Apa Itu Wiki? Mengenal Pengertian Wiki

Apa Itu Wiki? Mengenal Pengertian Wiki

Di internet, wiki bertebaran di mana-mana. Yang paling populer, yang paling sering dicari ketika kita butuh informasi, adalah Wikipedia. Di situs tersebut, banyak sekali informasi yang tersedia secara gratis dan jauh lebih mudah diakses daripada datang ke perpustakaan kampus atau daerah.

Informasinya sangat bervariasi. Bahkan serial televisi pun turut disertakan. Contohnya, The Big Bang Theory. Tahun rilisnya, nama-nama karakternya, jumlah episode, bahkan hingga gaji para pemeran utamanya yang menyentuh satu juta dolar per episode pun diulas secara mendetail.

Semuanya ini dimungkinkan berkat adanya aspek kolaborasi yang memang sudah menjadi ciri-ciri utama sebuah wiki. Berkat kolaborasi ini jugalah jumlah artikel di Wikipedia bisa mencapai jutaan.

Apa Itu Wiki?

Pada dasarnya wiki adalah sebuah website yang mengizinkan siapa saja untuk mengedit konten, akan tetapi tidak semua website memiliki kebijakan yang sama. Di Wikipedia, ada beberapa halaman yang diproteksi sehingga hanya bisa diedit oleh orang-orang yang memenuhi ketentuan tertentu.

Apa Itu Wiki?

Halaman mengenai The Big Bang Theory termasuk dalam kategori semi protected. Untuk mengedit halaman ini, pengunjung harus sudah terdaftar dan sudah pernah melakukan 10 pengeditan di Wikipedia. Untuk pengunjung yang alamat IP-nya masuk dalam daftar blokir sehingga harus meminta pengecualian, syaratnya lebih berat lagi.

Pada intinya, mengedit halaman di Wikipedia tidak semudah yang anda bayangkan. Anda harus mentaati peraturan di Wikipedia, dan Wikipedia memiliki peraturan yang sangat banyak.

Salah satu daya tarik dari wiki adalah siapa saja bisa mengedit konten meski bukan seorang pakar dibidangnya. Yang terpenting, kontributor harus bisa menyediakan referensi dari sumber yang terpercaya, misalnya dari situs-situs publikasi jurnal ilmiah.

Anda juga bisa membuat wiki dari nol yang memuat tentang apa saja yang menarik minat. Wiki bisa berupa wiki pendidikan, wiki infotainment yang membahas para artis, wiki politik yang mencatat kejadian-kejadian politik, dan sebagainya.

Wiki juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola informasi di dalam sebuah organisasi atau bahkan oleh sekelompok individu yang sedang mengerjakan sebuah proyek yang relatif besar. Pertukaran informasi menjadi lebih mudah dan kolaborasi antar individu dalam menyelesaikan proyek juga makin baik.

Pengertian Wiki Adalah

Untuk membuat wiki, anda bisa menggunakan platform seperti MediaWiki yang open source. Platform ini punya ribuan ekstensi dan konfigurasi serta tersedia dalam ratusan bahasa.

Pilihan lainnya adalah Tiki Wiki yang juga merupakan platform manajemen konten berbasis wiki. Koleksi plugin yang dimilikinya sangat bagus. Untuk wiki infotainment, anda bisa mencoba Fandom. Pembuatannya gratis, tapi wiki ini dijejali iklan karena berorientasi profit.

Jika wiki ditujukan untuk keperluan pribadi, anda bisa memanfaatkan OneNote. Memang, ini bukan website, tapi sebagian fiturnya sama seperti fitur-fitur wiki, contohnya seperti fitur untuk membuat link antar catatan.

Leave a Reply

Send this to a friend