Apa Itu Ensiklopedia? Mengenal Pengertian Ensiklopedia

Apa Itu Ensiklopedia? Mengenal Pengertian Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah himpunan informasi yang mencakup berbagai ilmu pengetahuan atau hanya meliputi sebuah subjek tapi diulas secara terperinci dan disusun secara sistematis untuk mempermudah penelusuran. Biasanya metode penyusunan yang dipilih adalah berdasarkan susunan alfabet dan dikerjakan oleh beberapa kontributor.

Pada awalnya ensiklopedia memiliki nama yang terdiri atas dua kata, yaitu enkyklios paedia yang bermakna “pengetahuan yang lengkap”. Pada tahun 1470, terjadi kesalahan penulisan di dalam sebuah manuskrip Latin. Kedua kata tersebut digabungkan menjadi satu kata, yaitu enkyklopaedia, yang kemudian diserap ke dalam bahasa Latin menjadi encyclopaedia.

Dalam bahasa Inggris, kata “encyclopaedia” masih digunakan hingga kini di United Kingdom, sedangkan di negara lain pada umumnya yang digunakan adalah kata “encyclopedia”.

Mengenal Apa Itu Ensiklopedia

Ensiklopedia Britannica

Ensiklopedia yang kita kenal saat ini dulunya dikembangkan dari kamus sehingga keduanya memiliki kemiripan. Oleh karena itulah masih ada sejumlah orang yang menganggap bahwa keduanya sama meskipun sebenarnya berbeda.

Perbedaannya bisa dilihat dari uraian setiap definisi. Di dalam kamus, definisi sebuah kata dijelaskan secara singkat dan hanya berdasarkan sudut pandang linguistik. Bahkan di dalam kamus yang tebal sekalipun hanya berisi definisi singkat, contoh penggunaan kata, dan sinonim.

Sedangkan ensiklopedia lebih terperinci di dalam menjelaskan setiap istilah. Sebagai contoh, penjelasan untuk istilah malware meliputi jenis-jenisnya, cara kerja, sejarah, tujuan, dan referensi-referensi ke berbagai karya tulis yang terkait malware. Contoh ensiklopedia modern yang komprehensif adalah Wikipedia.

Jenis Ensiklopedia

Mengenal Pengertian Ensiklopedia

 

1. Ensiklopedia Khusus

Ensiklopedia khusus adalah ensiklopedia yang isinya difokuskan pada subjek yang spesifik, bahkan ada yang hanya memuat subtopik dari sebuah topik. Metode penyusunannya sama seperti Ensiklopedia Umum tapi memuat informasi yang lebih mendetail mengenai subjek yang dibahas.

Contoh:

  • Encyclopedia of World Sport: from Ancient Times to the Present
  • Encyclopedia of African-American Culture and History
  • Ensiklopedia Tata Bahasa Indonesia

2. Ensiklopedia Umum

Ensiklopedia umum adalah ensiklopedia yang memuat kumpulan informasi mengenai berbagai topik.

Contoh:

  • Encyclopedia Americana
  • The Children’s Encyclopedia
  • Encyclopedia Britannica
  • Ensiklopedia Umum untuk Pelajar

3. Ensiklopedia Digital

Kemajuan teknologi berupa internet sangat memudahkan peredaran informasi. Berkat teknologi inilah muncul ensiklopedia-ensiklopedia digital yang bisa diakses dengan biaya yang relatif murah. Situasi ini berimbas negatif terhadap kelangsungan hidup ensiklopedia cetak hingga pada akhirnya Britannica yang dulunya termasuk ensiklopedia terkemuka terpaksa berhenti memproduksi edisi cetaknya dan beralih ke versi digital dalam bentuk website.

Contoh:

  • Wikipedia
  • Encyclopedia Britannica
  • Stanford Encyclopedia of Philosophy

Ensiklopedia digital juga tersedia dalam format PDF yang bisa diunduh dari berbagai website dan dalam bentuk aplikasi yang bisa dicari di Google Play Store. Juga ada sejumlah software untuk Windows yang memungkinkan anda untuk membaca Wikipedia tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Leave a Reply

Send this to a friend