Tes Kecepatan iPhone 12 vs Samsung Note 20 Ultra

Apple iPhone 12 Adalah Smartphone Tercepat Saat Ini, Kalahkan Smartphone Android Manapun

NESABAMEDIA.COMSebuah video yang baru saja diunggah ke Youtube, menampilkan smartphone Apple iPhone 12 dan kemampuannya dalam sebuah tes kecepatan performa. Adalah PhoneBuff yang mengunggah video tes komparasi kecepatan antara iPhone 12 dengan Samsung Galaxy Note 20 Ultra, ketika membuka sejumlah aplikasi. Siapakah yang berhasil menjadi yang lebih cepat?

Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865+ dan disebut sebagai smartphone Android paling cepat tahun 2020 ini. Sementara produk buatan Apple terakhir kali dianugerahi sebagai smartphone paling cepat adalah pada dua tahun lalu. 

Kali ini Apple menghadirkan chip A14 Bionic 5nm yang diklaim jauh lebih baik dari chipset yang pernah digunakan di perangkat iPhone manapun, dan kini disematkan di iPhone 12. Baik di atas kertas maupun dalam sejumlah uji coba, iPhone 12 dengan A14 Bionic ini juga diklaim memiliki performa lebih baik dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Hal ini diungkapkan PhoneBuff dalam deskripsi video Youtube tersebut.

Hal yang menarik dari hasil tes komparasi antara iPhone 12 dengan Samsung Galaxy Note 20 Ultra adalah, smartphone buatan Apple itu mengungguli kecepatan pemuatan aplikasi pada Galaxy Note 20 Ultra. Bahkan, iPhone 12 hanya membutuhkan separuh dari kapasitas RAM yang ada, untuk bisa mengalahkan Note 20 Ultra.

Dari fakta ini bisa didapatkan bahwa dengan memiliki kontrol akan pengelolaan hardware yang baik, sistem operasinya mampu menghasilkan smartphone yang lebih teroptimasi. Smartphone Android selama ini seringkali mengalami bloatware, dan tidak bisa memiliki kontrol lebih leluasa pada ekosistem sistem operasi. Kecuali hanya bisa menambahkan skin yang sudah dikustomisasi sendiri dan menumpuknya dengan fitur tambahan.

Hal inilah yang justru membuat smartphone Android jauh lebih berat. Sangat berbeda jauh dengan apa yang dilakukan oleh Apple dan chipset serta sistem operasi buatan sendiri.

“iPhone 12 Pro mengalahkan Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan selisih 17 detik dalam dua ronde tes yang dilakukan. Padahal iPhone 12 Pro hanya memiliki RAM 6GB, sedangkan Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan RAM 12GB,” kata PhoneBuff.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend