Windows 8.1 Ditutup, Ini Penjelasan Microsoft

Windows 8.1 Ditutup, Ini Penjelasan Microsoft

NESABAMEDIA.COM – Microsoft tercatat telah lebih dari lima tahun meluncurkan sistem operasi Windows 8 dengan versi 8.1, sayangnya pengguna Windows 8.1 yang masih cukup banyak harus merelakan dan mencoba memperbaharui sistem operasi Windows mereka karena teracam ditutup tahun depan, Senin (25/7).

Microsoft nampaknya sedang gencar memperbaharui layanan mereka, dengan dukungan yang lebih terbaru. Microsoft memang diketahui tengah menggarap banyak proyek, terkait peluncurkan Windows 11 dengan antarmuka yang lebih baru, dukungan ini tentu hanya dapat ditampilkan pada pengguna Windows 11 saja.

Kemarin, Microsoft telah mengumumkan bahwa akan ada perubahan antarmuka pada tampilan Windows 11 terbaru, di mana akan menghadirkan Kembali fitur Search Bar yang ada di Windows 10. Microsoft juga menambahkan beberapa dukungan Widget, informasi cuaca yang akurat, dan diperbanyak dengan layanan berita dari seluruh dunia.

Dalam waktu dekat, Microsoft akan mengirimkan sebuah pemberitahuan terkait penutupan dari sistem operasi Windows 8.1 yang akan berlaku pada bulan Januari 2023. Pemberitahuan terkait penutupan sistem operasi ini akan sama ketika Microsoft mengumumkan pemberhentian pembaruan pada Windows 7.

Hal ini dirasa tidak begitu mengagetkan, karena pada awalnya pengumuman mengenai pemberhentikan layanan untuk Windows 8 sendiri telah diberitahukan pada 2016 silam. Namun, perusahaan akhirnya menyatakan bahwa akan menutup layanan Windows 8.1 pada 2023.

Lalu apa dampak yang diberikan oleh Microsoft? Hal yang sama juga akan berlaku ketika perusahaan membatasi pembaruan untuk Windows 7. Nantinya, Windows 8 tidak akan mendapatkan akses pembaruan untuk layanan terbaru Microsoft, yaitu keamanan Extended Security Update (ESU).

Untuk pengguna yang perangkatnya masih menggunakan sistem operasi Windows 8.1, disarankan untuk segera memperbaharui sistem dengan menggunakan minimal Windows 10. Ini akan berdampak pada keamanan data, ketika pengguna mengakses jaringan yang tidak aman, serta lebih rentan terkena virus.

Microsoft saat ini tengah mengembangkan berbagai macam fitur yang mereka perluas, di mana ada banyak tampilan antarmuka Windows 11 yang dimaksimalkan dengan performa yang lebih ringan. Perusahaan setidaknya telah membocorkan beberapa perubahan seperti tampilan taskbar hingga menambahkan beberapa fitur dari Widget dan pemberitahuan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend