Begini Cara Membuat Kuesioner Online Melalui Google Forms, Gratis!

Kini, perkembangan zaman membuat segala sesuatu yang pada awalnya tercetak menjadi berpaling menuju digital. Kemudahan-kemudahan ini tentunya langsung disambut positif oleh berbagai kalangan perorangan maupun perusahaan. Sistem kuesioner online merupakan salah satu contoh pemanfaatan dari era digitalisasi ini. Target maupun sasaran yang dituju akan lebih mudah meluas dengan adanya kuesioner online. Selain cara membuatnya yang simpel, ternyata banyak tools yang dapat membantu kita untuk membuat kuesioner online secara gratis.

Salah satu manfaat dari membuat kuesioner secara online yang paling terasa ialah penghematan waktu dan biaya yang sangat optimal. Bagaimana tidak, kita tidak perlu menyebarkan kuesioner ke tempat-tempat tertentu yang bahkan sulit untuk dijangkau. Kita hanya perlu membuat kuesioner secara online lalu menyebarkan link tersebut kepada rekan-rekan kita. Sehingga, untuk mendapatkan tanggapan melalui kuesioner online akan lebih mudah. Lalu bagaimana cara membuat kuesioner online?

Nah, artikel ini akan membahas mengenai cara membuat kuesioner online dengan mudah dan gratis. Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Kuesioner Online

Pada kesempatan ini saya akan memberi tahu Anda cara membuat kuesioner online melalui Google Forms. Lagi dan lagi nama Google muncul dalam pembuatan kuesioner online. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan yang terkenal dengan sistem pencarian raksasa yang mendunia. Google Forms dapat menjadi pilihan Anda karena pertanyaan yang diajukan tidak dibatasi namun karena hanya memiliki versi gratis, fitur yang dapat digunakan juga terbatas.

Selain itu, bagi responden yang ingin mengisi kuesioner tidak harus memiliki akun Google. Dengan kata lain, Google Forms ini bersifat umum. Nah, untuk dapat membuat kuesioner melalui Google Forms, kita dapat melakukannya di komputer, laptop maupun smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser Anda > lalu klik link berikut ini: http://forms.google.com/

2. Selanjutnya masukkan alamat email Google Anda > klik Next.

Cara Membuat Kuesioner Online

3. Kemudian masukkan password > lalu klik Next.

3 - isi password

4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman utama. Anda dapat langsung memulai dengan memilih template: opsi 1 pilih TEMPLATE GALLERY lalu pilih template yang disediakan, dan opsi 2 pilih Blank untuk membuat kuesioner dengan template kosong.

Cara Membuat Kuesioner Online

5. Isi judul pada isian nomor 1 > lalu isi deskripsi pada isian nomor 2. Anda juga dapat memasukkan gambar dengan cara pilih ikon image yang diberi lingkaran nomor 3.

5 - isi judul

6. Pilih Choose an image to upload, drag and drop, mengambil snapshot atau dari URL.

Cara Membuat Kuesioner Online

7. Selanjutnya silakan pilih foto > lalu klik Open dan tunggu hingga proses upload selesai.

7 - pilih gambar

8. Setelah itu isi Anda dapat memulai membuat pertanyaan. Silakan pilih model pertanyaan dengan memilih pada area yang diberi tanda panah merah seperti gambar berikut.

cara membuat kuesioner online di hp

9. Ada banyak tersedia pilihan yang ditawarkan untuk membuat model pertanyaan Anda. Silakan pilih sesuai kebutuhan pertanyaan Anda.

9 - pilih model

10. Lalu masukkan pertanyaan Anda > kemudian isi Option 1 untuk membuat pilihan jawaban > Jika Anda ingin menambahkan pilihan lagi silakan pilih Add option atau ADD “OTHER” untuk jawaban lain yang akan diberikan oleh responden kelak > kemudian perlu diperhatikan untuk menghidupkan atau ON pada Required di mana pertanyaan wajib di jawab.

cara membuat kuesioner online di google forms

11. Lalu untuk menambahkan pertanyaan baru silakan pilih ikon tanda tambah > lalu lakukan seperti cara sebelumnya yaitu memilih model pertanyaan lalu mengisi pertanyaan dan pilihan jawaban.

11 - tambah pertanyaan

12. Anda juga dapat mengedit warna tema, background, jenis tulisan dan lainnya dengan memilih ikon art yang diberi tanda panah.

12 - pilih edit tema

13. Silakan pilih header (jika ada) > pilih warna tema > pilih background > pilih jenis tulisan > lalu pilih APPLY.

13 - edit lalu apply

14. Setelah selesai, Anda dapat melihat hasil jadi kuesioner Anda dengan memilih ikon preview.

preview kuesioner

15. Jika Anda sudah selesai membuat kuesioner, silakan pilih tombol send.

14 - pilih send

16. Lalu Anda dapat memilih membagikan lewat email berupa link (opsi 1), copy link (opsi2), atau lainnya (opsi 3) > lalu pilih SEND atau COPY.

15 - kirim link

Sekian cara membuat kuesioner online melalui Google Forms. Anda dapat mencoba cara layanan di atas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adapun hasil survey yang didapat dari Google Forms hanya berupa grafik dan tampilan teks secara otomatis yang dikumpulkan pada spreadsheets namun pertanyaan dan jumlah responden tidak terbatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan uptodate. Selamat mencoba!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend