• Our Partners:

2 Cara Cek Windows 10 Asli atau Tidak yang Terbukti Akurat

Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara cek Windows 10 asli atau tidak. Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru keluaran Microsoft yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015.

Sistem operasi buatan Microsoft memang menjadi salah satu yang terbaik karena mudah digunakan. Selain itu, kemudahan di dalam menginstal sistem operasi yang satu ini juga membuat orang-orang lebih memilihnya dibandingkan sistem operasi yang lain.

Secara umum, ada dua pembagian Windows 10 berdasarkan keasliannya, yakni Windows 10 original dan Windows 10 bajakan. Orang Indonesia mungkin memakai Windows 10 bajakan karena alasan tertentu. Salah satunya adalah harganya yang mahal atau memang karena faktor yang lain. Padahal dengan menggunakan Windows 10 asli, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Tidak

Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk mengecek Windows 10 anda asli atau tidak, yang pertama menggunakan Windows Script Host dan yang kedua melalui menu Activation Settings. Berikut ini cara mengetahui Windows 10 asli atau tidak yang bisa anda simak:

1. Menggunakan Windows Script Host

Dengan bantuan Windows Script Host, kita bisa mengecek apakah Windows 10 yang kita gunakan asli atau tidak. Oh ya bagi anda pengguna Smadav seperti saya, terlebih dahulu anda harus melakukan sedikit pengaturan pada Smadav anda. Klik ikon segitiga terbalik yang terletak di pojok kanan bawah layar. Silakan anda klik kanan ikon Smadav.

Cek Windows 10 Asli atau Tidak 1

2. Kemudian anda pilih Exit. Disini kita mematikan sementara antivirus Smadav kita.

Cara Mengetahui Windows 10 Asli atau Tidak

3. Akan muncul warning seperti gambar dibawah ini, tinggal pilih OK. Dengan begini, kita sudah mematikan sementara Smadav kita.

Cek Windows 10 Asli atau Tidak 3

4. Setelah itu anda tekan tombol Windows + R lalu ketikkan slmgr.vbs /dli kemudian tekan Enter.

Cara Mengetahui Windows 10 Asli atau Tidak

5. Jika muncul notifikasi yang seperti ini. Terdapat tulisan Volume activation expiration atau terdapat kata KMSCLIENT, itu menunjukkan bahwa Windows 10 anda diaktivasi menggunakan activator, jadi bukan Windows 10 original / asli.

Cek Windows 10 Asli atau Tidak 6

6. Sedangkan jika notfikasi seperti ini, maka itu berarti bahwa Windows 10 anda memang asli dan bukan dari aktivasi dengan tool activator.

Cek Windows 10 Asli atau Tidak 5

2. Melalui Activation settings

1. Masuk ke menu Windows Settings dengan menekan tombol Windows + I.

Cara Cek Windows 10 Asli atau Tidak

2. Scroll kebawah kemudian pilih Update & Security.

Cek Windows 10 Asli atau Tidak 8

3. Setelah itu pindah ke tab Activation. Jika tertulis Windows is activated with a digital license, itu menandakan bahwa Windows 10 memang asli dan original.

Cara Cek Windows 10 Original atau Bajakan

Keuntungan Menginstal Windows 10 Original

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 asli dibandingkan ketika anda menginstal yang bajakan. Apa saja kelebihannya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Aktivasi mudah dan permanen

Kelebihan menginstal Windows 10 asli adalah anda bisa mendapatkan aktivasi secara permanen. Itu artinya, lisensi yang anda dapatkan berlangsung selamanya tanpa perlu lagu melakukan aktivitas kembali. Caranya bagaimana? Cukup masukkan serial number yang anda dapatkan ketika membeli OS tersebut. Berbeda halnya ketika anda memakai Windows 10 bajakan dimana anda diminta untuk melakukan aktivasi berulang-ulang, minimal 3 bulan sekali.

2. Dapat dipindah perangkat

Dikarenakan lisensi yang anda beli merupakan lisensi retail, maka anda bisa memindahkannya ke perangkat yang lain. Namun dengan catatan hanya ada satu perangkat yang memakai lisensi tersebut. Berbeda dengan Windows 10 bajakan dimana aktivasi yang anda miliki bisa digunakan untuk semua sistem operasi Windows 10.

3. Mendapat dukungan penuh Microsoft

Kelebihan menggunakan Windows 10 original adalah anda bisa mendapatkan dukungan penuh dari sang pemilik, yakni Microsoft. Jika sistem operasi yang anda gunakan bermasalah, maka anda jangan ragu untuk bertanya kepada Microsoft. Dengan begitu, lisensi anda aman tanpa perlu khawatir mengalami masalah. Berbeda halnya pada saat anda memakai Windows 10 bajakan, kemungkinan anda ragu untuk bertanya langsung kepada Microsoft.

Jika anda lakukan, kemungkinan Windows 10 anda akan terdeteksi sebagai Windows 10 bajakan. Bukan tidak mungkin sistem operasi anda tersebut malah akan mengalami masalah. Jadi, lebih baik anda menggunakan Windows 10 original dan dapatkan semua dukungan dari Microsoft yang sangat bermanfaat untuk anda.

4. Tidak perlu khawatir dengan Windows Update

Beberapa orang yang menggunakan Windows 10 bajakan tidak ingin melakukan update terhadap Window-nya. Mengapa? Karena mereka khawatir lisensi bajakan yang mereka gunakan malah hilang. Namun bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 original. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Anda bisa langsung mengklik Windows Update kapan saja dan dimana saja. Terlebih lagi tujuan Windows Update juga baik karena untuk memperbarui sistem operasi anda agar dapat bekerja secara lebih optimal. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan versi terbaru dari Windows 10 anda tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengecek pembaruan agar anda tidak ketinggalan informasi.

5. Lebih aman dan nyaman

Kelebihan menggunakan Windows 10 original juga bisa membuat anda merasa lebih aman dan nyaman. Ketika anda menggunakan Windows 10 bajakan, bisa jadi crack yang anda gunakan di dalamnya malah terdapat malware yang bisa menyebabkan kerusakan file.

Bahkan malware tersebut berpotensi mencuri data-data pribadi anda yang tentunya semua orang tidak menginginkan hal tersebut. Selain itu, terkadang beberapa program yang seharusnya dapat berjalan normal, malah mengalami gangguan karena Windows 10 bajakan yang anda miliki.

Seperti itulah cara cek Windows 10 asli atau tidak. Dengan memastikan Windows 10 yang kita gunakan benar-benar original, maka kita semakin mantap menggunakan komputer atau laptop kita, tidak takut terjadi apa-apa.

3 Comments

  1. Tri Windasari
  2. donny

Leave a Reply

Send this to a friend