Cara Menjadi Youtuber Pemula Pake HP

7 Cara Menjadi Youtuber Pemula Pake HP (Terbukti)

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia Youtuber, dan bertanya-tanya bagaimana cara menjadi Youtuber pemula pake HP, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Saat ini menjadi Youtuber bukanlah hal yang sulit, pasalnya, hanya dengan bermodalkan HP saja, kamu sudah bisa membuat konten untuk akun Youtube kamu.

Cara Menjadi Youtuber Pemula Pake HP

Cara Menjadi Youtuber Pemula Pake HP

Youtuber menjadi profesi idaman di era saat ini. Seperti yang kamu ketahui, gaji Youtuber sendiri cukup besar. Itulah alasan mengapa pekerjaan menjadi Youtuber dinilai sangat menjanjikan. Nah, ada beberapa cara menjadi Youtuber pemula pake HP, berikut ini caranya :

1. Siapkan HP dengan Spesifikasi yang Mendukung

Hal pertama yang harus kamu siapkan yakni Handphone. Kamu bisa menggunakan merk HP apapun asalkan kameranya mendukung untuk mengambil gambar yang cukup baik. Jika bisa, resolusi kamera HP kamu mencapai 1080p agar memenuhi standar. Sehingga penonton yang menonton video kamu menikmati visual yang kamu sajikan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan HP untuk kebutuhan recording suara dan editing. Pengaruh suara atau audio sangatlah penting. Hal ini audio akan menunjang isi video yang kamu bagikan. Biasakan untuk menghindari noise sebisa mungkin ketika proses perekaman berlangsung. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan hasil rekaman yang jernih tanpa noise. Kamu bisa merekam di ruangan yang sepi atau kedap suara. Merekam di dalam mobil juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan.

Pastikan pula HP kamu bisa digunakan untuk kebutuhan editing. Kamu bisa memilih aplikasi editing yang ringan agar HP kamu tidak ngelag. Maka dari itu, pilihlah aplikasi yang tidak memakan banyak ruang di HP kamu dan mudah digunakan.

2. Buatlah Konten yang Menarik

Selanjutnya, setelah mempersiapkan peralatan untuk merekam seperti HP, hal yang harus kamu pikirkan adalah konten apa yang akan kamu buat. Hal sederhana yang bisa kamu coba adalah dengan melihat konten-konten orang lain yang dirasa menarik. Pastikan kamu memilih satu topik yang bisa kamu bahas dan kamu kuasai. Fokuslah pada satu topik tersebut dan gali lebih dalam.

Misalnya, kamu memilih untuk membuat konten memasak. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat sebanyak-banyaknya refensi channel memasak.

Setelah itu, pikirkan konsep yang ingin kamu bangun. Apakah kamu akan memasak dengan serius, atau apakah kamu akan memasak dengan santai dan menjelaskannya sambil bercanda atau kamu akan memperlihatkan konsep lainnya yang berbeda dengan channel Youtube lainnya. Jika bisa, kamu harus menemukan atau menonjolkan hal-hal yang berbeda atau ciri khas dari konten yang kamu buat.

Setelah itu, tahap selanjutnya, mulailah memikirkan masakan apa yang akan kamu buat. Lalu, persiapkan bahan-bahan memasak. Persiapkan pula dialog atau naskah yang akan kamu bicarakan jika harus. Namun, jika kamu ingin melakukannya dengan spontan, maka kamu tidak perlu mempersiapkan naskah.

Jika sudah memilih konten memasak, kamu juga harus membuat jadwal. Misalnya, di hari Senin konten masakan apa yang akan kamu buat, dan hari-hari selanjutnya. Minimal kamu mmebuat konsep setiap Minggunya agar bisa kamu eksekusi setiap harinya.

3. Edit Video Kamu

Setelah selesai membuat konten, tahap selanjutnya adalah tahap editing. Tahap yang satu ini menjadi sangat penting karena akan memperbaiki video kamu. Misalnya, jika kamu merekan sepanjang kamu memasak dengan satu kali take, maka kamu bisa memotong bagian-bagian yang menurut kamu tidak harus ditampilkan pada proses editing.

Berbeda jika kamu mereka satu per satu tahapan memasak, maka kamu harus menggabungkan antara video satu dengan video lainnya di proses editing ini. Bukan hanya menggabungkan atau memotong video, tahap editing juga berarti kamu harus memasukkan audio yang sesuai untuk kebutuhan video kamu.

Kamu juga bisa menambahkan teks pada video kamu jika diperlukan. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan video perkenalan dirimu, atau video template opening dari channel Youtube kamu agar menjad ciri khas kamu.

4. Buat Channel Youtube

Tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah video siap di publikasikan yakni membuat channel Youtube. Membuatnya sendiri sangatla mudah. Jika kamu sudah memiliki email, kamu bisa langsung sign in dengan menggunakan email yang kamu miliki.

Setelah itu, jangan lupa untuk membuat nama channel yang sesuai dengan isi konten kamu. Pastikan kamu memilih nama yang tidak rumit, mudah diingat, dan unik.

Namun, sebetulnya kamu juga bisa membuat nama channelnya tetap dengan nama kamu. Setelah itu, kamu bisa mengkreasikan foto profil yang ingin kamu pilih, deskripsi channel, dan peranti lainnya. Pastikan tidak ada yang kosong.

5. Unggah Video

Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengunggah video kamu ke kanal Youtube kamu. Pastikan proses unggah videonya selesai dengan baik agar bisa ditonton oleh semua orang. Ada baiknya kamu mengunggah video di channel Youtube kamu setiap hari. Hal ini dilakukan agar para penonton di channel Youtube kamu bisa memilih untuk menonton video yang mereka sukai.

Selain itu, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah SEO Youtube. Cobalah untuk memperlajari hal ini karena ini adalah salah satu faktor yang bisa membuat video kamu ditonton banyak orang.

6. Share Link Video Kamu di Akun Sosial Media

Selanjutnya, cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi youtuber pemula pakai HP adalah membagikan sebanyak-banyaknya link video kamu di semua akun sosial media kamu. Misalnya, jika kamu menggunakan Instagram, maka postinglah sebuah video pendek atau teaser video Youtube kamu lalu berikan linknya. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki banyak penonton Youtube.

Selain itu, bagikan pula video Youtube kamu sebanyak-banyaknya kepada teman-teman kamu. Mintalah bantuan mereka untuk menontoh, like, dan subscribe channel Youtube kamu. Semakin banyak penonton, semakin banyak like, dan semakin banyak subscriber, maka channel kamu semakin dilirik Youtube dan bisa menghasilkan adsense dari sana.

7. Konsisten

Terkahir, hal yang harus kamu lakukan adalah konsisten. Menjadi Youtuber tentunya bukanlah hal yang mudah. Kamu harus melakukannya dengan konsisten. Pastikan kamu bisa memposting video setiap harinya di channel kamu. Konsisten adalah kunci sukses yang harus kamu pegang. Pasalnya, jika kamu tidak memposting video secara konsisten maka Youtube kamu tidak akan mengalami perkembangan.

Banyak cerita orang-orang yang sudah sukses menjadi Youtuber, dan mereka menyampaikan bahwa salah satu kuncinya adalah dengan konsisten. Jangan mudah putus asa jika video kamu baru memiliki sedikit penonton atau subcriber. Teruslah membuat konten secara konsisten agar channel kamu terus berkembang.

Nah, itulah cara menjadi Youtuber pemula pake HP yang bisa kamu coba. Ikuti step by step yang sudah diberikan. Mulai dari menyiapkan HP yang cukup bagus spesifikasinya, membuat konten yang menarik, edit video agar lebih menarik, buat channel Youtube, unggah video, share link video ke akun sosial mediamu, dan konsisten. Semoga bermanfaat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend