Aplikasi Untuk Partisi Hardisk di PC Laptop

7 Aplikasi Untuk Partisi Hardisk di PC / Laptop (Terbaik 2022)

Hardisk merupakan sebuah hardware atau perangkat keras yang dimiliki sebuah PC / laptop. Hardisk berfungsi sebagai penyimpanan data. Hardisk mempunyai kapasitas yang berbeda – beda, tapi pada umumnya hardisk memiliki kapasitas mulai dari 250 GB hingga 1TB.

Jika Anda sudah mengetahui apa itu hardisk pasti Anda juga sudah tidak asing lagi dengan partisi, pasti Anda pernah melakukan kegiatan partisi, misalnya saja mengganti label drive, format, atau membuat partisi baru. Terlebih lagi jika Anda mengalami masalah pada sistem (C:) yang sudah penuh, pasti akan muncul pesan peringatan yang sangat mengganggu.

7 Aplikasi Untuk Partisi Hardisk di PC / Laptop

Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengalokasikan ruang kosong pada partisi lainnya lalu menambahkan ke partisi sistem (C:).

Kegiatan partisi ini bisa menggunakan tools bawaan Windows, tapi fitur yang dimilikinya hanya seadanya saja. Maka dari itu, Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan partisi hardisk di PC / laptop Anda.

Nah, artikel kali ini akan memberikan 7 aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop dengan fitur yang cukup lengkap didalamnya. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager merupakan aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop yang mempunyai tampilan antarmuka yang mirip dengan Start Menu nya Windows 8. Walaupun tampilannya mirip dengan Windows 8, tapi aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Anda dapat merubah alokasi partisi secara manual, tapi jika Anda masih merasa ragu dengan kalkulasi dan kebutuhan PC / laptop Anda dapat menggunakan fitur yang dimiliki aplikasi ini yaitu fitur Automatic partition alignment yang mana fitur ini dapat menentukan partisi yang paling paling tepat dan cocok untuk perangkat PC / laptop Anda.

Aplikasi Paragon Partition Manager ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi premium alias berbayar.  Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi windows diantaranya Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Aplikasi Paragon Partition Manager ini juga memiliki fitur yang lengkap, diantanya seperti membuat dan memformat partisi, memindahkan, merubah, dan menghapus partisi, merubah tipe disk, Automatic partition manager, Mac Related Operations (Mengatur space kosong mac o x dan windows), Backup dan Rescue untuk backup dan recovery partisi hard disk, serta fitur Boot Management untuk mengatur booting dengan mudah.

2. EaseUS Partition Manager

Aplikasi Untuk Partisi Hardisk di PC / Laptop

EaseUS Partition Manager merupakan aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop yang memberikan banyak tool powerful.  Aplikasi ini bukan hanya mempunyai kemampuan untuk membuat partisi saja, tapi aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan backup dan recovery data. Maka dari itu, aplikasi EaseUS partition Manager ini disebut sebagai All in One Partition Manager karena aplikasi ini memiliki 3 tool dalam 1 software.

Aplikasi EaseUS Partition Manager ini dapat Anda unduh secara gratis dan mempunyai tampilan antarmuka yang cukup sederhana sehingga memudahkan para pengguna untuk mempartisi hardisk di PC / laptop.

Aplikasi ini juga memberikan beberapa fitur utama yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah menambah dan memindahkan hasil partisi NTFS tanpa harus restart, melakukan konversi dari disk dinamis ke disk basic, dapat menjalankan tes disk, serta mampu membersihkan ruang disk kosong dengan remover gratis.

3. AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant merupakan aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop yang memberikan kemudahan untuk menjalankan berbagai tugas partisi atau membagi beberapa kapasitas hardisk. Selain itu aplikasi ini juga bisa meningkatkan kinerja hardisk itu sendiri.

Aplikasi AOMEI Partition Assistant ini memberikan penawaran alternatif partisi manajer disk, optimasi advance system, serta copy wizard lebih mudah supaya PC / laptop Anda dapat berjalan dengan lancar. Aplikasi AOMEI Partition Assistant ini juga memiliki fitur antarmuka atau interface yang cukup sederhana. Walaupun tampilannya sederhana, tapi aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup lengkap.

Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi AOMEI Partition Assistant, diantaranya adalah mengubah ukuran partisi, memecah partisi, membuat, memformat, dan menghapus partisi, menggabungkan partisi menjadi satu, menyalin partisi, bisa meng-convert partisi MBR ke GPT, mengubah label partisi, membuat bootable CD, mengubah drive letter, wipe partisi dan convert NTFS ke FAT32 dengan sangat mudah, dapat melakukan testing bad sector dan cek partisi.

4. MiniTool Partition Wizard

Aplikasi Untuk Partisi Hardisk di PC Terbaik

Minitool Partition Wizard merupakan aplikasi yang sering direkomendasikan sebagai aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop. Selain dapat digunakan sangat baik untuk bagian internal, aplikasi ini juga bisa digunakan pada eksternal disk. Aplikasi MiniTool Partition Wizard ini mempunyai paling tidak 20 menu yang bisa Anda gunakan untuk membuat, mengatur atau mengetes partisi, dan lain sebagainya.

Aplikai Minitool Partition Wizard ini dapat Anda nikmati secara gratis dan aplikasi ini juga mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada sistem operasi windows versi berapapun, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, hingga Windows 8.

Selain itu, aplikasi ini tentunya mempunyai fitur yang sangat lengkap. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi ini, diantaranya adalah menambah partisi tanpa harus restart, dapat mempartisi media penyimpanan seperti flashdisk, dapat merubah tipe disk, bisa konversi FAT / FAT32 ke NTFS begitu juga sebaliknya tanpa perintah disk, menyembunyikan, menyelaraskan partisi, mengkonversi jenis disk MBR dan GPT tanpa khawatir data akan hilang, manajemen partisi dik, membuat, menghapus, dan menyalin partisi, serta dapat recovery partisi yang terhapus atau hilangg.

5. Macrorit Disk Partition Expert

Macrorit Disk Partition Expert

Macrorit Disk Partition Expert merupakan aplikasi untuk partisi hardisk yang baru saja muncul dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Tampilan antarmuka yang dimilikinya lebih modern dibandingkan dengan yang lainnya, dan juga user friendly dan tentunya aplikai ini juga memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan yang lainnya.

Aplikasi Macrorit Disk Partition Expert ini sangat aman untuk digunakan dalam urusan perpartisian hardisk di PC / laptop karena aplikasi ini memiliki fitur “data rollback” yang bisa melindungi data Anda ketika listrik mati saat sedang melakukan kegiatan dengan partisi.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi Macrorit Disk Partition Expert ini adalah ukuran aplikasinya yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya, dan aplikasi ini juga menyediakan versi portable yang bisa Anda unduh pada situs resminya.

6. Active@ Partition Manager

Active@ Partition Manager

Active@ Partition Manager merupakan salah satu aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop yang cukup diandalkan. Aplikasi ini dapat Anda nikmati secara gratis yang bisa membantu Anda dalam mengelola media penyimpanan pada PC / laptop Anda. Aplikasi ini dapat membuat, menghapus, memformat partisi pada PC / laptop Anda dengan sangat mudah.

Aplikasi Active@ Partition Manager memberikan penawaran beberapa fitur yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah membuat dan menghapus partisi, menetapkan dan mengubah atribut partisi, melihat properti partisi, dapat memformat partisi FAT16, FAT32, NTFS, membuat partisi FAT32 menjadi lebih mulai dari 32GB hingga 1TB, dapat melakukan partisi pada USB Flash Memory, dan dapat mark partisi secara aktif.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini juga sangat sederhana sehingga akan sangat mudah digunakan dan tentunya tidak akan membuat Anda kebingungan.

7. GParted

GParted

GParted merupakan aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop yang sangat powerful. Tampilan antarmuka yang dimilikinya cukup sederhana sehingga akan sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada sistem operasi Linux secara gratis.

Aplikasi GParted ini dapat digunakan untuk membuat, menghapus, mengubah ukuran, memindahkan, memeriksa, dan menyalin partisi disk dan sistem filenya. Hal ini berguna untuk menciptakan ruang untuk sistem operasi baru, mengatur ulang penggunaan disk, menyalin data yang ada di hard disk, dan mencerminkan satu partisi dengan yang lain (pencitraan disk).

Sekian artikel kali ini yang membahas 7 aplikasi untuk partisi hardisk di PC / laptop. Masing – masing aplikasi memiliki fitur dan kelebihannya. Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend