• Our Partners:

Windows 11 Vs Chrome OS, Mana Yang Lebih Sesuai Kebutuhan

Windows 11 Vs Chrome OS, Mana Yang Lebih Sesuai Kebutuhan?

Microsoft Windows dan Google Chrome OS adalah dua sistem operasi desktop paling populer di dunia. Keduanya berjalan di laptop yang sama saat ini, dengan Chromebook yang cenderung lekat dengan perangkat murah. Anda bisa melihat laptop yang hampir identik berdampingan, satu dengan Windows 11 dan satu lagi dengan Chrome OS.

Hal tersebut membuatnya layak untuk mempertimbangkan manfaat masing-masing karena kemungkinan besar pembeli laptop rata-rata mungkin memilih di antara kedua platform dan mencoba memutuskan mana yang terbaik untuk mereka.

Meskipun Chrome OS telah berkembang jauh, itu masih merupakan OS yang berbeda dengan Windows 11. Bagi sebagian orang, itu mungkin semua yang mereka butuhkan, bagi yang lain, masih kurang.

Dukungan Perangkat Keras

Satu perbedaan yang jelas antara kedua sistem operasi adalah dukungan perangkat keras. Meskipun Windows 11 memiliki beberapa persyaratan yang cukup ketat, seperti dukungan TPM 2.0, pada perangkat laptop atau desktop Windows ada kebebasan tambahan yang tidak anda dapatkan dengan Chrome OS.

Anda dapat menempatkan Windows 11 di hampir semua laptop yang dijual dalam beberapa tahun terakhir, dan juga desktop, baik yang pre-build maupun yang custom. Jika anda tidak terlalu mempermasalahkan resiko penggunaan di perangkat yang “tidak didukung”, anda dapat memasangnya pada mesin yang juga tidak memenuhi persyaratan perangkat keras.

Jika anda membeli Chromebook, pada dasarnya anda membeli perangkat dengan Chrome OS. Memang ada cara untuk mencopot Chrome OS di Chromebook dan menggantinya dengan Windows, namun prosesnya sangatlah rumit.

Namun, jika anda membeli laptop baru, ada pilihan yang sangat bagus di kedua sisi. Perangkat keras Chromebook cukup populer dalam beberapa tahun terakhir, bahkan laptop kelas atas kini menawarkan Chrome OS, menggunakan chip Intel dan AMD. Memang ada batasan, tentu saja, seperti tidak adanya “Chromebook game”, dan oleh karena itu jika anda seorang gamer, pilihan anda adalah pada Windows.

Desain dan Pengalaman Pengguna

Kedua sistem operasi memiliki identitas visual mereka sendiri, dengan Windows 11 mendapatkan perbaikan yang cukup besar jika dibandingkan dengan Windows 10. Jauh lebih menyenangkan untuk dilihat, dengan perubahan detail yang berkontribusi pada efek keseluruhan. Sayangnya perubahan desain itu masih tidak konsisten, dan masih ada beberapa desain dari Windows lama yang muncul di Windows 11.

Chrome OS juga telah banyak berkembang selama bertahun-tahun, dan bisa dibilang ini menggabungkan pengalaman desktop tradisional dengan sesuatu yang mungkin anda temukan di perangkat seluler. Taskbar, atau “Shelf,” dapat digunakan untuk menyematkan aplikasi favorit, sama seperti Windows, tetapi alih-alih Start Menu, ada App Drawer. Ini sangat berguna pada perangkat yang mendukung sentuhan.

Chrome OS selalu baik untuk kebutuhan dan alur kerja yang lebih ringan, dan itu masih berlanjut hingga sekarang. Antarmuka pengguna sangat efisien, dan tidak banyak proses latar belakang yang menghambat. Android akan menggunakan sebagian besar sumber daya sistem, jadi itu harus dinonaktifkan jika anda tidak menggunakannya, tetapi selain itu, ini adalah OS yang sangat ringan dan sigap. Ini cukup luar biasa mengingat penggunaan RAM browser Chrome di Windows cukup besar.

Windows 11 sangat mirip dengan Windows 10 tetapi dengan antarmuka pengguna yang lebih menyenangkan. Tetapi keindahannya menyembunyikan beberapa masalah, seperti penghapusan fitur dari Taskbar dan Start Menu, dan di balik itu, masih ada banyak proses latar belakang yang berjalan bahkan ketika anda tidak melakukan apa-apa. Lebih mudah bagi PC Windows 11 untuk mengalami macet, tetapi juga jauh lebih mampu dalam hal apa yang sebenarnya dapat anda lakukan.

Aplikasi Android Untuk Semua

Salah satu fitur khas Chrome OS, pada titik tertentu, juga akan menjadi bagian dari Windows 11. Dukungan aplikasi Android akan datang ke Windows 11 dalam bentuk yang berbeda dengan Chrome OS, tetapi hasil akhirnya sama yakni, aplikasi Android di laptop atau Desktop.

Untuk Chrome OS, versi Android dimasukkan ke dalam sistem operasi dan dengan Google Play Store, anda memiliki katalog aplikasi Android terbesar yang ada. Dan seiring bertambahnya usia, sejumlah aplikasi telah diperbarui untuk dioptimalkan untuk Chromebook. Belum terlihat apakah Windows 11 akan mendapatkan perlakuan serupa.

Windows 11 akan menggunakan Amazon App Store, yang tidak begitu bagus. Tidak masalah bagaimana anda melihatnya, Play Store adalah tempatnya jika anda menginginkan aplikasi Android. Sejauh masih belum diketahui dengan pasti apa lagi yang diizinkan oleh Windows Subsystem for Android.

Kedua sistem operasi juga mendukung penggunaan pada tablet, dengan Chrome OS mungkin mendapatkan keunggulan dalam hitungan keramahan pengguna. Tetapi ketika menggunakan aplikasi Android, anda tidak akan terbatas pada mouse dan keyboard saja.

Chrome OS Lebih Dari Sekedar Browser

Jika anda berpikir bahwa Chrome OS hanyalah sebuah laptop dengan browser Google Chrome di dalamnya, maka anda salah. Memang, browser Chrome masih menjadi titik fokus, tetapi Chrome OS jauh lebih dari itu.

Jelas, kita sudah berbicara tentang Android, tetapi Chrome OS juga memiliki mesin virtual Linux lengkap di dalamnya, yang memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi Linux baik dengan antarmuka grafis dan dalam lingkungan terminal. Ini memiliki keterbatasan, tetapi Google terus meningkatkannya, dan itu menutup celah jika Chrome OS tidak memiliki perangkat lunak yang anda butuhkan.

Anda juga tidak perlu menjalankan Chrome OS secara online, meskipun anda menggunakan layanan online seperti Google Documents. Banyak layanan memiliki dukungan offline, dan saat anda online, anda terintegrasi dengan mulus ke dalam Google cloud.

Chrome OS juga berguna jika anda seorang pengembang. Anda tidak memiliki semua yang mungkin anda perlukan seperti pada Windows 11, tetapi anda dapat menjalankan VSCode dan aplikasi pengkodean populer lainnya di Chrome OS dan membuat sendiri alur kerja yang hebat. Chrome OS juga dapat menjalankan Windows, diakui dalam bentuk virtual dan dalam kapasitas terbatas saat ini, tetapi dengan bantuan dari Parallels, Chrome OS semakin dekat menjadi sistem operasi untuk semua orang.

Chrome OS juga dilengkapi dengan akses ke Google Assistant, sama seperti yang mungkin anda gunakan di smartphone. Bahkan Google Assistant jauh lebih baik dari Cortana, yang bahkan telah dimatikan oleh Microsoft sendiri.

Windows 11 Menjalankan Segalanya

Keuntungan dari Windows 11 adalah pada dasarnya mampu menjalankan segalanya. Sejauh ini Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan. Dan jika anda membutuhkan sebuah perangkat lunak untuk melakukan sesuatu, ada kemungkinan besar anda menemukannya di Windows.

Microsoft Store baru di Windows 11 menjadi rumah bagi semua jenis aplikasi, tetapi tentu saja, anda tidak terbatas pada apa yang anda temukan di sana. Layanan seperti Windows Package Manager dapat membuat pemasangan perangkat lunak secara massal menjadi mudah, dan tentu saja, anda dapat mengunduh langsung dari sumbernya.

Windows 11 juga telah menambahkan kekuatan dalam pilihan browsernya. Microsoft Edge adalah rekomendasi browser yang sangat disarankan, dan versi baru berbagi banyak teknologi yang mendasarinya dengan Google Chrome. Tetapi meskipun menjalankan browser alternatif dimungkinkan di Chrome OS, itu jauh dari pengalaman yang ideal.

Kemudian anda memiliki game. Chrome OS dapat menggunakan layanan cloud seperti Xbox Game Pass dan Google Stadia, serta game Android, tetapi hanya itu saja. Tidak ada mesin Chrome OS dengan grafis khusus, jadi jika anda menginginkan game PC, Windows adalah jawabannya. 

Keindahan Windows 11 dalam hal kompatibilitas perangkat lunak adalah anda benar-benar tidak perlu memikirkannya. Jika anda membutuhkan sesuatu, pasti itu ada di sana. Termasuk Linux juga, dengan aplikasi GUI yang didukung di versi terbaru Windows Subsystem for Linux

Kesimpulan

Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempelajari semua perbedaan kecil antara Windows 11 dan Chrome OS, tetapi sebenarnya tidak perlu. Jika anda adalah tipe orang yang sudah bergantung pada Windows untuk perangkat lunak yang memberikan akses ke atau untuk bermain game, maka Chrome OS tidak akan cukup untuk kebutuhan Anda. Demikian juga, jika anda tenggelam dalam ekosistem Microsoft, Windows secara alami lebih cocok.

Chrome OS hadir untuk kasus penggunaan yang lebih ringan dan bisa dibilang merupakan pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin membeli laptop murah. Dengan Chromebook modern, anda bisa mendapatkan perangkat keras yang bagus dengan harga yang terjangkau, dan OSnya cukup fleksibel untuk berkembang.

Windows 11 lebih mampu untuk segala hal, tetapi ini adalah OS yang sangat berbeda dalam skema besar.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments