10 Cara Membedakan Oppo Yang Asli Dan Palsu, Sudah Tahu Belum?

Semakin canggih jaman, maka semakin banyaklah vendor-vendor smartphone yang merilis produk-produknya. Mereka menawarkan spesifikasi dan fitur-fitur yang juga tak kalah canggihnya. Seperti smartphone bermerk Oppo. Siapa yang tidak mengetahui brand smartphone yang namanya sangat besar di Indonesia ini ? Pasti kamu semua sudah tau, atau bahkan kamu adalah pengguna Oppo.

Oppo merupakan produk smartphone yang berasal dari Dongguan, Tiongkok. Produk smartphone ini juga pernah menduduki peringkat ke 4 di dunia, peringkat 2 di tiongkok dan peringkat ke 2 di Indonesia pada tahun 2017.

Dan akhir-akhir ini Oppo mengeluarkan produk baru yang bernama Oppo Find X Lamborghini. Pada smartphone ini adalah hasil kemitraan oppo dengan perusahaan mobil sport asal Italia itu.

Tidak hanya itu, smartphone ini adalah smartphone yang pertama yang sudah mendukung pengisian daya Super VOOC di dunia. Wow, hebat sekali, bukan?

Cara Membedakan Oppo Yang Asli Dan Palsu

Dikarenakan spesifikasi dan peringkat yang didapatkan oleh Oppo, maka banyak orang yang dengan sengaja mereplika produk handphone mereka untuk sama dengan oppo.

Maka dari itu, ketika kita ingin membeli smartphone Oppo kita harus mengecek terlebih dahulu beberapa hal untuk mengetahui apakah smartphone tersebut beneran smartphone Oppo asli atau palsu. Berikut cara-caranya :

1. Cek Kejernihan Layar

Cara Membedakan Oppo Yang Asli Dan Palsu

Image : IDN Times

Handphone replika atau palsu biasanya memiliki kualitas yang sangat di bawah standard. Jadi, kita sebagai konsumen harus melihat lebih jeli apakah handphone tersebut barang asli atau palsu.

Salah satu untuk mengecek apakah handphone Oppo palsu atau asli, kamu dapat melihat tingkat dari kejernihan layarnya. Biasanya handphone palsu memiliki kerapatan pixel yang kecil, itu yang membuat kejernihan layarnya berkurang dan ketika kamu ingin membuka video atau gambar tampilan layarnya akan buram.

Baca Juga: 3 Cara Backup Aplikasi Android, Yuk Dicoba!

Sedangkan dengan Oppo asli, tingkat kejernihan layarnya sangat baik. Jadi ketika kamu ingin menonton video tidak perlu khawatir lagi.

Nah, tipsnya yaitu ketika kamu ingin membeli handphone Oppo, coba untuk memutar sebuah video. Dan pastikan tingkat kecerahan layarnya baik dan tidak buram ya.

2. Lihat Spesifikasinya

Spesifikasi

Image : Merdeka

Sebelum kamu ingin membeli handphone Oppo, sebaiknya kamu searching dulu nih spesifikasinya. Dan ketika kamu sudah ada di toko handphone tinggal kamu cocokkan saja spesifikasi handphone Oppo yang kamu cari di internet dengan spesifikasi handphone Oppo yang kamu dapatkan di toko. Kamu dapat melihat spesifikasi handphone tersebut di kotak handphonenya ya.

3. Lihat Kamera

Cara Membedakan Oppo Yang Asli Dan Palsu

Image : Gadgetren

Langkah selanjutnya untuk membedakan Oppo yang asli dan palsu yaitu dengan melihat hasil kameranya. Kita perlu mengingat bahwasanya Oppo ini merupakan kamera yang begitu focus pada performa kameranya.

Sesuai dengan slogannya nih guys, ‘Camera Phone’. Jadi nilai jual dari handphone Oppo ini terletak pada kameranya. Kamu dapat mengecek kamera handphone Oppo yang ingin kamu beli dan lihatlah hasilnya.

Baca Juga: 3 Cara Screenshot HP OPPO dengan Sangat Mudah

Apabila hasilnya bagus, jernih dan terang, maka dapat dipastikan bahwa handphone tersebut asli. Ciri-ciri handphone Oppo palsu yaitu hasil dari kamera tersebut akan buram dan tidak enak untuk dilihat.

4. Cek IMEI Oppo Secara Online

Imei

Image : Android XYZ

Cara yang paling dianjurkan yaitu kamu harus mengecek IMEI pada handphone tersebut secara Online. dengan kecanggihan teknologi kamu dapat memanfaatkan IMEI ini untuk mengecek apakah handphone tersebut asli atau palsu.

Sesuai dengan definisinya yaitu IMEI merupakan sebuah nomor identitas dari sebuah handphone. Jadi setiap handphone didunia ini memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda.

Nah, biasanya setiap unit dari handphone Oppo yang dijual secara resmi telah memiliki nomor IMEI-nya sendiri. Nomor tersebut juga telah tercatat dan bisa dicek secara online.

Maka dari itu kamu dapat mengecek nomor IMEI pada handphone Oppo dengan mengunjungi situs Device Authentication OPPO. Kamu hanya perlu memasukkan nomor IMEI yang tertera pada handphone Oppo tersebut.

Setelah melakukan pengecekan, jika nomor IMEI tersebut terdaftar, maka handphone Oppo tersebut adalah handphone asli. Dan jika tidak terdaftar, maka handphone Oppo tersebut palsu.

Kamu dapat melihat nomor IMEI di kotak handphone Oppo tersebut atau kamu juga bida melihatnya dengan mengakses kode +#06#. Gampang, kan ?

5. Lihat Desain

Cara Membedakan Oppo Yang Asli Dan Palsu

Image : Liputan 6

Handphone palsu memang sengaja menyamakan desain dari handphone yang menurut mereka banyak laku di pasaran. Dengan desain yang sama tersebut akan membuat pelanggan bingung dan jika pelanggan tersebut salah memilih, maka akan menguntungkan bagi pembuat handphone palsu.

Tapi tenang saja, handphone palsu tidak sepenuhnya bisa menirukan desain dari handphone asli 100 persen.

Contohnya saja pada handphone Oppo F7, handphone asli Oppo F7 memiliki banyak sekali sensor. Seperti sensor sidik jari, accelemometer, compass, gyro, dan proximity. Sedangkan handphone palsu tidak memiliki semua sensor yang diatas.

Lihat juga pada ukuran pada handphone Oppo. Seperti pada Oppo F7, handphone ini memiliki ukuran sebesar 6,23 inch. Maka jika kamu melihat ukuran handphone F7 yang lebih atau kurang dari itu kamu wajib mencurigainya. Dan mendingan jangan dibeli, deh.

6. Wajib Cek Garansi

Kartu garansi

Image : Yangcanggih

Oknum pembuat handphone Oppo palsu saat ini memang sudah cerdik untuk membuat kartu garansi yang mirip dengan aslinya. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek kartu garansi Oppo ini, karena biasanya handphone Oppo yang asli diproduksi dan dijual di bawah bendera PT. Indonesia OPPO Electronics, jika handphone itu dibeli di Indonesia.

7. Lihat fitur NFC

NFC

Image : ontimeblog

Perlu kamu ketahui cara ini hanya berlaku untuk tipe handphone Oppo yang sudah mendukung NFC, ya. Untuk mengetahui apakah handphone yang kamu incer mendukung NFC, kamu dapat melihat spesifikasinya di internet.

Nah, cara untuk menandai apakah Oppo itu palsu atau asli dengan melihat fitur NFC. Dengan melihat bahwa handphone Oppo asli memiliki jalur timah yang berwarna kuning yang mana mengdentifikasi bahwa jalur tersebut adalah NFC connector.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Ringtone Berubah-ubah Tiap ada SMS/Telepon Masuk

NFC connector ini biasanya terletak di balik handphone yang bisa di copot baterainya. Sedangkan NFC Oppo palsu seolah lebih ditonjolkan dan menunjukkan bahwa handphone tersebut memiliki fitur NFC.

8. Lihat Sistem Operasi

Sistem operasi

Image : Selular.id

Cara ini juga wajib untuk di lihat, karena apabila handphone Oppo yang menawarkan system Android lebih rendah dari pada yang tersebar di internet, dapat dipastikan bahwasanya handphone tersebut palsu. Seperti contoh pada handphone Oppo F7.

Nah, pada handphone ini Oppo F7 telah menggunakan system operasi Android 8.1 atau android Oreo dan telah di custom menggunakan Color OS 5.0. Sedangkan pada produk tiruan, mereka biasanya lebih sering memakai system android yang lebih rendah seperti Marshmallow dan Nougat.

9. Cek Engineer Mode

Oppo

Image : Digit

Cara membedakan Oppo asli dan alsu selanjutnya yaitu degan mengecek Engineer Mode. Kamu dapat mengakses kode rahasia atau Engineer Mode pada handphone Oppo dengan *#800#. Dan nanti kamu akan masuk kedalam Engineer Mode dengan beberapa pilihan testing hardware.

Dan coba kamu cek pada informasi tentang baterai. Dan apabila setelah dicek  baterai Oppo kamu rusak, maka bisa jadi handphone Oppo tersebut palsu. Kamu juga dapat mengecek hal yang serupa pada berbagai pilihan menu yang lain.

10. Lihat Harganya

Harga

Image : Liputan 6

Cara yang terakhir untuk membedakan Oppo palsu dan asli yaitu melihat harganya. Seperti yang kita tahu, harga handphone Oppo sekarang ini memang terbilang cukup tinggi, tetapi seberapa tinggi harga handphone tersebut tidak menurunkan minat pengguna untuk membeli handphone ini.

Nah, kamu dapat membandingkan harga Oppo asli dengan Oppo palsu. Biasanya masyarakat banyak terkecoh pada bagian ini. Mereka lebih memilih membeli harga Oppo yang murah dibandingkan dengan yang aslinya. Padahal mereka tidak tahu bahwasanya handphone Oppo yang harganya jauh lebih rendah dari harga aslinya itu adalah handphone palsu.

Maka dari itu, kamu harus mempertanyakan pada penjual apakah harga oppo yang murah ini barang bekas atau barang palsu. Jika barang baru, maka kamu patut untuk curiga. Karena biasanya Oppo yang dijual memiliki harga yang sama dari satu penjelual ke penjual lain.

Semoga dengan 10 cara diatas, kamu dapat membedakan Oppo asli dan palsu ya. Jangan sampai terkecoh, selama mencoba !

 

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend