Download HWiNFO Terbaru

Download HWiNFO 6.20

Download HWiNFO Terbaru Developer: HWiNFO
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 9MB



Windows memiliki fitur bawaannya sendiri untuk melihat informasi seputar hardware yang terpasang pada PC, tapi informasi tersebut kurang begitu mendetail sehingga mungkin dapat menyulitkan troubleshooting yang sedang atau hendak anda lakukan. Dalam hal ini HWiNFO mampu menyajikan informasi yang lebih lengkap.

Selain installer, HWiNFO juga menyediakan versi portable yang didalamnya memuat HWiNFO32 untuk sistem operasi 32-bit dan HWiNFO64 untuk sistem operasi 64-bit. Tidak ada lisensi software yang perlu anda beli karena keduanya gratis. Ada juga HWiNFO untuk DOS tapi versi tersebut sudah dihentikan pengembangannya.

Fitur dan Keunggulan HWiNFO

Download HWiNFO Terbaru

Tampilan HWiNFO Terbaru

Ketika seorang teknisi hendak memperbaiki atau mengganti sebuah komponen PC, biasanya teknisi akan mencari informasi mengenai komponen tersebut terlebih dulu. Setiap teknisi tentu memiliki metodenya masing-masing dalam mencari informasi yang diperlukan. Ada yang sekedar mengandalkan pada fitur bawaan Windows, ada yang menggunakan software pihak ketiga.

Jika yang digunakan adalah HWiNFO, maka informasi yang bisa dilihat bukan hanya informasi mengenai komponen yang bermasalah, tapi juga informasi sistem secara keseluruhan. Informasi yang mendetail seperti demikian dapat dimanfaatkan untuk menentukan apakah komponen tersebut bisa mendukung performa PC secara maksimal atau justru malah menyebabkan terjadinya bottleneck.

Informasi yang pertama kali dapat anda lihat di dalam HWiNFO adalah ringkasan informasi hardware yang meliputi nama dan jumlah core CPU, motherboard, chipset, tanggal dan versi BIOS, nama GPU, jumlah RAM yang terpasang, jumlah total RAM, serta nama sistem operasi beserta versinya.

Informasi yang lebih mendetail lagi mengenai komponen-komponen tersebut beserta dengan komponen lain seperti monitor dan harddisk ditampilkan di dalam panel yang berbeda. Di situ anda bisa memperoleh berbagai informasi seperti kapasitas harddisk, jumlah RPM, jumlah silinder dan sektor, nama monitor, tanggal manufaktur monitor, resolusi terendah dan tertinggi yang disediakan oleh monitor, network card, dan masih banyak lagi lainnya.

Informasi hardware yang disajikan HWiNFO dapat anda simpan sebagai file HTML, TXT, MHTML atau XML. Anda juga bisa hanya menyalin ringkasannya ke dalam clipboard. Ringkasan ini berguna saat anda hendak meminta bantuan troubleshooting di sebuah forum online karena biasanya anda akan ditanyakan mengenai spesifikasi hardware yang anda miliki. Tujuannya agar anggota forum lainnya dapat memberikan solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada komputer anda.

Download HWiNFO Terbaru

HWiNFO juga dapat anda manfaatkan untuk memonitor suhu harddisk, motherboard dan CPU. Kecepatan koneksi internet serta jumlah total download dan upload yang anda lakukan pun dapat dimonitor secara real time.

Semua informasi ini dapat ditampilkan pada system tray dengan warna background dan font yang berlainan, begitu pula dengan informasi lain seperti jumlah memori yang terpakai dan yang tersedia, serta informasi pemakaian page file. Download HWiNFO terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Leave a Reply

Send this to a friend