Cara Memindahkan Kontak ke Gmail

Begini Cara Memindahkan Kontak ke Gmail (Berbagai Tipe HP)

Hanya dalam waktu yang singkat, Gmail berhasil merubah wajah layanan email secara drastis. Ketika para pesaingnya hanya menyediakan kapasitas penyimpanan email tak lebih dari beberapa megabyte, Gmail berani menawarkan kapasitas sebesar 1 GB. Karena kapasitasnya yang jauh lebih besar dan tanggal rilis Gmail yang bertepatan dengan April Fool’s Day, saat itu banyak orang yang mengira Gmail hanyalah lelucon dari Google. Bahkan Sundar Pichai yang kini menjabat sebagai CEO Google sekaligus Alphabet mengira Gmail adalah hoax ketika dia melamar pekerjaan di Google pada tahun 2004 lalu.

Sejak pertama kali muncul, Gmail sudah mengalami perubahan antarmuka beberapa kali yang disertai dengan sejumlah fitur baru. Sekarang anda tidak hanya bisa mengirim email, tapi juga menjadwal pengiriman email. Jadi, email yang anda buat hari ini dapat dikirimkan secara otomatis di lain hari.

Dan sejak Gmail diintegrasikan dengan Google Drive, anda pun dapat mengirimkan file berukuran besar tanpa masalah. Kapasitas penyimpanan yang disediakan pun juga sudah mencapai 15 GB dan bahkan bisa lebih apabila anda pernah mengikuti beberapa event yang diselenggarakan Google dengan iming-iming berupa free storage upgrade.

Cara Memindahkan Kontak ke Gmail (Semua Tipe HP)

Sebagai bagian dari ekosistem Google, secara otomatis Gmail pun terintegrasi dengan Google Chrome sehingga anda bisa menambah kemampuannya dengan menggunakan ekstensi browser tersebut. MailTrack, Gmelius, MailTag, Free Email Tracker, dan BananaTag adalah lima ekstensi yang bisa anda install untuk mengetahui apakah email yang anda kirim sudah dibaca atau belum oleh si penerima.

Anda juga bisa menggunakan Gmail sebagai tempat untuk menyimpan kontak HP. Dengan memindahkan kontak ke Gmail, anda tidak perlu khawatir kehilangan kontak di HP karena semua data bisa dipulihkan kembali dari Gmail.

1. Buka Contacts pada HP anda.

Cara Memindahkan Kontak ke Gmail

2. Setelah itu anda pilih ikon garis tiga seperti yang ditunjuk tanda panah.

Memindahkan Kontak ke Gmail 2

3. Kemudian anda pilih Settings.

cara memindahkan kontak ke gmail xiaomi

4. Pada menu Settings, anda pilih Export.

Memindahkan Kontak ke Gmail 4

5. Untuk memindahkan kontak anda ke Gmail, pilih Share all contacts.

cara memindahkan kontak ke gmail oppo

6. Tunggu proses exporting hingga selesai hingga muncul notifikasi seperti ini. Setelah itu ketuk notifikasi tersebut.

Memindahkan Kontak ke Gmail 6

7. Setelah itu anda pilih Gmail.

cara memindahkan kontak ke gmail hp vivo

8. Masukkan alamat gmail tujuan (bisa alamat gmail HP baru anda). File kontak yang berhasil diexport nanti bisa didownload dan bisa diimport ke HP manapun yang anda inginkan.

Memindahkan Kontak ke Gmail 8

Akhir Kata….

Selain dengan menggunakan ekstensi, anda juga dapat menambah kemampuan Gmail dengan mengaktifkan fitur-fitur eksperimental. Beberapa fitur tersebut yang masih tersedia hingga kini adalah Preview Pane untuk menampilkan jendela preview sehingga anda bisa langsung melihat isi setiap pesan di halaman depan Gmail, Templates untuk mempermudah penyusunan email, Right-side chat untuk memindahkan kotak chat ke sebelah kanan, Custom keyboard shortcuts untuk menjalankan Gmail dengan keyboard shortcut buatan anda sendiri, dan Unread Message Icon untuk menampilkan jumlah pesan yang belum dibaca pada tab browser.

Di antara sekian fitur tersebut, yang bisa menghemat waktu adalah Preview Panes. Karena isi pesan dapat ditampilkan di halaman depan, anda tidak lagi harus bolak-balik antara inbox dan isi pesan seperti sebelumnya. Tampilannya mirip seperti jendela preview di dalam File Explorer yang menampilkan isi file ketika anda mengklik sebuah file. Templates juga bisa membantu menghemat waktu tapi hanya jika anda sering mengirim email dengan struktur konten yang sama persis.

Leave a Reply

Send this to a friend