• Our Partners:

Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop / PC

10 Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop / PC Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Jika Anda ingin menginstal suatu aplikasi seperti game pasti hal pertama yang harus Anda ketahui adalah spesifikasi PC / laptop yang Anda miliki. Karena jika aplikasi atau game yang akan Anda instal tidak sesuai dengan spesifikasi PC / laptop Anda maka bisa saja laptop Anda akan terasa berat dan cepat mengalami kerusakan.

Untuk mengetahui spesifikasi PC / laptop, Anda memerlukan sebuah software untuk mengeceknya agar Anda bisa dengan mudah mengetahui tipe apa saja yang ada pada komponen PC /laptop Anda. Karena tidak mungkin Anda membongkarnya untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda miliki.

10 Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop

Nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi PC /laptop, Anda harus menyimak pembahasan pada artikel ini. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengecek spesifikasi PC / laptop Anda.

1. CPU-Z

CPU-Z

CPU-Z merupakan aplikasi untuk cek spesifikasi laptop yang dapat Anda gunakan secara gratis. Anda dapat melihat spesifikasi komponen laptop / PC yang Anda miliki dengan informasi yang sangat detail dan tentunya memuaskan. Namun, sangat disayangnkan aplikasi CPU-Z masih tersedia untuk sistem operasi Windows dan Android saja.

Jika Anda menggunakan sistem operasi lainnya, mungkin Anda bisa menggunakan aplikasi lainnya atau menunggu perkembangan dari para developer. Aplikasi CPU-Z ada yang memerlukan instalasi seperti biasanya Anda menginstal aplikasi, tapi ada juga yang berupa aplikasi portable sehingga Anda hanya perlu me-run saja tanpa harus menginstalnya. Pada tampilan awal aplikasi ini langsung menyajikan detail dari prosesor yang Anda gunakan dan pada menu navigasi akan menuju ke informasi hardware lainnya.

2. Speccy

Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop / PC

Speccy merupakan aplikasi untuk cek spesifikasi laptop yang dibuat oleh perusahaan Piriform yang mana perusahaan ini selalu fokus untuk mengembangkan tools yang cukup dikatakan sangat detail dan sangat mudah saat digunakan.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini terlihat simpel disertai warna – warna dasar yang tidak membingungkan sehingga saat mengecek spesifikasi dari laptop yang Anda gunakan menjadi terasa sangat mudah. Tampilan pada jendela saat pertama kali terlihat adalah summary atau ringkasan dari spesifikasi umum hardware yang terinstal di laptop Anda.

Untuk mengetahui rinciannya secara detail, Anda bisa memilih sub hardware yang Anda inginkan lalu akan muncul jendela spesifikasi lengkapnya pada setiap komponen.

3. PC Wizard

PC Wizard

PC Wizard merupakan aplikasi yang dibuat secara khusus untuk mendeteksi detail informasi secara lengkap terhadap komponen hardware yang ada pada PC / laptop yang Anda gunakan. Aplikasi PC Wizard sudah dikatakan cukup bagus dan lumayan sangat lengkap karena memiliki menu konfigurasi, resource bahkan mempunyai kemampuan untuk menganalisis serta benchmarking dengan baik, baik itu secara hardware ataupun software.

Untuk saat ini aplikasi PC Wizard hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis. Dan aplikasi ini mempunyai 5 menu utama, diantaranya adalah menu File, Edit, Tools, View, dan menu Help.

4. HWM Blackbox

Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop Terbaik

HWM BlackBox merupakan aplikasi yang memang sengaja dibuat untuk memberikan informasi secara lengkap dari komponen – komponen penting yang sudah terinstal di PC / laptop Anda. Beberapa komponen utama yang akan disajikan secara lengkap dan detail seperti RAM, prosesor, VGA, dan motheboard.

Aplikasi HWM Blackbox ini dapat digunakan pada seluruh sistem operasi Windows, tapi terkhusus untuk Windows 7 dan Windows Vista ada tab khusus yang Anda gunakan. Ukuran yang dimiliki aplikasi ini sangat ringan hanya sekitar 2 MB saja. Dan aplikasi ini dapat Anda jalankan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu alias merupakan aplikasi portable.

5. HWiNFO

HWiNFO

HWiNFO merupakan aplikasi yang dibuat secara serius untuk menyajikan detail informasi dalam mengecek spesifikasi hardware yang sudah terinstal pada PC / laptop Anda. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, tapi aplikasi ini tidak memberikan beban yang berat justru aplikasi ini memiliki sistem monitoring yang sangat baik pada status aktual atau saat sedang digunakan.

Aplikasi ini memberikan informasi yang sangat lengkap dan juga detail. Dari yang terlihat detail status hardware yang diberikan sangat amat lengkap. Aplikasi HWiNFO menyediakan installer dan juga menyediakan versi portable yang mana keduanya dapat digunakan untuk sistem operasi 32-bit dan juga 64-bit. Dan kedua versi juga tidak memiliki lisensi software sehingga Anda tidak perlu membelinya alias gratis.

6. ASTRA 32

ASTRA 32

Sama seperti aplikasi lainnya,  aplikasi Astra32 juga digunakan untuk menganalisis dan menyajikan informasi secara detail tentang perangkat hardware yang dimiliki  oleh PC / laptop Anda. Aplikasi ini dapat mendeteksi berbagai perangkat PC / laptop Anda mulai dari Motherboard, Memory, Processor, Hard Disk, Video, Sound, Ethernet, dan lain sebagainya.

Aplikasi ASTRA32 memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan Anda. Dan Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini dapat Anda jalankan di berbagai macam sistem operasi Windows tanpa ada kendala.

7. Free PC Audit

Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi Laptop Terperinci

Free PC Audit merupakan salah satu aplikasi untuk cek spesifikasi laptop yang dapat Anda unduh secara gratis. Dan cara penginstalannya juga sangat mudah. Selain dapat mengunduh versi installer, Anda juga mengunduh versi porable-nya sehingga Anda tidak perlu melakukan proses instalasi lagi

Informasi yang disajikan pada aplikasi Free PC Audit ini sangat detail dan terperinci yang mana setiap tab hardware yang Anda pilih memiliki detail yang berbeda. Aplikasi ini juga dapat memberikan laporan lengkap kepada Anda dalam bentuk file txt. Aplikasi dapat dijalankan di berbagai sistem operasi Windows.

8. Advanced SystemCare

Advanced SystemCare

Advanced SystemCare merupakan aplikasi serbaguna yang bisa dijalankan di berbagai sistem operasi Windows. Bukan hanya bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop Anda saja tapi juga bisa digunakan untuk membantu merawat PC / laptop Anda.

Salah satu fitur yang tersedia pada aplikasi ini adalah menyajikan informasi secara detail dan lengkap tentang sistem PC / laptop Anda dengan menggunakan aplikasi System Info yang merupakan sub aplikasi yang dimiliki oleh aplikasi Advanced SystemCare. Walaupun aplikasi ini cukup besar, tapi Anda juga akan mendapatkan berbagai macam utilitas yang sangat berguna untuk PC / laptop Anda.

9. TuneUp Utilites

TuneUp Utilites

TunUp Utilites sama seperti aplikasi Advanced SystemCare yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam pekerjaan untuk PC / laptop Anda. Aplikasi TuneUp Utilities ini juga mempunyai sub aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengecek spesifikasi PC / laptop yang Anda miliki.

Untuk mengecek spesifikasi laptop, Anda hanya hanya perlu menjalankan aplikasi TuneUp dan mempunyai sub aplikasi System Information atau aplikasi sejenisnya. Lalu, Anda hanya perlu menunggu hingga aplikasi tersebut menampilkan berbagai informasi tentang PC / laptop Anda. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki fungsi touchpad dan masalah software.

10. Dxdiag

Dxdiag

Dxdiag atau DirectX Diagnostic Tools merupakan sebuah jendela yang menyajikan informasi tentang spesifikasi ringkas tentang komponen – komponen hardware dan driver yang suda terinstal di dalam PC / laptop Anda. DirectX Diagnostic Tools juga merupakan sebuah suite teknologi yang digunakan oleh banyak program multimedia di Windows.

Untuk menggunakan Dxdiag ini Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apapun karena sudah bawaan dari PC / laptop Anda. Cara membuka atau menampilkan Dxdiag ini adalah Anda hanya perlu membuka jendela Run dengan menekan tombol “Windows + R”. Lalu, ketikkan Dxdiag pada kotak perintah dan klik Ok. Nah, maka akan muncul informasi spesifikasi PC / laptop Anda. Ada 4 menu utama yaitu system, display, sound, dan input. Namun, Dxdiag ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows saja.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi untuk cek spesifikasi laptop. Anda bisa memilih aplikasi mana yang ingin Anda gunakan. Silahkan gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend