Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah, Lengkap Disertai Gambar!

Pengaruh globalisasi membawa kita kepada zaman di mana teknologi semakin bersaing antara satu dengan yang lainnya. Tidak heran, apabila pada zaman milenial ini anak-anak yang masih berusia di bawah lima tahun akan mengerti sedikitnya teknologi dibandingkan balita pada zaman dulu. Pergerakan teknologi mau tidak mau memaksa kita sebagai pengguna sasaran utamanya, tentunya tidak mau ketinggalan zaman.

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi ini yaitu cara bertransaksi dan menabung. Kini, setiap lapisan masyarakat memanfaatkan bank sebagai cara bertransaksi yang mudah dan cepat. Tidak perlu menunggu waktu berhari-hari agar uang tiba di lokasi yang dituju. Hal ini membuat setiap bank berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaiknya dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru yang sangat bermanfaat bagi nasabah tentunya.

ATM merupakan salah satu wujud nyata gebrakan inovasi dari dunia perbankan. Mudahnya bertransaksi melalui ATM menjadi pilihan banyak orang untuk segera membuat rekening baru. Fitur yang paling sering digunakan di mesin ATM selain menarik uang dari tabungan yaitu transfer atau proses pemindahan buku. Di samping mudah dan cepatnya proses transaksi yang dilakukan, cara bertransaksi lewat bank juga dapat dikatakan aman. Sistem keamanan yang berlapis akan membuat uang yang Anda kirim akan tiba dengan selamat. Lalu, bagaimana caranya transfer uang lewat ATM BRI? Artikel ini akan membahas cara transfer uang lewat ATM BRI.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Fasilitas transfer yang terdapat pada mesin ATM membuat cara bertransaksi menjadi lebih praktis dan simpel. Apalagi zaman sekarang, semua orang ingin yang serba instan. Transfer uang lewat ATM BRI menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang ada sebelumnya. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah cara transfer uang lewat ATM BRI di bawah ini.

Sebelumnya Anda harus sudah berada di depan mesin ATM dengan membawa kartu ATM Anda dan sudah memiliki nomor rekening tujuan tentunya. Dan hal yang paling penting, pastikan uang di ATM BRI Anda mencukupi untuk melakukan transfer dengan jumlah yang diinginkan.

1. Masukkan kartu ATM BRI Anda ke mesin ATM BRI (usahakan kartu ATM dan mesin ATM sejenis yaitu sama-sama BRI agar tidak dikenakan biaya pemakaian mesin ATM). Kemudian pilih bahasa Anda.

cara transfer uang lewat atm bri

2. Pilih lanjutkan.

Langkah 2 - lanjutkan

3. Masukkan nomor pin atau kata sandi Anda. Pastikan untuk menutupnya dengan telapak tangan Anda yang satu lagi ketika Anda mengetikkan password Anda. Hal ini untuk menghindari orang yang akan melihat maupun kamera cctv yang tersedia.

Langkah 3 - masukkan pin

4. Kemudian pilih transfer.

cara transfer uang lewat atm bri ke bca

 

5. Nah, akan ada pilihan tentang nomor rekening tujuan Anda apakah sesama BRI atau bank lain. Opsi pertama: jika Anda ingin transfer ke BRI. Pilih BRI.

6. Lalu masukkan nomor rekening tujuan > Pilih benar.

7. Opsi kedua: jika Anda ingin transfer melalui bank lainnya. Pilih bank lain.

cara transfer uang lewat atm bri ke bri

 

8. Untuk transfer ke bank lain, Anda harus memasukkan kode bank tersebut kemudian diikuti nomor rekening tujuan. Apabila Anda tidak ingat kode bank tersebut, caranya pilih daftar kode bank.

Langkah 8 - lihat daftar kode bank

9. Anda dapat mencari bank tersebut pada list yang tersedia. kemudian segera ingat kode tersebut > Lalu pilih lanjutkan.

Langkah 9 - ingat kode lalu lanjutkan

10. Masukkan tiga digit kode bank yang Anda ingat tadi, kemudian selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan pada area yang sama > Lalu pilih benar.

Langkah 10 - masukkan kode bank dan norek tujuan bank lain

11. Kemudian masukkan nominal uang yang akan Anda kirim > pilih benar.

Langkah 11 - masukkan nominal

12. Akan Anda konfirmasi mengenai apakah Anda bersedia mentransfer uang ke rekening tersebut. Lihat dahulu apakah nomor rekening tujuan dan nominal sudah benar. Jika sudah benar langsung saja pilih ya.

Langkah 12 - konfirmasi pilih ya

13. Kemudian mesin ATM akan memproses transaksi Anda. Tunggu hingga struk bukti transfer keluar seperti gambar di bawah ini.

Langkah 13 - bukti struk

14. Jangan lupa untuk mengeluarkan ATM Anda dari mesin ATM dengan tekan cancel pada costumer keypad atau pilih opsi tidak ingin melakukan transaksi lagi pada monitor.

Mudah bukan cara transfer uang lewat ATM BRI? Jika Anda ingin transfer uang namun berbeda bank, Anda akan dikenakan biaya. Jadi saya sarankan apabila tetap ingin transfer, silakan datangi bank yang sama dengan membawa KTP asli untuk mengirim uang. Namun, jika Anda butuh melakukan transfer secara mendesak, Anda tetap dapat melakukannya melalui ATM namun risiko biaya Anda yang tanggung.

Terlepas dari segala kelebihan-kelebihan yang diberikan kepada nasabah, bertransaksi melalui ATM juga memiliki kekurangan yang membuat sebagian orang lebih memilih untuk tidak membuat rekening bank. Tetap jaga kerahasiaan password dan data-data penting Anda lainnya untuk menghindari cyber crime. Semoga Anda berhasil melakukan transfer uang melalui mesin ATM ya. Selamat mencoba!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

2 Comments

  1. Ritna dede

Leave a Reply

Send this to a friend