MacBook M2

Apple Rilis MacBook M2, Windows Terancam Turun Pamor

NESABAMEDIA.COM – Kembali dengan seri MacBook terbaru, Apple Inc akhirnya meluncurkan seri M2 sebagai laptop dengan spesifikasi dan performa yang lebih tinggi. Melalui seri MacBook M2, Apple menghadirkan Chip terbaru serta processor yang tidak bisa dianggap remen oleh Microsoft.

Setelah Apple akhirnya memperkenalkan Chip M1 mereka, yang memang mendapatkan ulasan yang positif di pasaran. Windows sebagai sistem operasi dari Microsoft, nampaknya harus mempersiapkan diri akan persaingan antara kedua Brand raksasa yang semakin sengit.

Hal ini karena, respon konsumen di pasaran akan hadirnya M1 dari Apple memang telah banyak beredar. Meskipun memang, Microsoft masih memfokuskan pendapatan mereka yang lebih besar dari penjualan lisensi sistem operasi Windows.

Secara pendapatan, Microsoft memang masih terbilang stabil dari Apple. Di mana, pendapatan dari Microsoft didominasi dari penjualan lisensi Windows ke berbagai jenis merek komputer seperti, Dell, Lenovo, hingga HP.

Persaingan nampaknya masih akan didominasi oleh Microsoft, sebagai salah satu perusahaan raksasa didunia. Dilansir dari CNBC, Windows sebagai sistem operasi masih mendominasi pasaran dengan angka 81,8%.

Apple selaku rival dari Microsoft, memang telah rutin memasarkan produk mereka dengan jangkauan konsumen yang lebih sedikit. Dibandingkan dengan Microsoft, Apple lebih menyempitkan pasar mereka dengan menargetkan pasaran kelas atas, didukung dengan perangkat menawarkan harga yang lebih mahal.

Namun, kemungkinan akan jauh berbeda ketika nantinya Apple menurunkan target pasar mereka dengan menargetkan pasaran kelas menengah. Misalnya, menawarkan produk mereka dengan harga yang jauh lebih ekonomis.

Microsoft tentunya harus lebih hati-hati, jika Apple menurunkan target pasar mereka. Maka, kemungkinan besar persaingan penjualan produk akan semakin tinggi. Mengingat konsumen yang semakin antusias dengan munculnya seri MacBook M2.

Patrick Moorhead selaku analisis pasar dari Moor Insights & Strategy menyatakan bahwa, jika Apple akhirnya merilis MacBook dengan seri SE, tentunya akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Ini akan menggangu Microsoft untuk bersaing dipasaran.

“MacBook SE jika dirilis, akan jauh lebih ekonomis di beberapa titik harga seri komputer Apple. Tentunya, ini akan mengganggu Windows ketika memasarkan produk dengan harga yang hampir sama”.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend