10 Cara Merawat Hard disk Laptop Agar Awet yang Harus Anda Lakukan!

Bagaimana cara merawat Hard disk laptop agar tetap awet ? Sebelum masuk ke caranya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hard disk laptop dan apa fungsinya.

Hard disk adalah komponen hardware (perangkat keras) untuk mendukung laptop dalam menyediakan ruang untuk menyimpan data-data dari berbagai proses data yang ada di computer.

Biasanya hard disk berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan sebagai tempat data yang disimpan, dan bersifat permanen dalam menyimpan data, meskipun kamu mematikannya. Terkecuali data tersebut kamu hapus secara manual atau hard disk terserang virus maka data tersebut akan hilang.

Hard disk juga memiliki fungsi, umumnya yaitu untuk menyimpan data secara permanen didalam seluruh sector yang terdapat didalam disk yang tersedia baik itu untuk read atau write.

Cara Merawat Hard disk Laptop Agar Awet

Hard disk berbeda dengan RAM yang berguna untuk menyimpan data hanya untuk sementara. Maka kamu harus memiliki hard disk untuk bisa memproses data. Bayangin saja jika laptopmu tidak memiliki hard disk, maka kamu pun tidak bisa menyimpan data dan memprosesnya.

Nah, dilihat dari fungsinya, hard disk sangat berperan besar dari sebuah laptop. maka dari itu kamu harus bisa merawat hard disk dengan baik. Bagaimana caranya ? berikut cara-caranya :

1. Matikan Laptop dengan prosedur yang benar

Shut down

Image : phongvu.vn

Cara pertama untuk merawat hard disk laptop agar awet yaitu dengan mematikan laptop sesuai dengan prosedur yang benar. Memang hal mematikan laptop sangat terdengar klise. Tetapi jika kamu tidak mematikan laptop dengan benar, maka akan membuat hard disk pada laptopmu cepat rusak.

Bayangkan saja ketika laptop kamu sedang menyala, hard disk pada laptop juga bekerja. Dan saat kamu mematikan laptop secara mendadak, tentu hal tersebut akan membuat hard disk tersiksa. Karena pada saat itu juga hard disk sedang memproses atau membaca data program.

Baca Juga: 2 Cara Membatasi Penggunaan Data Internet pada Aplikasi Android

Maka dari itu kamu harus mematikan laptop dengan prosedur yang benar dengan cara mengklik Shut Down. Dan setelah itu jangan langsung menutup laptop dalam keadaan tombol power masih menyala.

Sempatkan diri kamu untuk mematikan laptop dengan benar sebelum berpergian, ya. Itu semua juga demi kebaikan hard disk laptop kamu.

2. Jangan Pernah Menggunakan Laptop di Atas Kasur

cara merawat Hard disk laptop

Image : Cactus Computers

Menggunakan laptop diatas kasur memang sangat membuat nyaman, karena kita juga bisa sambil bermalas-malasan. Tetapi hal ini sangat dilarang karena dapat membuat hard disk kamu cepat rusak.

Hard disk yang dimainkan diatas kasur akan membuat sirkulasi panas pada laptop tidak secara optimal keluar. Dan jika sirkulasi panas pada laptop tidak optimal maka akan mempengaruhi hard disk pada laptop kamu.

Jadi disarankan untuk menggunakan laptop ditempat yang datar seperti meja ataupun dilantai.

3. Jangan Menggunakan Partisi Yang Berlebihan

partisi berlebihan

Image : komputer lamongan

Biasanya hard disk memiliki kapasitas mulai dari 3200 GB keatas. Dan kapasitas tersebut akan dibagi penyimpanannya atau biasa disebut dengan partisi. Contoh kecilnya yaitu pada partisi Disk C dikhususkan untuk system operasi, sedangkan pada Disk D khusus untuk data-data.

Nah, disarankan kamu tidak memiliki jumlah partisi yang banyak. Dan sebaiknya kamu membaginya menjadi 3 partisi saja, jika 2 partisi tersebut kurang. Yaitu kamu dapat membaginya seperti pada Disk C kamu khususkan untuk system operasi, Disk D untuk Data, dan Disk E untuk menyimpan program-program.

Memang menggunakan banyak partisi boleh-boleh saja, tetapi memiliki banyak pratisi akan membuat fragment hard disk terbagi-bagi dalam proses read and write-nya. Maka dari itu kamu dianjurkan untuk menggunakan maksimal 3 partisi saja.

4. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Data

terlalu banyak data

Image : jalan tikus

Cara merawat hard disk laptop agar awet selanjutnya yaitu kamu dengan cara tidak terlalu banyak menyimpan data. Sebaiknya kamu jangan menyimpan data terlalu banyak atau jangan sampai bar penyimpanan hard disk kamu sudah berwarna merah.

Baca Juga: 6 Cara Membedakan PowerBank yang Asli dan Palsu

Karena dengan banyak menyimpan data di hard disk akan membuat hard disk bekerja secara ekstra. Maka dari itu jika kamu sangat membutuhkan untuk menyimpan data-data kamu, sebaiknya kamu membeli hard disk eksternal.

5. Selalu Perhatikan Suhu pada Hard disk

tutorial cara merawat Hard disk laptop

Image : solusiana

Cara selanjutnya untuk merawat hard disk laptop yaitu dengan memperhatian suhu pada hard disk. Jaga hard disk tersebut agar suhunya tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebihan.

Kamu dapat memonitori suhu pada PC menggunakan program seperti HDD Temperature atau PC Wizard.

6. Bersihkan debu pada Hard disk

bersihkan hardisk

Image : bibliotika

Kamu harus rajin untuk membersihkan debu pada laptop kamu. Karena dengan banyaknya debu pada laptop akan membuat kinerja prosessor ataupun hard disk akan melambat.

Dan debu yang menumpuk pada laptop juga berpotensi untuk membuat komponen tersebut rusak. Kamu dapat menggunakan jasa orang lain apabila kamu kesulitan untuk membersihkan debu pada laptop.

7. Defrag Hard disk

defrag hardisk

Image : remo software

Kamu harus melakukan fragmentasi pada hard disk. Mengapa harus begitu ? karena terlalu banyak data didalam hard disk akan membuat kemampuan hard disk menurun.

Untuk membantu kamu melakukan Defrag, kamu bisa memilih defrag bawaan dari Windows. Atau bisa juga menggunakan defragler, ultradefrag, dan lain-lain. Dan sebelum melakukan defrag, kamu harus cek terlebih dahulu fragmentasinya jika sudah diatas 10. Maka kamu bisa melakukan defrag.

Dengan melakukan defrag akan membuat hard disk kamu tidak cepat rusak karena data yang menumpuk terlalu banyak. Dan defrag juga berguna untuk meningkatkan proses pada read and write hard disk.

8. Jangan Sampai Laptop Sering Terguncang

cara merawat Hard disk laptop

Image : youtube

Untuk menjaga hard disk akan tetap awet, sebaiknya kamu menyimpan laptop dengan baik, dan ditempat yang rata tentunya. Hindari dari guncangan pada laptop, karena hal tersebut akan membuat kerusakan pada hard disk. Apalagi jika laptop tersebut sedang menyala tanpa mematikan terlebih dahulu ketika kamu membawanya.

Baca Juga: 2 Cara Mendapatkan Koin LINE Secara Gratis

Karena bisa saja laptop tersebut terjatuh dan guncangan yang terjadi akan membuat hard disk laptop mengalami kerusakan dan bahkan bisa mati total.

9. Hapuslah Data yang Tidak Perlu

hapus data

Image : IDN Times

Hapuslah data yang tidak penting, tetapi tidak cukup hanya menggunakan tombol ‘delete’. Karena ketika kamu menghapus data menggunakan tombol ‘delete’ akan membawa data tersebut ke dalam recycle bin. Dan data yang menumpuk pada recycle bin akan membebani partisi pada hard disk.

Maka kamu harus menekan ‘shift + delete’ pada saat ingin menghapus data. Pilihan tersebut akan menghapus data secara permanen dan tidak akan menumpuk pada recycle bin.

Kamu juga dapat menghapus data-data yang tidak berguna pada log, temporary file, dan lain-lain. Untuk menghapus data tersebut kamu bisa menggunakan disk cleanup.

10. Gunakan Antivirus

cara merawat Hard disk laptop

Image : Lifewire

Banyak virus yang dapat memicu potensi masalah pada hard disk. Maka dari itu kamu harus memasang antivirus demi menjaga kesehatan dan keamanan pada hard disk.

Kamu dapat menggunakan antivirus bawaan dari Windows seperti Windows Defender, atau menggunakan antivirus lainnya.

Itulah 10 cara merawat hard disk laptop agar awet, pastikan gunakan cara diatas untuk membuat laptop kamu lebih baik dan awet ya.

Leave a Reply

Send this to a friend