Aplikasi Pemutar Video

10 Aplikasi Pemutar Video untuk PC / Laptop Terbaik (Update 2022)

NESABAMEDIA.COM – Saat ini menonton video atau film sudah menjadi aktivitas rutin kita dalam keseharian. Disaat bosan melanda, pasti pelarian kita adalah dengan menonton video atau film. Biasanya menonton film harus dilakukan di bioskop, tapi saat ini bisa dilakukan dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone atau PC / laptop yang Anda miliki.

Walaupun saat ini smartphone sangat banyak digunakan, tapi tidak sedikit yang masih menggunakan PC / laptop untuk menonton video ataupun film favorit. Mengapa? Karena kebanyakan orang lebih puas menonton di layar laptop yang lebih besar dibandingkan dengan layar smarphone yang kecil.

10 Aplikasi Pemutar Video untuk PC / Laptop

Nah, untuk menonton video atau film di PC / laptop Anda membutuhkan sebuah aplikasi pemutar video. Biasanya PC / laptop memiliki aplikasi pemutar video bawaan sendiri, tapi terkadang fitur yang dimiliki masih kurang memuaskan.

Seperti saat kita menonton film luar negeri pasti kita membutuhkan subtitle, pemutar video bawaan PC / laptop terkadang tidak memilikinya.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar video yang bisa Anda gunakan di PC / laptop dengan berbagai fitur yang menarik. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. VLC Media Player

VLC media player

VLC Media Player merupakan aplikasi pemutar video untuk PC / laptop yang dibuat oleh VideoLAN. Aplikasi pemutar video ini sudah muncul sejak lama dan hingga kini sangat populer. Aplikasi VLC media player hampir mendukung berbagai format video diantaranya MP4, AVI, MKV, RMVB, dan FLV.

Tampilan antarmuka aplikasi ini cukup sederhana, tapi memiliki berbagai macam kustomisasi untuk video yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda. Selain dapat memutar video, aplikasi VLC juga terkenal sebagai aplikasi yang dapat memutar format file audio diantaranya seperti WMA, MP3, FLAC, ALAC, dan Real Audio.

Aplikasi VLC Media Player dapat diinstal di berbagai macam platform Windows, mulai dari Windows jaman dahulu yaitu Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10.

2. Media Player Classic HC

Aplikasi Pemutar Video untuk PC

Aplikasi Media Player Classic Home Cinema merupakan aplikasi pemutar video untuk PC / laptop yang sudah ada dari dulu dan masih digunakan hingga saat ini oleh kebanyakan orang. Aplikasi Media Player Classic Home Cinema atau MPC-HC mendukung berbagai macam format file video dan audio, diantaranya adalah MP4, AAC, FLV, MKV, WAV, dan lain sebagainya.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini pun sangat nyaman dan mudah digunakan. Aplikasi MPC-HC memiliki fitur yang sangat lengkap, diantarnya seperti kontrol GPU, decoder untuk video maupun audio, dan Anda juga bisa menggunakannya untuk memutar DVD pada PC / laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Aplikasi Media Player Classic Home Cinema dapat digukan di berbagai macam platform Windows, diantaranya Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10 tentunya.

3. 5KPlayer

5K Player

Mungkin jika dilihat dari nama aplikasinya Anda akan berpikir bahwa aplikasi ini dapat memutar video yang beresolusi 5K. Tapi pada kenyataannya aplikasi pemutar video 5K hanya nama saja, karena hingga saat ini belum ada istilah layar 5K yang ada hanya layar 4K dan dan 8K saja. 5KPlayer hanya nama produk pemutar video yang dapat digunakan di PC atau laptop.

Aplikasi 5K mendukung berbagai jenis format video yang dapat Anda putar, diantaranya MKV, FLV, WebM hingga VP8/9. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi 5K ini juga cukup simpel dan tidak ribet, sehingga sangat memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Selain itu, aplikasi 5K memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunduh berbagai macam video dari sebuah situs seperti Youtube, Vimeo, DailuMotion dan mengubahnya menjadi bentuk audio. Dan aplikasi ini juga mempunyai fitur AirPlay yang mana Anda sebagai pengguna iPhone dapat menghubungkan layar dari perangkat iPhone ke PC atau laptop.

4. KMPlayer

Aplikasi Pemutar Video untuk Laptop

Aplikasi KMPlayer merupakan aplikasi pemutar video terbaik untuk PC / laptop. Aplikasi ini mendukung berbagai macam format video diantaranya seperti MKV, MPEG4, AVI, OGM, WMV, bahkan untuk video yang sudah 4K serta UHD.

Aplikasi KMPlayer juga bisa Anda gunakan untuk proses rendering, processing bahkan hingga decoding video sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan quick menu tool, yang mana Anda bisa mengatur rotasi layar video Anda hingga dapat mengatur subtitel yang digunakan. Anda juga dapat menggunakan VR mode untuk mendapatkan pengalamam menonton yang lebih memuaskan.

5. SMPlayer

Aplikasi Pemutar Video untuk Windows

Aplikasi SMPlayer merupakan aplikasi pemutar video untuk PC / laptop yang dapat memutar berbagai macam jenis format video serta audio. Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan streaming video dari situs Youtube melalui URL video.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pemutaran video Blu-Ray DVD. Jadi, jika Anda memiliki banyak koleksi Blu-Ray DVD, pasti sangat menguntungkan bagi Anda.

6. PotPlayer

Aplikasi Pemutar Video untuk PC / Laptop Terbaik

Aplikasi PotPlayer memiliki berbagai macam fitur menarik, diantaranya video output 360 derajat, 3D mode, pixel shader dan dapat menonton Blu-Ray dengan menggunakan aplikasi pemutar video ini. Jika Anda penggemar darakor alias drama korea aplikasi PotPlayer sangat direkomendasikan untuk Anda karena aplikasi ini terintegrasi dengan situs streaming Viki yang memutar berbagai macam judul TV series Asia.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat simpel dan minimalis sehingga akan membuat Anda semakin nyaman untuk menonton video ataupun film hingga drama korea favorit Anda. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam kontrol mulai dari playback hingga subtitel control yang memudahkan Anda saat menggunakan aplikasi ini.

7. GOM Player

GOM Player

Aplikasi GOM Player atau Gretech Online Movie Player mendukung berbagai macam jenis format video diantaranya MP4, AVI, sampai MOV. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Diantaranya seperti fitur screenshot untuk video, speed control hingga fitur penambahan efek pada video ataupun audio.

Anda juga dapat mengganti tema pada tampilan antarmuka aplikasi sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda saat menggunakannya.

8. DivX Player

DivX Player

Aplikasi DivX Player juga bisa mendukung berbagai jenis format video, diantaranya MP4, DivX, AVI, hingga video Ultra HD atau 4K. Anda juga bisa memutar format file audio hingga dapat melihat galeri foto.

Aplikasi DivX Player memiliki berbagai macam fitur yang menarik yaitu TrickPlay dan Chapter Points, yang mana Anda bisa menonton berbagai macam scene yang berbeda dalam video.

9. ACG Player

ACG Player

Aplikasi ACG hanya dapat digunakan pada PC / laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Aplikasi ini sama dengan aplikasi lainnya yang dapat memutar berbagai macam jenis format video.

Aplikasi ACG Player memiliki beberapa fitur yang disediakan, diantaranya seperti pengaturan aspek rasio untuk video, pengaturan font untuk subtitle yang Anda gunakan hingga fitur yang dapat digunakan untuk menambahkan visual effect pada video. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa melakukan streaming online.

10. Quick Time Player

Quick Time Player

Aplikasi Quick Time Player ini merupakan aplikasi pemutar video untuk PC / laptop yang dibuat oleh Appe. Aplikasi ini dapat melakukan banyak hal saat Anda menonton video di MacOS. Aplikasi Quick Time Player juga mempunyai berbagai macam fitur yang sangat menarik.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini diantaranya seperti rotasi video, konversi video, streaming video, merekam video saat diputar, menggabungkan klip video atau film, dan juga dapat menambilkan subjudul video. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengunggah video ke sosial media Facebook dan Youtube. Dan aplikasi ini juga mendukung VR mode dan konten interaktif.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi Pemutar Video untuk PC / Laptop. Hampir seluruh aplikasi diatas dapat digunakan pada platform Windows dan MacOS. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend