Aplikasi Chatting PC

9 Aplikasi Chatting PC / Laptop Terbaik dan Gratis, Pilih yang Mana?

Saat Anda ingin mengirimkan file yang tersimpan di laptop kepada teman Anda, atau saat di mana Anda harus melakukan panggilan video dengan banyak orang, atau saat Anda memiliki keterbatasan untuk menggunakan ponsel.

Mungkin Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi chatting PC/laptop yang akan mengatasi dan mempermudah kegiatan Anda.

Beberapa aplikasi chatting tersebut memiliki fitur yang tak kalah bahkan lebih dari smartphone. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasinya pada laptop Anda. Berikut ini beberapa aplikasi chatting PC/laptop yang populer digunakan.

Aplikasi Chatting PC / Laptop Terbaik

1. WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting  PC/laptop yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini sangat populer di Indonesia dan memilki banyak pengguna. Anda dapat menginstal WhatsApp pada Windows dan macOS. Selain itu, tersedia pula WhatsApp Web yang dapat Anda akses dengan browser.

WhatsApp menyediakan layanan chatting, panggilan suara dan video, dan transfer file, foto, audio, dan video. Dengan identifikasi berdasarkan nomor telepon, Anda dapat membuat akun dan memproleh teman di WhatsApp. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengirim kontak dan membagikan lokasi Anda.

Anda juga bisa membuat grup obrolan dengan beberapa teman yang maksimal beranggotakan 256 orang. Aplikasi yang berkolaborasi dengan Facebook ini pun menyediakan fitur Status di mana Anda dapat membagikan momen berupa foto, video, atau kata-kata ke semua kontak Anda.

2. LINE

Aplikasi Chatting PC / Laptop Terbaik

LINE akan sangat mendukung Anda dalam chatting. LINE tersedia untuk Windows, MacOS, dan Chrome untuk penggunaan PC/laptop. Aplikasi yang berasal dai Jepang ini memberikan pengalaman yang menarik saat chatting.

Anda dapat mengganti tema, latar belakang profil, dan mengunggah post. LINE menyediakan timeline untuk berbagi post sesama teman. Tak hanya itu, LINE sebagai platform berita juga menawarkan berita-berita up-to-date yang dapat Anda tanggapi dan bagikan ke teman Anda.

Sebagai aplikasi chatting, pada LINE tentu terdapat fitur obrolan dengan teman, beberapa teman, atau grup. Selain itu, Anda juga bisa melakukan panggilan, mengirim file, berbagi foto dan video, serta masih banyak lagi. Uniknya, Anda bisa membeli beberapa stiker menarik untuk mendukung chatting yang lebih seru bersama teman.

3. Telegram

Telegram

Telegram juga merupakan aplikasi chatting yang memiki banyak pengguna. Aplikasi berbasis penyimpanan di cloud ini bisa berjalan lebih ringan daripada aplikasi chatting lainnya. Melalui Telegram, Anda dapat berbagi file dengan ukuran yang lebih besar.

Tak jarang banyak pengguna menggunakan Telegram untuk membagikan foto, video, bahkan film. Telegram bisa menampung maksimal 200.000 pengguna dalam sebuah grup. Dengan berbagai fitur chatting yang ditawarkannya, aplikasi ini mengklaim untuk dapat berkerja lebih cepat, aman, dan dapat diandalkan.

Telegram juga menyediakan stiker-stiker yang selalu update. Anda dapat mengganti tampilannya menjadi dark mode atau memadukan warna Anda sendiri. Aplikasi ini menawarkan fitur Saved Messages untuk Anda menyimpan pesan atau obrolan dari manapun.

4. Discord

Aplikasi Chatting PC Terbaik

Aplikasi chatting PC/laptop yang dapat Anda gunakan berikutnya adalah Discord. Pada PC/laptop, aplikasi ini tersedia untuk Windows dan MacOs, serta browser. Discord biasanya dimanfaatkan untuk mendukung permainan bagi komunitas gamer.

Anda dapat menemukan dan berbagi blog atau post, memperoleh upvote, dan lain-lain. Anda juga dapat melakukan voice chat tanpa mengganggu jalannya permainan. Selain itu, Anda dapat mengintegrasikannya ke Twitch ataupun Steam.

Tak hanya chatting, Discord memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang lain melalui server pribadi. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dan video.  Anda dapat membuat username dan mengganti foto profil seuai keinginan Anda.

5. Viber

Aplikasi Chatting PC Terbaik

Selanjutnya, ada Viber. Aplikasi chatting PC/laptop ini dapat Anda gunakan pada Windows atau Mac. Sama seperti aplikasi chatting yang lainnya, Viber juga menyediakan aplikasi untuk pengguna smartphone Android dan Ipone. Viber mendukung fitur chatting dengan kumpulan stiker/GIF menarik.

Anda dapat melakukan transfer file, foto, video, dan audio. Di samping itu, Viber juga memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara dan video dengan orang lain. Pada Viber, Anda dapat membuat sebuah grup yang bisa menampung seluruh anggota komunitas tanpa batasan jumlah anggota.

6. Signal

Signal

Aplikasi chatting PC/laptop kali ini dapat Anda peroleh untuk sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Selain gratis, Signal memberikan fitur chatting yang tak kalah dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan dari sumbangan para donatur yang bertujuan untuk membangun teknologi komunikasi yang aman. Dengan Signal, Anda dapat berkirim pesan, suara, video, gambar, dan file dengan gratis. Anda juga dapat melakukan panggilan suara dan video dengan sura yang jernih. Signal pun memungkinkan Anda untuk membuat grup chatting.

7. Riot

Riot

Riot adalah salah satu aplikasi chatting PC/laptop yang dapa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan penggunanya. Tak hanya obrolan bersama seorang teman, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk Anda dapat membuat grup kecil untuk beberapa teman dekat Anda hingga grup besar untuk komunitas.

Riot juga memungkinkan Anda untuk membuat kelompok terhadap topik, grup atau acara yang berbeda. Melalui aplikasi ini Anda dapat memanfaatkan fitur panggilan suara, video, hingga membuat sebuah konferensi.

Tampilan antarmuka yang trendy dengan dark mode, Riot dapat diinstal pada PC/laptop Anda, baik dengan sistem operasi Windows, Ubuntu, maupun macOS. Selain itu, Riot juga mendukung instalasi pada Android dan iOS, bahkan dapat Anda akses dengan browser.

8. Wire

Wire

Wire tersedia untuk Anda pengguna Windows 7, 8, dan 10. Di samping itu, untuk aplikasi desktop lainnya Wire mendukung sistem operasi Linux dan macOS. Aplikasi ini mengedepankan fitur keamanan dan privasi yang dapat menjamin percakapan Anda dengan orang lain. Wire memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan personal dan grup, call conference, serta screen and file sharing.

Wire juga memberikan akses hingga untuk 8 perangkat yang Anda miliki dengan satu user. Karena biasa digunakan untuk kebutuhan bisnis, Wire mematok harga yang dikategorikan dalam dua kelompok, yaitu Wire Pro dan Wire Enterprise.

9. Pidgin

Aplikasi Chatting PC / Laptop Terbaik

Pengalaman chatting berbeda ditawarkan oleh Pidgin. Aplikasi program chat ini memungkinkan Anda untuk melakukan chatting dari beberapa jaringan secara bersamaan. Adapun beberapa jaringan yang disediakan oleh Pidgin, di antaranya IRC, Jabber/XMPP, Bonjour, Gadu-Gadu, Novell GroupWise Messenger, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, dan Zephyr.

Pidgin dapat Anda gunakan pada Windows, Linux, dan beberapa sistem operasi UNIX. Sebagai aplikasi penyedia berbagai jaringan chat, aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengirim file, pesan, smiley, stiker, dan pemberitahuan sedang mengetik. Di samping itu, Pidgin mengklaim layanan tanpa iklan.

Nah, itulah beberapa aplikasi chatting PC/laptop yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah Anda berkomunikasi melalui desktop. Anda dapat mengeksplor lebih jauh terkait beragam fitur yang disediakan oleh setiap aplikasi tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend