2 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto, Anda Harus Mencobanya!

Kompres foto merupakan kegiatan pemampatan atau pengurangan ukuran foto. Kini, hasil foto yang dihasilkan semakin besar oleh beberapa kamera. Apalagi kamera zaman sekarang telah memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga ukuran file foto tersebut juga berbanding lurus.

Selain menghemat tempat penyimpanan, kompresi foto juga sangat berguna untuk para blogger ataupun warga internet yang hobi melakukan upload foto ke internet. Hal ini dikarenakan apabila ukuran foto terlalu besar maka akan membuat loading time semakin lama. Terlebih lagi kuota internet Anda juga akan cepat habis.

Oleh karena itu, kompresi sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin memperkecil ukuran foto. Kompres foto dapat dilakukan menggunakan aplikasi secara offline maupun melalui website secara online. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk melakukan kompres foto?

2 Cara Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Nah, artikel ini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara kompres foto melalui TinyPNG dan Kraken Image Optimizer. Kedua cara tersebut dilakukan secara online sehingga Anda harus memiliki koneksi internet untuk dapat melakukan kompres foto. Untuk lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini.

Cara 1: Melalui TinyPNG

TinyPNG merupakan aplikasi website yang berfungsi untuk memperkecil ukuran foto hanya dengan melakukan upload foto ke website tersebut. Walaupun TinyPNG dapat memperkecil ukuran foto sebanyak 20 foto sekaligus, namun TinyPNG hanya bisa memproses foto yang memiliki ukuran maksimal 5MB. Tidak seperti namanya yaitu TinyPNG, aplikasi website ini dapat mengoptimalkan ukuran foto dengan format gambar JPG juga.

1. Buka browser Anda > lalu buka link berikut: https://tinypng.com/

2. Selanjutnya pilih foto dengan cara memilih pada area yang diberi tanda kotak, atau Anda juga dapat melakukan drop terhadap foto Anda.

2 - pilih foto

3. Kemudian cari dan pilih foto yang ingin dikompres > klik Open.

3 - pilih foto

4. Tunggu hingga proses kompresi selesai.

4 - tunggu

5. Nah setelah foto selesai dikompresi, Anda dapat langsung mendownload fito tersebut dengan cara memilih tulisan download apabila file foto hanya satu dan pilih Download all untuk kompresi foto lebih dari satu. Atau Anda juga dapat menyimpannya ke dalam layanan penyimpanan Dropbox.

5 - download

6. Lihat file yang telah didownload pada direktori Downloads dengan nama tinified.zip (apabila memilih Download all) lalu klik kanan pada file tersebut kemudian pilih WinRAR selanjutnya pilih Extract Here.

6 - ekstrak file

7. Maka Anda dapat melihat ukuran foto yang berubah setelah dilakukan proses kompresi foto.

7 - berhasil

Cara 2: Melalui Kraken Image Optimizer

Sama seperti aplikasi website di atas, Kraken Image Optimizer juga dapat memperkecil ukuran foto. Kraken juga mendukung foto yang memiliki format gambar JPEG, PNG, dan GIF, Aminated GIF dan SVG. Namun, kelebihan Kraken dapat mengatur tingkay opmitization mode yaitu lossy, lossless dan expert.

1. Buka browser Anda > lalu buka link berikut: https://kraken.io/

2. Lalu pilih Try Free Web Interface.

2 - pilih try free

3. Silakan pilih foto dengan cara klik pada area yang telah diberi tanda kotak merah di bawah ini, atau Anda juga dapat melakukan drag and drop foto tersebut.

3 - pilih foto

4. Cari dan pilih foto lalu klik Open.

4 - pilih foto

5. Tunggu hingga proses selesai lalu klik tombol Download File (apabila melakukan kompresi hanya satu foto) atau klik tombol Download All Kraked Files (apabila foto lebih dari satu). Anda juga dapat menyimpan foto tersebut ke dalam layanan penyimpanan Dropbox.

5 - download

6. Lihat file yang telah didownload pada direktori Downloads dengan nama krakenblabla.zip lalu klik kanan pada file tersebut kemudian pilih WinRAR selanjutnya pilih Extract Here.

6 - ekstrak

7. Maka Anda dapat melihat ukuran foto yang berubah setelah dilakukan proses kompresi foto.

7 - selesai

Mudah bukan cara kompres foto tanpa mengurangi kualitas foto? Mengapa hal itu bisa terjadi? Teknik yang digunakan yaitu teknik kompresi lossy yang sangat baik dalam mengurangi ukuran foto secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar serta lebih sedikit byte yang diperlukan untuk menyimpan data. Dari kedua aplikasi website di atas, TinyPNG melakukan kompresi lebih optimal karena menghasilkan ukuran kompresi yang lebih kecil sedangkan untuk Kraken Image Optimized menghasilkan ukuran kompresi yang lebih besar dari TinyPNG.

Anda dapat memilih tools mana yang Anda butuhkan. Sekian artikel mengenai cara kompres foto tanpa mengurangi kualitas foto. Semoga bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend