• Our Partners:

Apa itu WinRAR? Mengenal Aplikasi WinRAR

Apa itu WinRAR? Mengenal Aplikasi WinRAR

Nama WinRAR pasti sudah tidak asing lagi di teling Anda. WinRAR merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting dan harus ada di komputer maupun laptop Windows.

Meskipun sebenarnya masih banyak aplikasi lainyang memiliki fungsi yang sama dengan WinRAR, namun tetap saja aplikasi ini masih menjadi salah satu yang banyak digunakan. Di bawah ini kami akan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi WinRAR.

Pengertian WinRAR

Pengertian WinRAR

WinRAR merupakan aplikasi yang digunakan untuk memperkecil ukuran atau mengompress data. Aplikasi ini dikembangkan oleh Eugene Roshal dari win.rar.GmbH yang sebenarnya hanya digunakan untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.

Namun sekarang aplikasi ini sudah bisa digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Meskipun banyak aplikasi lain yang juga memiliki fungsi untuk mengompress data, akan tetapi nama WinRAR seolah-olah tidak bisa dilupakan.

WinRAR masih tetap menjadi aplikasi favorit dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Lalu apa fungsi aplikasi WinRAR? Di bawah ini beberapa fungsi dari aplikasi WinRAR selain untuk memperkecil ukuran data.

Fungsi WinRAR

1. Mempercepat Pengiriman Data

Fungsi WinRAR yang pertama adalah aplikasi ini bisa digunakan untuk membantu mempercepat pengiriman data. Anda bisa membandingkan ketika memindahkan atau mengcopy file setelah dikompress dengan yang tidak.

Anda akan menemukan bahwa file yang dikirim dalam format Rar akan lebih cepat dibandingkan file yang dikirim tanpa menggunakan format Rar. Hal ini karena ukuran file yang lebih kecil dibandingkan ukuran sebenarnya. Meskipun begitu, kualitas file tersebut tetap tidak berkurang.

2. Menghemat Ruang Penyimpanan

Seperti yang Anda ketahui bahwa file yang dikompress menggunakan WinRAR maupun aplikasi sejenis memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini sangat bermanfaat karena mampu menghemat ruang penyimpanan.

Banyak file yang berukuran besar yang tersedia di internet biasanya sudah berada dalam bentuk Rar pada saat Anda mengunduhnya. Kita ambil contoh file asli yang memiliki ukuran 10 GB. Ketika file tersebut dikompress dengan WinRAR, maka ukurannya bisa sampai setengahnya yaitu sekitar 4 sampai dengan 5 GB.

3. Menghemat Paket Data dan Bandwith

Manfaat WinRAR yang ketiga adalah mampu menghemat paket data dan juga bandwidth. Bagi Anda yang mengunduh aplikasi menggunakan paket data, mengunduh file berukuran besar tentu akan membuat paket data Anda berkurang banyak atau bahkan sampai habis. Namun ketika file tersebut berada dalam format Rar, maka ukuran filenya bisa lebih kecil sehingga mampu menghemat paket internet Anda.

4. Sudah Mendukung Berbagai Format Lainnya

Jika Anda mencari aplikasi kompress data yang mendukung berbagai format kompress yang lainnya, maka WinRAR adalah jawabannya. WinRAR sudah mendukung berbagai format kompress file yang lain seperti ZIP, ARJ, CAB, GZip, LZH, 7-Zip, TAR, UUE, BZIP2, dan ISO.

5. Mengamankan File dari Virus

File yang disimpan dalam format Rar akan lebih kebal terhadap virus. Bahkan file yang dikompress tersebut tidak dapat dimasuki virus sehingga Anda bisa menyimpan file tersebut di mana saja. Sebuah manfaat yang tentunya sangat membantu Anda dalam menyimpan file-file penting.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend