Cara Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus

2 Cara Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus (Tanpa Aplikasi)

Pada sekitar tahun 1985, ponsel mulai masuk ke Indonesia. Tapi, karena ukurannya yang cukup besar dengan berat yang mencapai hampir setengah kilogram, ponsel tidak bisa dibawa kemana-mana dengan leluasa. Harganya yang lebih dari 10 juta rupiah juga membuatnya tidak begitu populer di kalangan masyarakat.

Kondisi ponsel saat itu berbeda jauh dengan yang sekarang di mana semuanya memiliki berat yang jauh lebih ringan dengan ukuran yang jauh lebih tipis. Teknologinya pun sudah sangat canggih dan tidak lagi digunakan sekedar untuk berkomunikasi, tapi juga untuk bermain game, menonton video, mengambil foto selfie, mengunggah foto ke cloud storage untuk disimpan sebagai backup, dan lain-lain. Meskipun serba canggih, harganya tetap terjangkau. Bahkan tidak sedikit yang menerapkan sistem angsuran sehingga hampir setiap orang memiliki setidaknya satu buah ponsel.

Terlepas dari semua kecanggihan tersebut, ada satu jenis data yang sejak dulu sudah menjadi data yang paling penting yang tersimpan di dalam ponsel. Yaitu, daftar kontak. Sekalipun anda bukan seorang pebisnis, bukan seorang pejabat yang memiliki banyak koneksi politik, bukan seorang artis, pastinya anda tidak ingin daftar kontak anda hilang. Tanpa daftar kontak, anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan siapa pun kecuali dengan mereka yang nomor ponselnya masih anda ingat. Sayangnya, musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja.

2 Cara Mengembalikan Kontak HP Yang TerhapusĀ 

Tanpa sebab yang pasti, daftar kontak bisa saja mendadak lenyap tak berbekas. Atau, mungkin saja raibnya daftar kontak karena kesalahan yang tidak disengaja. Kemungkinan lainnya adalah karena ada teman anda yang sekedar iseng tanpa menyadari kalau keisengannya bisa berdampak buruk pada anda.

Tapi sebenarnya anda tidak perlu cemas. Daftar kontak anda mungkin kelihatannya lenyap, tapi sebenarnya masih ada di dalam ponsel sehingga bisa dipulihkan kembali seperti sediakala. Kalaupun daftar kontak tersebut benar-benar lenyap tanpa tersisa sedikitpun, masih ada cara lain untuk mengembalikannya. Berikut dua cara mengembalikan kontak HP yang terhapus yang bisa dicoba:

Cara 1 : Menggunakan Google Contacts

  1. Buka browser Google Chrome kemudian kunjungi Google Contacts dan login sesuai akun Google yang anda gunakan atau terkait di HP anda.
  2. Selanjutnya klik ikon Settings seperti yang ditunjuk tanda panah.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 6
  3. Selanjutnya pilih Undo changes.cara mengembalikan kontak hp yang terhapus dengan Google Contacts
  4. Kemudian disini anda bisa mengembalikan kondisi list kontak anda pada periode waktu yang diinginkan. Misalkan anda melakukan penghapusan kontak 30 menit yang lalu, maka anda bisa memilih 1 hr ago sehingga kondisi list kontak anda akan dikembalikan ke kondisi 1 jam yang lalu. Selanjutnya pilih Undo.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 9
  5. List kontak anda berhasil direstore ke periode waktu yang anda inginkan. Sehingga kontak yang terhapus berhasil dikembalikan.cara mengembalikan kontak hp yang terhapus tanpa aplikasi

Cara 2 : Menggunakan Fitur Restore

  1. Pertama-tama anda perlu masuk ke menu Settings.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 1
  2. Kemudian scroll kebawah kemudian pilih Google.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 2
  3. Disini kita akan melakukan restore kontak yang terhapus, maka dari itu pilih Set up & restore.cara mengembalikan kontak hp yang terhapus dengan cara restore
  4. Kemudian pilih Restore contacts.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 4
  5. Pada nomor 1: pilih akun Google utama anda dan terkait dengan HP anda. Kemudian akan muncul list kontak anda pada nomor 2 dan silakan klik maka kontak anda yang terhapus akan kembali.Mengembalikan Kontak HP Yang Terhapus 5

Penutup

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Daripada panik ketika menemukan daftar kontak yang tidak ada lagi pada tempatnya, dan kemudian bingung mencari-cari cara untuk mengembalikan daftar kontak tersebut, lebih baik anda backup daftar kontak secara rutin. Kalau anda masih merasa enggan untuk melakukan backup, harap diingat bahwa backup bisa dilakukan secara otomatis. Jadi, anda hanya perlu mengatur setting satu kali saja, setelah itu backup akan bisa berjalan dengan sendirinya.

Repot sebentar jauh lebih baik daripada benar-benar kehilangan daftar kontak, apalagi jika daftar kontak yang anda miliki sudah anda kumpulkan selama bertahun-tahun. Yang lebih parah lagi yaitu risiko kehilangan kontak tepat pada saat situasi sedang genting. Sekali lagi, lakukanlah backup agar daftar kontak yang hilang bisa dikembalikan lagi dengan mudah.

Leave a Reply

Send this to a friend