Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android

10 Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android (Terbaik 2022)

Untuk kamu pengguna android yang bertanya-tanya, aplikasi untuk membuat peta minda di android, simak ulasannya di bawah ini. Peta minda atau yang kita kenal dengan istilah mind map (peta konsep) adalah gambar konsep yang saling berhubungan seperti peta. Konsep ini sering dipilih karena dinilai jauh lebih praktis dan mudah dalam mengingatnya.

Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android

Namun, membuat peta minda di kertas seringkali sangat melelahkan karena kamu harus membuat bentuk-bentuk serta panah secara manual.

Zaman yang semakin canggih memungkinkan kamu menggambar peta minda melalui HP android kamu. Nah, di bawah ini beberapa aplikasi untuk membuat peta minta di android :

1. SimpleMind

SimpleMind

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk kamu download di android ketika ingin membuat peta minda adalah SimpleMind. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membantu kamu dalam mengorganisir ide yang ingin kamu tuangkan. Kamu bisa menggunakan catatan yang kamu simpan di HP, menambahkan gambar, ikon, emoji, foto, catatan suara, video bahkan tautan di dalam mind map yang kamu buat.

Simplemind terkenal karena penggunaannya yang sangat mudah untuk bisnis maupun pendidikan. Aplikasi yang satu ini bisa disinkronkan dengan cloud, bisa diubah bentuk ke dalam pdf sehingga memudahkan kamu untuk berbagi atau menyimpan file. Kamu bisa menggunakan aplikasi SimpleMind secara gratis ataupun bergabung menjadi pengguna premium dengan harga yang cukup murah.

2. Mindomo

Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android

Selanjutnya, aplikasi untuk membuat mind map di android yang bisa kamu coba adalah Mindomo. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dimana pun, mulai dari seluler, Cloud, bahkan bisa kamu gunakan di web apapun. Kamu bisa menyinkronkan peta yang kamu ingin dari platform apapun.

Penggunaannya cukup mudah, dan sudah dilengkapi banyak fitur seperti kemampuan untuk membuat presentasi interaktif. Kelebihan lainnya, Mindomo bisa kamu gunakan secara offline, kamu hanya perlu sinkronisasi secara real time saja. Aplikasi yang satu ini juga menyediakan berbagai jenis peta, menyediakan banyak fitur seperti fitur menambahkan gambar, teks, catatan, tulisan, dan lainnya.

3. GitMind

GitMind

GitMind menjadi salah satu aplikasi yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin membuat mind map hanya dengan menggunakan HP android saja. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin menuangkan ide berupa peta minda.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun kelemahannya yakni akan ada beberapa iklan selama kamu bekerja. Uniknya, kamu bisa menikmati banyak tamplate yang tersedia di GitMind sehingga desainnya akan terlihat seperti desain profesional. Tenang saja, penggunaannya cukup ramah untuk kamu yang pemula.

4. Nice Mind Map

Nice Mind Map

Nice Mind Map juga bisa menjadi salah satu aplikasi rekomendasi untuk kamu. Aplikasi yang satu ini mampu membantu kamu dalam menuliskan setiap momen inspirasi, mengelola peta pikiran, dan menuangkan ide dengan cara yang menarik. Uniknya, Nice Mind Map menyediakan banyak template dengan warna-warna colorful sehingga tidak bosan dilihatnya.

Aplikasi yang satu ini mendapatkan rating 4,8 dan komentar-komentar positif bagi orang yang sudah pernah mengunakannya. Salah satu penggunanya bahkan menuliskan bahwa aplikasi yang satu ini gratis, namun tidak ada iklan, dan memiliki fitur yang lengkap. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah beradaptasi dengan aplikasi ini karena interface yang simple.

5. Xmind

Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android

Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba untuk kebutuhan mapping adalah Xmind. Aplikasi yang satu ini bisa membantu kamu untuk mengerjakan brainstorming, membuat mind mapping, membuat outline, dan peta pikiran sebagai present slide. Jadi, dengan satu aplikasi kamu bisa melakukan banyak hal.

Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan di Xmind. Mulai dari fitur template yang sangat beragam, warna yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya kamu, fitur insert untuk menambahkan file lainnya, fitur audio note untuk merekam informasi dengan cepat, dan masih banyak fitur lain yang bisa dinikmati.

Aplikasi ini sudah didownload oleh 3,6 juta pengguna di Google Play atau PlayStore. Selain itu, aplikasi ini sangat ringan sehingga tidak akan membuat memori di HP kamu penuh karena hanya 3,5 MB saja. Xminid sudah di review oleh sebanyak 16 ribu orang dengan komentar-komentar yang positif.

6. Mindly

Mindly

Minly adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu coba untuk kebuthan peta minda. Apliaksi yang satu ini membantu kamu dalam menyusun pemikiran, mengumpulkan ide, mencari inspirasi, merencanakan proyek, mempersiapkan pidato, mempersiapkan pertemuan, dan menulis ringkasan.

Aplikasi ini cocok untuk seluruh pengguna android, mulai dari anak-anak dengan kebutuhan sekolahnya, atau para pekerja kantoran dengan segala pekerjaannya. Mindly saat ini sudah diunduh oleh sebanyak 35 ribu pengguna dan mendapatkan banyak komentar positif dari para penggunanya dengan rating 3,6.

7. miMind

miMind

miMind adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk rekomendasi aplikasi peta minda di android. Aplikasi yang satu ini bisa kamu download untuk meningkatkan produktivitas kamu. Fitur yang tersedia sangatlah banyak. Mulai dari fitur interface yang unik, fitur export berbagai file, tidak ada iklan, banyak bentuk yang bisa kamu pilih, dan fitur lainnya yang bisa kamu nikmati.

miMind sudah diulas oleh sebanyak 30 ribu pengguna dengan komentar positif dengan rating 3,5. Aplikasi yang satu ini sangat ramah di HP android karena hanya memakan memori 26 MB saja.

8. Mind Map

Aplikasi Untuk Membuat Peta Minda di Android Mind Map

Selanjutnya, aplikasi yang bisa kamu coba untuk kebutuan mapping adalah Mind Map. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu unduh di Play Store ketika kamu ingin membuat peta pikiran. Dengan segala fitur yang disediakannya, mulai dari membuat mind map kilat, mengubah mode, topik, mengubah warna, mengubah, area, memilih bentuk yang diinginkan, menambahkan file lain, dan masih banyak fitur yang disediakan.

Aplikasi yang satu ini sudah diulas oleh sebanyak 357 pengguna. Salah satu penggunanya menuliskan bahwa aplikasi Mind Map membantunya dalam pekerjaan di sekolahnya. Mind Map mendapatkan rating 3,8 di Play Store. Tenang saja, aplikasi yang satu ini ramah untuk HP android karena hanya 7,4 MB sehingga tidak akan membuat HP kamu penuh memorinya.

9. MindMeister

MindMeister

Mindmeister adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu coba untuk membuat mapping. Aplikasi yang satu ini membantu kamu dalam merencanakan proyek, bertukar pikiran, dan membuat catatan. Kamu biisa menikmati berbagai fitur yang disediakan. Mulai dari fitur template yang sangat beragam, fitur warna yang juga cukup menarik, fitur menambahkan file agar mapping semakin lengkap, dan beberapa fitur lain yang bisa kamu nikmati.

Apliaksi yang satu ini cukup bagus karena mendapatkan rating 4. MindMeister sudah di ulas oleh sebanyak 18 ribu pengguna dengan komentar-komentar positif. Salah satunya mengatakan bahwa aplikasi yang satu ini sangat membantu pekerjaannya dan bisa diakses secara gratis.

10. doUmind

doUmind

Terakhir, aplikasi yang menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu yang ingin membuat mind map adalah doUmind. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang mengembangkan alat pemataan dan pengenalan pikiran yang mudah digunakan untuk seluruh penggunanya. Ada banyak fitur yang bisa digunakan dalam memudahkan pekerjaan kamu.

doUmind sudah diunduh oleh sebanyak 10 ribu orang. Ukurannya pun sangat kecil dan aman digunakan di HP android karena hanya 14 MB saja. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis dan menikmati seluruh fiturnya.

Nah, itulah beberapa aplikasi untuk membuat peta minda di android yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend