Aplikasi Pembuat Vektor untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Pembuat Vektor untuk PC / Laptop Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Dalam dunia desain grafis, membuat sebuah gambar vektor pasti sudah tidak asing lagi. Di era modern saat ini banyak sekali perusahaan atau individu yang butuh seorang Graphic Designer. Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan seorang designer grafis, mulai dari mendesain logo, brosur, foto, membuat vektor, dan lain sebagainya.

Untuk itu pekerjaan desainer grafis saat ini memiliki peluang kerja yang sangat besar. Untuk memulai pekerjaan sebagai desainer grafis tidaklah sulit karena sudah banyak aplikasi mudah yang bisa Anda gunakan dan pelajari dan tentunya sudah banyak orang yang memberikan berbagai macam tutorialnya.

Aplikasi Pembuat Vektor untuk PC / Laptop

Tentu tidaklah sulit bagi Anda untuk memulainya. Hal yang paling utama untuk memulai menjadi seorang desainer grafis tentunya adalah Anda harus mempunyai aplikasi yang mendukungnya. Berikut ini 10 aplikasi desain grafis atau pembuat vektor yang bisa Anda gunakan di PC ataupun laptop.

1. CorelDraw

CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berada di Ottawa, Kanada. Aplikasi ini sering sekali digunakan oleh para editor grafis untuk membuat vektor, poster, dan lain sebagainya. Selain dapat digunakan untuk membuat vektor, aplikasi CorelDraw ini juga memiliki fitur LiveSketch™ tool.

Fitur tersebut ini memungkinkan para desainer atau pengguna untuk menggambar sketsa secara langsung tanpa harus melakukan tracing secara manual ataupun melalui scan kertas. Secara otomatis aplikasi akan mengkonversi gambar sketsa menjadi vector curve dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut Artifical Intelligence dan Machine Learning.

Sayangnya aplikasi ini tidaklah gratis, Anda bisa membayar untuk berlangganan selama setahun sekitar $399.00 atau kalau Anda ingin gratis mungkin Anda bisa mengunduh crack-nya yang dibuat oleh para developer.

2. Adobe Photoshop

Aplikasi Pembuat Vektor untuk PC

Adobe Photoshop merupakan aplikasi untuk editor gambar yang dibuat oleh Adobe Systems yang mana aplikasi ini dikhususkan untuk pengeditan foto dan penambahan efek. Namun, sebenarnya aplikasi Adobe Photoshop ini bisa melakukan berbagai hal salah satunya adalah membuat vektor.

Meskipun aplikasi ini sering digunakan oleh para fotografer digital atau perusahaan iklan untuk mengolah atau meng-dit gambar atau foto, aplikasi ini juga sering digunakan para grafis desainer khususnya para pemula untuk membuat vektor. Contohnya saya sendiri, pertama kali saya menggunakan aplikasi ini untuk belajar membuat vektor.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Adobe Ilustrator merupakan aplikasi yang cukup populer dikalangan para desainer grafis profesional. Sering kali mereka menggunakan aplikasi Adobe Illustrator ini untuk membuat dan menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

Tampilan antarmuka yang sederhana seperti tampilan Adobe pada umumnya dan tools yang mudah digunakan menjadi salah satu alasan para desainer grafis menyukai aplikasi ini untuk membuat vektor dan lain sebagainya.

Dan jika Anda seorang pemula atau baru mau belajar membuat vektor, aplikasi ini juga cocok bagi Anda karena banyak sekali yang membuat tutorial tentang membuat vektor menggunakan aplikasi Adobe Illustrator ini.

4. Inkscape

Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi yang dibuat oleh Raph Levien pada tahun 2003 lalu. Tujuan dibuat aplikasi ini adalah untuk menjadi sebuah aplikasi editor gambar yang handar yang mana memenuhi standar dari XML, SVG, dan juga CSS.

Aplikasi Inkscape ini bukan hanya dapat digunakan di sistem operasi Windows saja, tapi juga bisa digunakan di sistem operasi Mac OS X. Banyak fitur canggih yang terdapat dalam aplikasi ini, seperti membuat objek, memanipulasi objek, membuat vektor, dan lain sebagainya.

Selain itu, fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur backup otomatis. Jadi, ketika Anda sedang membuat vektor dan tiba-tiba not responding, file Anda akan otomatis ter-backup dan Anda tidak akan mengulangnya dari awal lagi.

5. SVG-edit

Aplikasi Pembuat Vektor untuk Laptop

SVG-edit merupakan aplikasi desain berbasis vektor yang menggunakan JavaScript yang diluncurkan pada tahun 2009 lalu. Aplikasi ini dapat mengekspor desain yang berbasis vektor seperti aplikasi yang diinstal di PC atau laptop Anda.

Aplikasi SVG-edit memiliki fitur dan tampilan yang cukup sederhana. Aplikasi ini menyediakan tools dasar untuk membuat bentuk dan garis, dan juga ada opsi untuk memasukkan gambar yang berbasis bitmap. Awalnya aplikasi ini berbasis browser seperti Chrome, Safari, Firefox, Microsoft Edge, dan lain sebagainya, tapi saat ini Anda sudah menginstalnya secara permanen di PC atau laptop Anda.

6. Vectr

Vectr

Vectr merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dan meng-edit gambar vektor, sama seperti aplikasi lainnya CorelDraw dan Adobe Illustrator, tapi tentunya tools dan fitur yang dimiliki pasti agak berbeda. Perbedaan yang sudah bisa Anda lihat jelas adalah harganya. Aplikasi Vectr ini sepenuhnya gratis, jadi Anda tidak perlu membelinya untuk berlangganan.

Aplikasi Vectr ini mendukung berbagai macam operasi yaitu Windows dan Linux. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dijalakan pada Chrome OS yang dikenal dengan Chromebook. Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi Vectr, Anda bisa mengaksesnya melalui web yang sudah tersedia. Selain bisa digunakan untuk membuat vektor, aplikasi ini juga bisa untuk mendesain brosur, logo, kartu nama, foto, dan lain sebagainya.

7. Bloom

Bloom

Bloom adalah editor grafis yang memiliki ukurang cukup ringan dan cepat. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis platform. Setia filter, efek, sapuan kuas, atau pengeditan vektor yang Anda terapkan akan disimpan secara terpisah, dan tidak ada yang ditambahkan. Sehingga jika Anda ingin kembali ke apa pun yang suda Anda kerjakan sebelumnya dan menyesuaikannya, Anda tidak perlu mengulangi semua pekerjaan berikutnya.

Bloom adalah murni 16-bit per aplikasi saluran. Semuanya, termasuk gambar, warna bentuk, topeng, dan data warna lainnya disimpan dengan 16 bit per saluran. Ini berarti Anda tidak akan pernah kehilangan presisi dan akurasi warna, dan memungkinkan terciptanya gambar yang paling hidup dan presisi.

8. Affinity Designer

Aplikasi Pembuat Vektor Terbaik Windows

Affinity Designer merupakan aplikasi desain grafis vektor yang termasuk tercepat, paling halus. Aplikasi ini baru berkembang selama lima tahun, namun tools, fitur, panel, dan lainnya dikembangkan sesuai dengan kebutuhan profesional kreatif.

Dengan fitur yang disediakan untuk para profesional, maka banyak profesional yang senang dan suka menggunakan aplikais ini untuk membuat ilustrasi vektor mereka. Aplikasi ini memiliki warna yang eye popping dan menghasilkan hasil yang sangat menakjubkan. Bukan hanya mendukung sistem operasi windows saja, tapi aplikasi ini juga mendukung sistem operasi MacOS.

9. sK1

sK1

sK1 merupakan aplikasi ilustrasi yang bersifat open source yang sangat berkualitas tentunya untuk para profesional. Aplikasi ini mendukung berbagai platform seperti Windows, Linux/GNU, dan MacOS. Aplikasi sK1 ini adalah aplikasi yang dapat membuat para penggunanya lebih produktif.

Aplikasi ini memiliki mesin manajemen warna yang profesional dan kompatibilitas, sehingga akan memberikan akurasi warna dan fleksibilitas gambar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi aplikasi ini digadang-gadang dapat menggantikan software profesional lainnya seperti CorelDraw dan Adobe Illustrator.

10. Boxy SVG

Boxy SVG

Boxy SVG merupakan aplikasi editor grafis vektor yang mirip dengan aplikasi Adobe Illustrator, Inkscape, dan Sketch. Aplikasi ini dibuat untuk platform yang modern.

Anda dapat membaut ikon, spanduk, ilustrasi, vektor, dan lain sebagainya di aplikasi Boxy SVG ini. Banyak sekali fitur yang dimiliki aplikasi ini, seperti fitur transforms, groups, symbols, paths, shapes, dan lain sebagainya. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows, MacOS, dan ChromeOS.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi pembuat vektor di PC ataupun laptop. Silahkan Anda pilih yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend