6 Cara Membedakan PowerBank yang Asli dan Palsu, Sudah Tahu?

Setiap orang pasti memiliki benda kecil tapi sangat bermanfaat yang satu ini. Ya, powerbank! Salah satu benda yang menjadi penyelamat bagi setiap orang yang lagi kehabisan daya baterai di perjalanan ataupun diluar ruangan.

Biasanya powerbank berbentuk kotak atau memanjang sebagai ciri khasnya. Dengan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, maka dari itu banyak orang yang memilih benda ini untuk dapat menolongnya mengisi daya baterai handphone dikala genting sewaktu diluar ruangan.

Banyak varian powerbank yang menawarkan jumlah kapasitas baterai yang lumayan banyak. Mulai dari ribuan mAH sampai dengan puluhan ribu mAH. Kalau sudah begitu kamu tidak perlu ragu lagi untuk beraktivitas di luar ruangan, karena sudah ada penyelamat yang siap menyelematkan baterai handphoneku kapan saja.

Terus bagaimana dengan merk nya ? Merk powerbank apa saja yang bagus dan recommended ? banyak merk powerbank yang recommended dan bagus seperti Xiaomi, Samsung, Robot dan Anker. Semua merk tersebut bagus-bagus dan telah terbukti awet.

Tetapi masyarakat banyak terkecoh dengan beredarnya powerbank palsu. Powerbank palsu ini memang sangat merugikan masyarakat, karena kapasitas dan ketahanan pada powerbank cukup rendah.

Cara Membedakan PowerBank yang Asli dan Palsu

Tidak seperti di kotaknya yang selalu menampilkan puluhan ribu mAH, tetapi ketika di gunakan selama 2 kali ngecharge, eehhh malah abis. Nah, maka dari itu saya membuat artikel bagaimana caranya membedakan powerbank asli dan palsu. Berikut caranya :

1. Perhatikan Kualitas Baterai

cara membedakan powerbank yang asli dan palsu

Image : Bj-Cell

Cara membedakan powerbank asli dan palsu dapat dilihat dari kualitas baterai yang dipakai oleh powerbank. Kamu dapat mengeceknya pada baterai yang ada di powerbank.

Fungsi utama dari powerbank adalah untuk menampung daya listrik dan nantinya akan kita pakai disaat kita membutuhkan mencharge handphone. Nah, dilihat dari fungsinya tersebut maka powerbank juga harus memiliki baterai yang berkualitas tinggi.

Biasanya baterai yang memiliki kualitas yang sangat baik yaitu pada baterai Grade Cell A. Selain baterai Grade Cell A, ada juga baterai dengan merk original dari  LG atau Samsung. Baterai ini biasanya juga dipakai pada powerbank Xiaomi. Dan terdapat tulisan LG atau Samsung di bagian baterainya, dan juga terdapat nomor seri.

Kebanyakan powerbank palsu tidak memakai kualitas baterai yang baik atau biasa kita sebut abal-abal. Karena dikaitkan dengan harga, powerbank palsu jauh lebih murah di bandingkan dengan powerbank asli.

2. Perhatikan Logo Merk dari Powebank

Logo merk

Image : Belanja Keren

Logo merk pada powerbank juga menjadi hal yang sangat penting untuk membedakan powerbank asli dan palsu. Karena powerbank asli selalu menggunakan logo merk dengan kualitas cetak yang sangat baik dan terang.

Tidak seperti powerbank palsu yang beredar di pasaran. Mereka menggunakan kualitas cetak yang kurang berkualitas, sehingga membuat logo pada merk powerbank menjadi luntur dan terkikis. Maka dari itu kamu harus memperhatikan dulu logo pada merk powerbank yang akan kamu beli ya.

3. Perhatikan Garansi Pada Powerbank

Garansi

Image : Blog Riview

Garansi powerbank juga harus dilihat sebelum kamu membeli sebuah powerbank. Karena biasanya powerbank asli memilii garansi resmi langsung dari pembuat merknya. Seperti pada powerbank Samsung, XIaomi dan robot. Mereka memberikan masa garansi selama 6 bulan bahkan ada juga dalam waktu 1 tahun.

Tidak seperti powerbank palsu, mereka tidak akan memberikan kamu garansi apapun, kalaupun ada pasti itu adalah garansi distributor.

4. Perhatikan Lampu Indikator

cara membedakan powerbank yang asli dan palsu

Image : Post belitung

Untuk menandakan apakah powerbank masih ada daya atau tidak, kita dapat mengeceknya dengan memencet tombol power. Maka lampu indicator akan menunjukkan tinggal sisa berapa daya pada powerbank tersebut. dan biasanya lampu indicator pada powerbank berjumlah 4.

Cara untuk menguji apakah powerbank asli atau palsu yaitu kita dapat menekan dan menahan tombol power ketika powerbank sedang di charge. Jika lampu indikator tetap menyala, maka powerbank tersebut adalah palsu. Sedangkan jika lampu indicator mati dan hidup kembali ketika tombol power dilepas, maka itu tandanya powerbank kamu asli.

Dan bentuk dari lampu indicator powerbank biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan lampu indicator powerbank palsu.

5. Perhatikan Port USB

port USB

Image : Droid-KRU

Port USB merupakan tempat untuk mencharge baterai handphone pada saat menggunakan powerbank. Jadi, kehadiran port USB begitu penting dari sebuah powerbank. Biasanya port USB output memiliki 2 port, sedangkan port USB input biasanya hanya memiliki satu.

Kecepatan mencharge pada setiap port USB output memiliki besaran yang berbeda-beda. Adanya yang memiliki kecepatan 2.1 A dan 1 A.

Nah, untuk membedakan powerbank yang asli dan palsu juga bisa dinilai dari port USB-nya lho. Pada port USB powerbank seperti contoh powerbank xiaomi asli memiliki port USB yang sedikit lebih kecil daripada port USB palsu.

Dan pada bagian port USB Input powerbank Xiaomi aslinya berwarna putih sedangkan port USB pada powerbank palsu  berwarna hitam. Pada port USB Output aslinya memiliki warna kecoklatan, sedangkan pada powerbank palsu Port USB Output berwarna putih. .

6. Lihat harga

cara membedakan powerbank yang asli dan palsu

Image : Okezone-Techno

Cara membedakan powerbank yang asli dan palsu yang terakhir yaitu dilihat dari harganya. Disini, banyak para konsumen yang terkecoh dengan harga dari sebuah powerbank.

Biasanya powerbank yang palsu memiliki perbedaan harga jauh dibawah harga powerbank yang asli. Bahkan cenderung tidak masuk akal. Misalnya pada powerbank merk Xiaomi yang dijual berkisar Rp.50.000 dan memiliki kapasitas 20000 mAH.

Nah, disini kelihatan banget kalau powerbank ini palsu. Karena harga biasa dari sebuah powerbank yang memiliki kapasitas 20000 mAH yaitu berkisar Rp.400.000.

Mengapa bisa begitu ? Alasannya klise, Penjual sengaja memanfaatkan brand merk powerbank ternama untuk dipalsukan agar produk mereka laku keras di pasaran. Dan mereka dengan sengaja membuat desain yang hampir mirip dengan aslinya agar konsumen percaya bahwa powerbank tersebut asli.

Dengan harga yang murah tersebut sudah pasti mereka tidak menggunakan kuaitas yang baik, maka dari itu powerbank palsu sering tidak bertahan lama dan cenderung cepat bocor.

Nah, itulah 6 cara membedakan powerbank yang asli dan palsu. Pastikan untuk melakukan cara-cara diatas sebelum kamu membeli powerbank, ya. Agar kamu bisa mendapatkan powerbank yang asli dan lebih awet.

Leave a Reply

Send this to a friend