Windows 11 Segera Rilis Ke Publik, Bagaimana Kesiapannya

Windows 11 Segera Rilis Ke Publik, Bagaimana Kesiapannya?

NESABAMEDIA.COMWindows 11 sepertinya hanya tinggal beberapa minggu lagi menuju perilisan. Sejumlah laporan yang bocor pekan ini mengklaim bahwa Microsoft tengah bersiap untuk peluncuran pada bulan Oktober, yang berarti itu hanya kurang dari enam pekan ke depan sebelum kode final RTM ditandatangani. 

Lalu apakah Windows 11 cocok untuk didistribusikan ke publik? Sejumlah pengguna telah mencicipinya dalam versi beta resmi selama beberapa minggu terakhir, dan ada beberapa hal yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui kesiapan sistem operasi tersebut dirilis ke publik.

Stabilitas adalah perhatian utama dari setiap peluncuran sistem operasi. Pengguna mungkin menginginkan banyak sekali fitur baru dalam setiap versi yang baru, dan itu memang bisa menjadikannya tampak begitu menggoda, namun jika ternyata fitur baru tersebut justru memunculkan bug dan masalah lain, maka hal tersebut akan sia-sia. 

Apakah Windows 11 Sudah Stabil?

Membuat klaim soal masalah stabilitas selalu mempertaruhkan banyak hal, karena bug yang bisa muncul tiba-tiba nantinya, hanya akan menjadi titik balik sebuah kegagalan. Namun sejak Windows 11 diumumkan dan dirilis versi beta-nya, sejauh ini soal stabilitas bukan menjadi sebuah masalah. 

Selama pengujian, tidak banyak pengguna yang mengeluhkan soal adanya crash atau kerusakan yang serius, itu pun para pengguna mengeluhkannya di versi-versi awal. Memang masih banyak kekhawatiran soal Windows 11 setelah diluncurkan ke publik nanti, tapi sampai dengan tahap sekarang ini, kekhawatiran itu sangat minim. 

Apakah Semua Fitur Bekerja Dengan Semestinya?

Tidak semua fitur yang telah dijanjikan Microsoft sudah tersedia di Windows 11, setidaknya sampai berita ini dibuat. Namun, fitur-fitur yang sudah ada di versi beta di Windows Insider, secara umum telah bekerja dengan baik. 

Salah satu sorotan itu adalah bagian Taskbar dan Start Menu yang berada di tengah layar. Meskipun banyak keluhan, namun selama proses pengujian, para pengguna juga mulai terbiasa, dan tambahan pilihan pengaturan di dalamnya sangat membantu. 

Apa Yang Masih Belum Ada?

Ada dua hal penting yang masih belum ada sampai saat ini. Pertama adalah dukungan aplikasi Android di Microsoft Store. Memang tampilan di toko aplikasi itu sudah mengalami desain ulang, dan ada beberapa aplikasi baru yang tersedia. 

Namun, masih belum terlihat soal janji Microsoft akan menghadirkan aplikasi Android asli di Microsoft Store. Mungkin memang untuk menghadirkannya masih memerlukan banyak hal di belakang layar, namun ketidakhadiran fitur yang paling ditunggu itu seperti meninggalkan ruang kosong. 

Kemudian juga sangat menarik untuk bisa melihat apa yang akan dilakukan Windows 11 dengan layanan streaming Game Pass. Untuk saat ini, aplikasi Xbox masih sangat identik dengan Windows 10, dan itu pun belum mendukung streaming. 

Microsoft masih harus bekerja ekstra keras untuk menjadikan Windows 11 siap meluncur pada musim gugur nanti. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, mungkin Windows 11 yang dirilis itu akan sangat berbeda dari apa yang diprediksi dan dibayangkan banyak orang.

Leave a Reply

Send this to a friend