• Our Partners:

Windows Autopatch Tidak Akan Menggantikan Patch Tuesday

Windows Autopatch Tidak Akan Menggantikan Patch Tuesday

NESABAMEDIA.COMSeperti biasanya, pada minggu kedua setiap bulan Microsoft merilis pembaruan keamanan bulanan sebagai rilisan B atau Patch Tuesday.

Namun, belakangan muncul kebingungan di komunitas pengguna, karena dipicu oleh sejumlah media yang menyebut bahwa pembaruan Patch Tuesday bulan Juni 2022 adalah yang terakhir. 

Itu karena Microsoft merilis layanan baru bernama Autopatch mulai bulan Juli mendatang, dan banyak orang menganggap bahwa hadirnya layanan baru itu akan mengakhiri keberadaan dari Patch Tuesday.

Jika mencari di Google atau lainnya dengan kata kunci Final Patch Tuesday, beberapa item berita dari sumber terkenal akan muncul. Faktanya, sejak Autopatch dirilis, banyak media yang berspekulasi bahwa ini adalah pengganti dari Patch Tuesday.

Microsoft, dalam sebuah respon atas pemberitaan sejumlah media, mengkonfirmasi bahwa hal tersebut tidak akan terjadi, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan hal itu. Menurut Microsoft, Patch Tuesday dan Autopatch dimaksudkan untuk bisa ada secara secara berdampingan. Dalam halaman FAQ Autopatch, Microsoft juga menjelaskan sebagai berikut:

Q: Apakah Windows Autopatch berdampak atas Patch Tuesday? Haruskah saya mengganti cara mengelola pembaruan untuk perangkat yang ada di organisasi saya?

A: Pembaruan keamanan dan pembaruan kualitas untuk versi yang didukung dari Windows dan Windows Server, akan terus dikirimkan dalam pembaruan hari Selasa kedua setiap bulannya, yang biasa disebut dengan Patch Tuesday. 

Organisasi akan bisa terus menggunakan proses dan alat yang sama seperti yang biasanya digunakan, seperti Microsoft Endpoint Manager, Windows Update for Business dan Windows Server Update Services untuk mengelola dan menerapkan pembaruan ini.

Windows Autopatch menggunakan alat yang sama dan sejenis, namun didesain untuk bisa menerapkan metode yang lebih efektif yang didukung oleh para ahli dari Microsoft, guna menyediakan sebuah langkah alternatif bagi organisasi yang mencari metode yang lebih otomatis dan penerapan pembaruan tanpa adanya pendekatan secara langsung.

Jadi seperti yang telah dijelaskan di atas, Patch Tuesday masih akan dikirimkan setiap bulannya, sementara akan ada alternatif lain bagi mereka yang ingin menerapkan pembaruan secara otomatis menggunakan Windows Autopatch.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend