Apple Luncurkan Hide Edits di iMessage

Apple Luncurkan Hide Edits di iMessage

NESABAMEDIA.COM – Apple telah merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka, iOS 16 yang akan digunakan oleh perangkat iPhone 8, hingga iPadOS 16. Ada banyak fitur yang diluncurkan, termasuk diantaranya fitur Hide Edits untuk melengkapi iMessage, Kamis (28/7).

Fitur ini telah tersedia untuk mereka yang telah memperbaharui sistem pada iOS 16 Beta, memungkinkan pengguna untuk dapat mengedit beberapa pesan yang telah mereka kirim. Namun, berbeda dengan fitur ‘Tarik Pesan’ di Whatsapp, Apple hanya akan mengubah pesan utama dengan tidak menyembunyikan pesan yang telah dikirim.

iMessage akan memberikan akses untuk dapat langsung menyunting pesan yang salah, dengan cara menggunakan fitur Hide Edits yang terdapat di bagian bawah pesan. Setelahnya, pengguna dapat langsung mengubah tujuan dan makna dari pesan yang sempat keliru.

Sayangnya, Apple hanya memberikan maksimal lima kali penyuntingan atas pesan yang sempat pengguna kirimkan. Selain itu, secara keseluruhan tidak ada tampilan yang berbeda dari segi antarmuka iMessage.

Beberapa waktu yang lalu, pengguna iOS sempat menduga-duga bahwa Apple akan memberikan fitur ‘Tarik Pesan’, sehingga pengguna dapat mengoreksi kembali pesan yang sempat terkirim. Tetapi, faktanya Apple tidak memberikan akses tersebut untuk iMessage.

Menyunting Pesan di iMessage

Menyunting Pesan di iMessage

Ketika pengguna mengirimkan pesan yang salah, pengguna dapat langsung menyunting menggunakan Hide Edits. Kemudian penerima akan menerima pesan yang salah dengan warna abu-abu tua, abu-abu muda menandakan pesan yang telah disunting.

Fitur sunting pesan ini sebenarnya merupakan sebuah program awal dari Apple, yang sempat dihadirkan untuk pengguna iMessage sebelum akhirnya dihapus. Kembali di iOS 16, Apple membawa fitur yang nantinya akan sangat berguna untuk menyampaikan maksud dan tujuan pesan yang keliru.

Apple juga telah memberikan syarat dan ketentuan untuk menggunakan fitur terbaru mereka, yang mana hanya dapat mengubah isi pesan dalam jangka waktu 15 menit setelah pengiriman. Jadi, pengguna memiliki maksimal waktu sebelum akhirnya fitur Hide Edits tidak dapat digunakan.

Selain itu, Apple dan para pengembang dikabarkan tengah merancang fitur baru yang terhubung dengan API, di mana menambahkan beberapa Widgetpada Lock ScreeniOS 16. Namun, memang belum diketahui pasti apakah akan digunakan dalam mode Beta atau Stable.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend