandingkan dengan Windows 10. Misalnya, Taskbar hanya bisa ditempatkan di bagian bawah layar. Windows 11 tidak mengizinkan pengguna untuk menyematkan taskbar di bagian lain di layar. Ini sudah dijelaskan dalam sebuah dokumentasi baru resmi Microsoft.

Dalam dokumen resmi itu Microsoft hanya mengungkap penghilangan satu fitur Taskbar, namun sejumlah pengguna menemukan di Build Pratinjau bahwa Windows 11 juga kehilangan dukungan untuk menu klik kanan lengkap dan kemampuan untuk melakukan drag and drop file ke aplikasi yang disematkan di Taskbar. 

Dalam sebuah postingan di Feedback Hub, Microsoft juga mengakui bahwa perilaku semacam ini bukanlah sebuah masalah dan Windows 11 tidak lagi hadir dengan dukungan drag and drop di Taskbar. Setidaknya untuk saat ini. 

“Saat ini, untuk menarik file ke sebuah aplikasi di Taskbar untuk membukanya, tidak akan didukung di Windows 11. Namun kami menghargai semua feedback yang dikirimkan pengguna, dan kami akan terus menggunakannya untuk membantu pengembangan fitur semacam ini di masa mendatang,” kata Microsoft. 

Selain itu, Windows 11 juga tidak akan mengizinkan pengguna untuk melakukan drag and drop aplikasi ke Taskbar untuk dijadikan sebagai Shortcut atau pintasan. 

Sejauh ini, reaksi atas pernyataan Microsoft di Feedback Hub itu membuat banyak pengguna kecewa. Salah satu pengguna mengatakan bahwa respon yang diberikan Microsoft sangat menyedihkan, dan mereka kecewa karena fitur yang selama ini ada dalam membantu mereka menggunakan Windows malah dihilangkan. 

Sebelumnya, pengguna menemukan cara untuk bisa mengembalikan Taskbar yang lama. Namun setelah Microsoft mengetahuinya, trik itu pun akhirnya dinonaktifkan. Ini adalah yang hal yang cukup jelas, bahwa Microsoft tengah berusaha menghilangkan kesan dari era Windows 10 ke Windows 11. 

Leave a Reply

Send this to a friend