5 Cara Merawat Headset Agar Lebih Awet dan Tahan Lama, Sudah Tahu?

Menggunakan headset saat mendengarkan lagu, menonton film, video call, bahkan saat menelpon memang menjadi kebiasaan kita. Dengan bentuknya yang simple dan ukurannya yang kecil membuat kita memilih headset sebagai alat yang digunakan setiap hari dan gampang untuk dibawa kemana-mana.

Karena dengan menggunakan headset juga, kita menjadi lebih fokus dan dapat konsentrasi pada apa yang kita kerjakan. Dan juga dapat mendengarkan dengan jelas suara yang dihasilkan. Maka dari itu, merawat headset agar lebih awet menjadi hal yang sangat penting saat ini.

Cara Merawat Headset Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Jangan sampai dengan pemakaian headset yang sembrono membuat headsetmu tidak terpakai lagi. Untuk itu kamu harus melakukan cara-cara dibawah ini untuk merawat headset agar lebih awet.

1. Dekatkan Gadget Kamu Agar Kabel Tidak Akan Tertarik Saat Dipakai

dekatkan gadget

Image : AllExpress

Cara pertama untuk merawat headset agar awet yaitu dengan mendekatkan gadgetmu agar kabelnya tidak akan tertarik saat dipakai. Karena kabel yang tertarik-tarik adalah hal yang sangat sering terjadi yang dapat merusak komponen dalam jack.

Maka dari itu untuk mengurangi terjadinya kabel yang tertarik kamu dapat meletakkan gadgetmu dekat dengan telingamu saat kamu sedang menggunakan headset.

Baca Juga: 10+ Cara Mengetahui Xiaomi Asli atau Palsu Paling Akurat

Kamu juga dapat meletakkan gadgetmu di saku lengan, saku jaket ataupun di saku bajumu. Hindari tertarik paksa kabel headset dalam jarak yang terlalu jauh. Karena dikhawatirkan komponen pada jack akan mudah lepas atau putus.

2. Bersihkan Headset Secara Rutin

cara merawat headset agar awet - bersihan secara rutin

Image : Kotak Game

Untuk merawat headset agar lebih tahan lama selanjutnya yaitu dengan membersihkan headset secara rutin. Kamu dapat menggunakan berbagai cara untuk membersihkan headset.

Contohnya seperti dengan menggunakan sikat gigi, baby oil, minyak kayu putih, cutton buds dan lain sebagainya.

Dengan membersihkan headset menggunakan beberapa cara tersebut, kamu dapat mengeluarkan debu-debu atau kotoran yang menutupi lubang-lubang kecil pada headset. Jadi suara yang dihasilkan akan lebih nyaring dan jelas.

Tetapi kamu harus perlu memperhatikan untuk membersihkan headset harus dengan perlahan dan hati-hati. Jangan sampai komponen yang ada didalam headset tersebut rusak.

3. Gulung kabel dengan benar

Gulung kabel headset

Image : instructables

Kamu sering meletakkan headset secara sembarangan ? sebaiknya kamu harus mengurangi hal tersebut. karena kebiasaan itu akan membuat headset kamu menjadi mudah rusak.

Karena kabel pada headset tersebut akan tertarik ke segala arah dan bahkan bisa membuat kabel terlilit berantakan. Dan akibatnya, kabel dari headset tersebut lepas dan salah satu kepala headset tidak dapat didengarkan.

Maka dari itu kamu harus menjaga headsetmu dengan benar dengan cara menggulungnya secara benar juga. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melilitkan kabel headset pada 3 jari tanganmu dengan poka seperti angka 8. Setelahnya kamu sisakan beberapa bagiannya dan lilitkan pada bagian tengahnya.

Baca Juga: Cara Membalas SMS Otomatis di Android dengan Mudah

Terakhir kamu harus memasukkan ujung dari colokan pada lubang lilitan headset. Dan kamu pun dapat menyimpan headset dengan benar agar headset tersebut dapat awet.

Lebih disarankan untuk kamu menyimpan headset dengan menggunakan kotak yang tak terpakai lagi seperti kotak kemasan atau kotak bekas permen. Jadi jangan pernah lagi kamu menyimpan headset bercampur dengan kabel-kabel yang lain seperti kabel USB, charger laptop, charger handphone dan kabel lainnya. Hal tersebut akan membuat kabel-kabel tersebut saling melilit dan kamu akan kerepotan untuk memisahkannya.

4. Jangan pernah menggunakan volume maksimal

cara merawat headset agar awet - jangan menggunakan volume maksimal

Image : Mashable

Kamu sering memakai headset untuk mendengarkan dengan pengaturan volume yang terlalu keras atau maksimal ? jika kamu sering melakukannya, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini ya.

Karena dengan terlalu sering menggunakan headset dengan volume maksimal akan membuat komponen pada headset menjadi cepat rusak. Dan suara dari headset tidak akan menjadi jernih kembali sama seperti ketika awal kamu membelinya.

Selain membuat suara headset tidak sejernih awalnya, menggunakan headset dengan volume maksimal juga dapat membaut suara pada headsetmu bocor.

Kamu dapat mengeceknya dengan cara mendengar suara headset ketika volumenya dikecilkan, apabila suara pada headset tersebut tidak teredam atau kedengaran dari luar headset maka sudah dipastikan headset tersebut sering kamu dengarkan dengan volume yang sangat keras.

Penggunaan headset dengan suara maksimal juga tidak baik untuk kesehatan telinga kamu. Lebih parahnya lagi kamu akan mengalami penurunan pendengaran ketika mendengar suara yang pelan.

Oleh karena itu mulai sekarang kamu sebaiknya mendengarkan lagu atau menonton film menggunakan pengaturan volume yang biasa saja.

5. Hindarkan Air Dan Mengeringkan Telinga Sebelum Menggunakan Headset

cara merawat headset agar awet

Image : wallpaper abyss

Penyebab utama kerusakan pada benda elektronik yaitu dengan terkena air, kecuali elektronik yang memiliki fitur waterproof ya. Air tersebut akan menyebabkan korslet pada headset kamu jika terkena air.

Dan kamu tanpa sadar juga sering menggunakan headset saat telinga kamu sedang basah. Seperti kamu setelah selesai mandi, cuci muka dan lain-lain. Maka dari itu kamu harus membersihkan telinga kamu terlebih dahulu menggunakan handuk untuk dapat menggunakan headset.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Baterai Handphone Agar Tidak Bocor

Dan jangan sampai headset tersebut terkena air karena akan membuat headset kamu tidak bertahan lama.

Nah, dengan 5 cara merawat headset agar awet diatas kamu dapat menggunakan cara-cara tersebut untuk lebih menjaga dan merawat headset. Hal utama yang harus kamu lakukan yaitu untuk menggulung kabel headset dengan benar, karena dengan meletakkan kabel headset secara sembarangan akan membuat kabel tersebut menjadi terlilit dan susah untuk dikembalikan seperti semula.

Apalagi jika kabel tersebut tertarik yang mengakibatkan komponen didalam kabel tersebut terputus. Maka dari itu kamu harus melakukan penggulungan kabel seperti yang dijelaskan diatas ya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend