Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerja Webcam

Webcam memungkinkan seorang pengguna komputer merekam diri mereka sendiri secara realtime, dan kemudian menyebarkannya kepada publik melalui bantuan jaringan internet. Cukup dengan perangkat mungil yang biasanya terpasang di bagian atas monitor, seorang pengguna komputer dapat menyiarkan gambar dirinya kepada publik melalui jaringan internet dengan bantuan software atau aplikasi, semisal Skype. Webcam ini kurang lebih seperti kamera digital. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital pada umumnya, kamera yang satu ini dirancang agar dapat memproses foto yang relatif komplek dan dapat dengan mudah diupload secara langsung ke situs-situs (biasanya situs sosial media) yang ada internet. Dalam artikel berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai pengertian webcam, fungsi webcam beserta cara kerja webcam itu sendiri.

Pengertian Webcam

fungsi webcam

Wireless webcam

Webcam alias ‘web camera’ merupakan perangkat yang berupa sebuah kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop. Layaknya kamera pada umumnya, sebuah webcam dapat mengirimkan gambar-gambar secara live dari manapun ia berada ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan internet. Awal kemunculannya, webcam ini masih merupakan barang mahal. Tapi, seiring dengan kemajuan teknologi, sudah banyak laptop yang layarnya telah dilengkapi oleh webcam. Untuk komputer, jarang ada yang secara default dilengkapi dengan webcam, pemilik komputer harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.

Ada banyak jenis webcam yang terjual di pasaran. Beberapa di antaranya dapat dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Pada umumnya webcam dilengkapi oleh sejumlah fitur seperti:

  1. Mikrofon
  2. Kemampuan untuk digeser dan disesuaikan posisinya (sesuai keinginan pengguna)
  3. Sensor yang terpasang secara built-in yang dapat mendeteksi pergerakan yang ada di depannya
  4. Lampu indikator yang ketika menyala berarti kamera tersebut tengah aktif

Penggunaan webcam menjadi marak belakangan ini karena kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan perangkat lunak semakin banyak diminati, contohnya adalah Skype. Tidak ada yang menyangka bahwa berkomunikasi menggunakan webcam bakal sepopuler sekarang ini. Sejarah mencatat bahwa webcam yang pertama kali diciptakan bernama Xcoffee.

pengertian webcam

Xcoffe, webcam pertama di dunia

Kamera ini dibuat tahun 1991 oleh Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky yang kemudian baru dapat dihubungkan ke Internet pada tahun 1993 dengan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson. Dalam masa percobaannya, kamera ini dimanfaatkan untuk memonitor sebuah kedai kopi di luar Trojan Room di University of Cambridge. Hal ini dimaksudkan agar orang tak perlu pergi ke kedai kopi ketika stok kopi di kedai tersebut sedang kosong.

Fungsi Webcam

Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan webcam ini memiliki banyak fungsi, diantaranya dalam hal:

1. Berkomunikasi

Keberadaan webcam memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi secara langsung. Tidak hanya itu, kita juga dapat dengan mudah melihat wajah lawan bicara kita. Saat ini telah banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur seperti itu, beberapa diantaranya Skype, Google Hangout, Viber dan lain sebagainya. Komunikasi dengan memakai webcam ini sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih yang lokasinya saling berjauhan atau ketika kita ingin menghubungi keluarga kita yang berada di luar negeri.

2. Belajar jarak jauh

Anda dapat dengan mudah belajar dengan seseorang meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh, misal anda di Indonesia, lawan bicara anda di Amerika. Dengan adanya webcam ini, soal jarak tidak lagi menjadi masalah. Melalui webcam ini, para murid atau pelajar dapat bertanya pada guru mereka jika ada pertanyaan atau hal mengganjal seputar mata pelajaran sekolah. Webcam juga memungkinkan dilakukannya pelatihan atau training lewat Internet. Bahkan, sejumlah pihak menawarkan jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Konferensi jarak jauh

Ada kalanya perusahaan menggunakan webcam untuk melangsungkan konferensi jarak jauh. Mereka yang ada di lokasi jauh pun tak menjadi masalah dan tidak akan ketinggalan konferensi yang berlangsung. Selain itu, dengan adanya konferensi video lewat webcam ini, antara manajer dan karyawan tidak harus berada di lokasi yang sama jika sedang diadakan meeting atau rapat.

Cara Kerja Webcam

Webcam merupakan sejenis kamera kompak yang dapat dipasang ke komputer atau laptop guna menyiarkan video secara real-time alias live. Mirip dengan kamera digital pada umumnya, webcam bekerja dengan menangkap cahaya lewat lensa berukuran kecil di bagian depan dengan bantuan detektor cahaya mikroskopik yang terpasang pada microchip penerima gambar, yang umumnya berteknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS image sensor.

cara kerja webcam

Cara kerja webcam

Gambar yang didapat pun langsung dapat diolah secara digital dan disebarluaskan melalui internet. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital, sebuah webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card. Webcam dirancang untuk tidak perlu “menyimpan” gambar karena fungsi utamanya hanya merekam dan mengirimkan gambar yang diperoleh secara langsung. Itu sebabnya salah satu jenis webcam ada yang menggunakan kabel USB di bagian belakang. Kabel USB ini menyuplai listrik ke webcam dari komputer dan mengambil informasi digital yang ditangkap oleh sensor webcam untuk diteruskan ke komputer.

Setiap webcam memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan harga belinya. Beberapa webcam ada yang hanya bisa menangkap gambar diam setiap 30 detik, ada juga yang memberikan fitur video streaming dengan kecepatan 30 gambar per detik. Webcam mudah ditemui dan tersedia hampir di semua toko komputer dan retailer elektronik besar.

Ada pertanyaan atau komentar?