ChromeOS Pamerkan Peluncuran untuk Macbook dan Windows

ChromeOS Pamerkan Peluncuran untuk Macbook dan Windows

NESABAMEDIA.COM – Setelah sukses meluncurkan akses OS mereka lima bulan lalu, sekarang ChromeOS telah merilis versi Stable 103 dan siap digunakan diperangkat komputer Windows dan MacOS, Sabtu (16/7).

Merilis versi ChromeOs terbaru mereka, beredar kabar juga bahwa Google akan segera merilis versi terbaru dari CloydReady yang terakhir kali diperbaharui pada Desember 2020 lalu, sama halnya dengan ChromeOS Flex pada bulan Februari.

Ini gratis diunduh dan digunakan, mengubah perangkat Mac dan Windows yang tidak mendapatkan perbaharuan sistem operasi, menjadi kembali bisa digunakan dan menikmati layanan Google dan Google Workspace.

Perangkat yang menggunakan ChromeOS akan mendapatkan akses mudah dalam pengorasiannya, di mana dapat diakses tanpa mengganti sistem operasi asli menggunakan Sandboxing, memilih Read-Only OS, perbaharuan sistem, dan masih banyak lagi.

Layanan Google juga dapat diakses dengan mudah, di mana terdapat layanan Chrome Browser, antarmuka yang terbaru, integrasi yang interaktif antara perangkat komputer dan ponsel Android, Google Assitant, Smart Lock, dan layanan Google lainnya.

Menariknya, pengguna yang menggunakan ChromeOS dapat mengunduh aplikasi yang ada di Android ke komputer, dengan tanpa perlu menggunakan VirtualBox. ChromeOS juga telah mengumumkan bahwa mereka telah mendukung di Linux versi terbaru.

Untuk pengguna yang ingin menginstal ChromeOS, dapat memilihnya untuk dijadikan Dual-Boot. Caranya juga dapat menggunakan USB, selayaknya ketika menginstal Bootdi Windows dan Mac.

Google juga telah memberikan informasi, bahwa perangkat yang menggunakan AMD 86-bit juga dapat mendukung ChromeOS. Ini membuat ChromeOS menjadi sistem operasi yang memperluas jangkauan mereka ke semua sistem operasi.

Mempermudah akses untuk setiap pengguna, ChromeOS sangat mudah untuk dipasang serta memiliki buku petunjuk khusus yang dapat diikuti. Pengguna Linux, Mac, dan Windows dapat menggunakan ChromeOS secara gratis dan tidak memerlukan lisensi.

Hingga hari ini, Google menyatakan bahwa mereka telah menerima setidaknya 400 perangkat yang telah memasang ChromeOS Flex. Mereka telah mendapatkan sertifikasi dari berbagai perangkat keras yang terhubung, seperti dukungan integrasi dengan Audio, Internal Display, USB, Webcam, hingga Networkingdengan tanpa hambatan.

“Kami bekerja untuk mendapatkan banyak integrasi dan dukungan dengan ChromeOS setiap harinya. Jika perangkat Anda tidak mendukung integrasi, Anda dapat mencoba kembali menggunakan ChromeOS Flex!” tulis Google.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend