Download Paragon Partition Manager

Download Paragon Partition Manager 10.1.21.236

Download Paragon Partition Manager Developer: Paragon Technologie
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 42MB



Pada umumnya sebuah harddisk dipartisi menjadi beberapa bagian. Setidaknya dua partisi, yai-tu partisi untuk sistem operasi dan partisi untuk menyimpan data. Jika anda memiliki harddisk yang kapasitasnya lebih dari 1 TB, anda bisa mempertimbangkan untuk membuat lebih dari dua partisi. Untuk itu anda perlu menggunakan software yang dapat mempartisi harddisk seperti Paragon Partition Manager.

Dengan Paragon Partition Manager, anda bisa membuat partisi sebanyak mungkin sesuai dengan kapasitas harddisk anda. Partisi itu sendiri sebenarnya adalah salah satu solusi yang bisa ditempuh agar file dan folder jadi lebih mudah untuk dikelola.

Anda bisa memisahkan sistem dan data ke dalam dua partisi yang berbeda, dan selanjutnya anda juga bisa mengelompok-kan data berdasarkan jenisnya ke beberapa partisi lainnya. Misalnya, musik disimpan di partisi Musik, dokumen disimpan di dalam partisi Dokumen, Foto dan gambar disimpan ke dalam partisi lain, dan seterusnya.

Fitur Paragon Partition Manager

Download Paragon Partition Manager

Tampilan Paragon Partition Manager

Salah satu keuntungan membuat partisi dapat anda rasakan ketika anda harus melakukan scan-ning dengan software tertentu, misalnya software untuk mengembalikan file yang terhapus. Misalkan anda ingin mengembalikan beberapa foto keluarga, maka anda bisa langsung melakukan scanning di dalam partisi yang dikhususkan untuk menyimpan foto. Dengan demikian proses scanning menjadi lebih cepat.

Paragon Partition Manager mendukung beberapa sistem file seperti FAT32, NTFS, Ext 2/3/4, dan Apple HFS. Dalam pembuatan partisi, anda akan diminta untuk menentukan sistem file yang hendak digunakan ketika tiba waktunya untuk memformat partisi yang anda buat. Untuk harddisk yang kapasitasnya lebih dari 32 GB, yang digunakan adalah NTFS untuk sistem operasi Windows.

Partisi yang sudah ada bisa dirubah ukurannya, dihapus, digabungkan dengan partisi lain atau di split menjadi beberapa partisi. File sistem dan nama partisinya pun dapat diganti jika memang dirasa perlu.

Bahkan Paragon Partition Manager dapat digunakan untuk mengembalikan partisi yang terhapus. Saat sebuah partisi dihapus, pada umumnya yang dihapus hanyalah referensi yang mengarah pada partisi tersebut di dalam tabel partisi. Dengan demikian partisi masih mungkin untuk dipulihkan kembali seperti sebelumnya.

Fitur lainnya yang bisa anda peroleh dari Paragon Partition Manager antara lain merubah uku-ran cluster, mengalokasikan ruang harddisk yang masih belum terpakai ke sebuah partisi, opti-masi NTFS untuk meningkatkan performa, melakukan defragmentasi pada MFT, memeriksa kesehatan harddisk, menandai bad sector sebagai bagian yang tidak bisa digunakan lagi, menghapus file secara permanen, mengecek integritas file sistem, dan lain sebagainya.

Download Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager bukanlah software yang sekedar bisa membuat dan menghapus partisi, melainkan sebuah solusi lengkap yang mudah digunakan untuk mengelola setiap partisi yang ada di dalam harddisk anda.

Tersedia pula dokumentasi yang cukup mendetail sehingga dapat menambah pengetahuan anda mengenai harddisk, khususnya mengenai bagaimana caranya mengelola partisi secara efektif dan efisien. Download Paragon Partition Manager terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend