Peningkatan Fitur Mode Gelap Chrome di Windows 10

Chrome di Windows 10 Dapatkan Peningkatan Mode Gelap dan Penyesuaian Antivirus

NESABAMEDIA.COMBerkat pembaruan yang dilakukan tim Chromium, kini browser yang menggunakan kode open source tersebut, seperti Microsoft Edge dan Google Chrome bisa berjalan lebih lancar di Windows 10, meski tool antivirus diaktifkan. 

Teknisi Google bernama Bruce Dawson menjelaskan bahwa fungsi tertentu dari browser Chromium mungkin selama ini tidak bekerja dengan benar ketika antivirus di Windows 10 diaktifkan, atau sistem pemindaiannya dikonfigurasi untuk mengunci file baru. 

Masalah ini akan semakin terasa, ketika browser dipasang di drive sistem dan program antivirus telah dikonfigurasikan untuk memindai file baru yang dibuat oleh program pihak ketiga seperti Chrome atau Edge. 

Hasilnya, program antivirus di Windows 10 akan menyebabkan masalah saat menyimpan bookmark Chrome atau file lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, browser berbasis Chromium sekarang akan mencoba mengulangi langkah ReplaceFile yang tidak berjalan dengan seharusnya selama beberapa kali. Sehingga memungkinkan browser untuk membuat salinan cadangan dari file aslinya.

“Kami hanya mengerjakan ini di Windows, karena diharapkan hanya di Windows itu saja masalah-nya muncul. Kami juga memiliki sebuah laporan di mana proses penggantian nama gagal pada beberapa software monitoring dan sepertinya dengan melakukan pengulangan proses, masalah itu bisa diatasi,” kata Dawson menjelaskan.

Pada tanggal 30 Desember kemarin, kode yang digunakan untuk memperbaiki masalah tersebut telah ditambahkan ke Chromium, dan kemungkinan akan dimasukkan dalam pembaruan browser berikutnya.

Dalam penambahan kode baru tersebut, Microsoft juga telah memberikan konfirmasi bahwa pihaknya akan menambahkan fitur mode gelap untuk beberapa halaman yang ada di Google Chromium, termasuk konten video dan menu popup audio. 

Sementara itu, Google juga memperbarui scrollbars untuk bisa menyesuaikan atau mengikuti tema yang digunakan oleh sistem di Windows 10 milik Microsoft, entah itu mode gelap atau terang. Dalam sebuah rilisan resminya, Google mengkonfirmasi bahwa pembaruan Chrome yang akan datang berikutnya, akan mengenalkan dukungan mode gelap untuk beberapa halaman browser. Termasuk juga pada menu latar belakang, warna tulisan dan warna tombol. 

Leave a Reply

Send this to a friend