Cara Install atau Menambahkan Font di Android

3 Cara Install / Menambahkan Font di HP Android (Tanpa Root)

Font bawaan hp Android atau default font adalah font terbaik yang dipilih oleh sistem berdasarkan berbagai pertimbangan, seperti ukurannya yang pas, nyaman dilihat, bagus, mudah dibaca, dan lain sebagainya. Tapi, jika terus menerus menggunakan jenis font tersebut pasti akan terasa bosan dan menjadi tidak menarik lagi.

Tapi, untungnya hp Android memberikan para penggunanya kebebasan untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan, termasuk salah satunya adalah mengganti font.

Cara Install / Menambahkan Font di HP Android

Namun, bagaimana sih cara menambahkan font di HP Android? Apakah harus melakukan root pada hp atau tidak? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena mengganti font tidak perlu me-root hp, karena pengaturannya sudah tersedia di hp Android Anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah jenis font di hp Android.

1. Install / Menambahkan Font Tanpa Aplikasi

Cara pertama ini Anda tidak perlu atau tidak membutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Anda hanya perlu menggunakan settings atau pengaturan di hp Android Anda. Langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama, silahkan buka Settings atau Pengaturan di hp Android Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara install font di Android

2. Lalu, jika sudah masuk ke pengaturan, silahkan Anda klik Layar beranda, layar kunci, dan wallpaper. Tapi, biasanya pada bagian ini tergantung merek hp Android Anda. Jika tidak ada pilihan seperti gambar dibawah, coba lihat bagian Display.

masuk ke pengaturan

3. Lalu, pilih opsi Gaya Font atau Font Style. Seperti pada gambar dibawah ini.

Gaya Font

4. Lalu, jika ada beberapa jenis font yang sudah tersedia Anda bisa langsung memilihnya. Misalnya disini saya akan mengganti menjadi font klasik.

cara menambahkan font di Android

5. Lalu, pilih Terapkan. Dan Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai font berhasil dimuat.

menambahkan atau menginstal font di Android

6. Tapi, jika Anda belum mempunyai koleksi font, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Silahkan klik Unduh yang lainnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

koleksi font

7. Lalu, Anda tinggal memilih gaya font yang Anda inginkan.

cara menginstal font di HP Android

2. Install / Menambahkan Font Menggunakan Aplikasi HiFont

Cara kedua untuk menginstal atau menambahkan font adalah dengan menggunakan aplikasi. Jadi untuk menerapkan font nya, Anda harus mengunduh aplikasi tersebut dahulu. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda unduh terlebih dahulu aplikasi HiFont. Caranya, silahkan buka aplikasi Google PlayStore di hp android Anda.

aplikasi Google PlayStore

2. Lalu, silahkan Anda cari aplikasi HiFont. Kemudian, langsung klik install. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

menambahkan atau menginstal font di Android

3. Lalu, akan ada beberapa kategori yang bisa Anda pilih. Silahkan Anda pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

menambahkan atau menginstal font di Android

4. Nah, di dalam masing-masing kategori terdapat beberapa gaya font lagi. Langsung saja Anda pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

masing-masing kategori

5. Sebelum Anda mengunduhnya, Anda bisa melihat preview dari jenis tulisan yang Anda pilih. Jika cocok dengan keinginan, silahkan langsung klik Download. Jika belum cocok, silahkan Anda cari lagi jenis font lainnya.

melihat preview dari jenis tulisan

6. Jika proses download sudah selesai, silahkan Anda klik Gunakan untuk menerapkannya di hp android Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

menambahkan atau menginstal font di Android

3. Install / Menambahkan Font Menggunakan Aplikasi iFont

Cara yang terakhir ini juga membutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Jadi untuk menerapkan font nya, Anda harus mengunduh aplikasi tersebut dahulu. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda unduh terlebih dahulu aplikasi iFont melalui Google PlayStore di hp android Anda.

menambahkan atau menginstal font di Android

2. Jika sudah, silahkan Anda buka aplikasi tersebut.

3. Ada banyak jenis font yang bisa Anda pilih. Silahkan Anda pilih gaya font yang Anda inginkan.

menambahkan atau menginstal font di Android

4. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Anda juga bisa melihat tinjauan atau preview dari tulisannya. Jika sudah cocok, silahkan Anda klik Unduh. Seperti pada gambar dibawah ini.

menambahkan atau menginstal font di Android

5. Kemudian, silahkan klik Atur.

menambahkan atau menginstal font di Android

6. Lalu, akan muncul jendela baru dan klik Oke. Seperti gambar dibawah ini.

menambahkan atau menginstal font di Android

7. Kemudian, akan muncul pemberitahuan bahwa file tema sudah berhasil dibuat beserta cara untuk mengaturnya. Silahkan klik Oke.

menambahkan atau menginstal font di Android

8. Dan silahkan Anda atur gaya font nya melalui settings atau pengaturan di hp android Anda.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang cara untuk menginstal atau menambahkan font di Android. Silahkan Anda tentukan untuk menggunakan cara yang mana, Anda bisa memilih cara yang tanpa menggunakan aplikasi ataupun dengan menggunakan aplikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend