Contoh Aplikasi CMS

10 Contoh Aplikasi CMS Untuk Membuat Situs E-commerce / Pribadi

Kumpulan contoh aplikasi cms untuk membuat situs e-commerce / pribadi yang paling direkomendasikan

NESABAMEDIA.COM – Anda ingin membuat situs web pribadi? Atau ingin membangun situs e-commerce? Jika iya, maka Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk meuwujudkan keinginan Anda tersebut. Aplikasi tersebut dinamakan aplikasi CMS.

Apa itu CMS? CMS (Content Management System) merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang mempunyai fungsi khusus, yaitu untuk memanipulasi ataupun membuat sebuah website secara instan.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi CMS ini Anda tidak perlu membuat situs web dari awal. Anda tidak perlu paham koding atau pemrograman lagi. CMS adalah solusi untuk Anda.

10 Contoh Aplikasi CMS Untuk Membuat Situs E-commerce / Pribadi

Mungkin aplikasi CMS yang paling sering Anda dengar atau yang mungkin Anda ketahui adalah WordPress. Padahal, banyak sekali aplikasi CMS yang bisa Anda gunakan secara gratis dan mudah. Apa sajakah itu?

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi CMS untuk membuat situs e-commerce ataupun situs web pribadi. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. WordPress

WordPress

Rekomendasi aplikasi CMS pertama yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh orang adalah WordPress. Saat ini WordPress merupakan salah satu CMS yang terbaik.

WordPress memiliki sifat open source, sehingga siapapun dapat berkontribusi dalam membuat plugin atau tools pada CMS ini. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan pada CMS ini adalah PHP (Hypertext Preprocessor) dengan menggunakan pengolahan database MySQL.

Penggunaannya yang sangat mudah membuat WordPress menjadi favorit. Bukan hanya dapat digunakan untuk membuat situs E-commerce saja, namun juga dapat Anda gunakan untuk membuat blog pribadi. Proses konfigurasinya pun cukup mudah sehingga sangat cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis.

2. Joomla

Aplikasi CMS Joomla

Aplikasi CMS terbaik selanjutnya yang dapat Anda gunakna adalah Joomla. Joomla merupakan aplikasi CMS yang juga bersifat open source, sehingga siapa saja yang ingin mengembangkannya tentu bisa.

Sama seperti WordPress, Joomla ini juga masih menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database.

Meskipun pengelolaan Joomla tidak semudah WordPress, namun pada kenyataannya di beberapa aspek, Joomla terbukti lebih fleksibel. Joomla juga memberikan penawaran bantuan berbagai bahasa.

Itu artinya Anda tidak perlu lagi menginstal plugin atau ekstensi untuk menambahkan opsi bahasa ke situs Anda. Jika Anda masih pemula tidak perlu khawatir dengan desain tampilan situs, karena Joomla menyediakan berbagai template dan tema yang dapat Anda gunakan secara mudah.

3. Drupal

drupal

Aplikasi CMS berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs e-commerce adalah Drupal. Drupal merupakan salah satu CMS open source terbaik. Meskipun popularitasnya masih jauh dibelakang WordPress dan Joomla, bukan berarti Drupal tidak layak untuk Anda coba.

CMS Drupal ini menawarkan sistem yang sangat fleksibel untuk mengelola custom post type. Drupal juga mampu memberikan kendali tingkat lanjut bagi Anda terhadap user dan permissionnya, bahkan juga dapat menangani situs yang menggunakan berbagai bahasa. Drupal juga dinilai sebagai platform CMS yang lebih aman dibandingkan dengan WordPress dan Joomla.

4. Dotclear

Aplikasi CMS DotClear

Dotclear merupakan salah satu aplikasi CMS yang wajib Anda coba. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, sama seperti WordPress. Meskipun terlihat mudah, tapi fitur yang ditawarkan juga tak kalah seperti aplikasi CMS lainnya.

Aplikasi Dotclear ini memungkinkan Anda untuk menulis situs web dalam bentuk teks, HTML, hingga Wiki syntax sekalipun.

Bahkan Anda juga dapat membuat RSS feed dan juga bisa menambahkan fungsionalitas baru ke situs dengan menginstal plugin dan tema terlebih dulu. Jika Anda ingin membuat situs web yang sederhana, Dotclear adalah aplikasi yang harus Anda gunakan.

5. OpenCart

opencart

Jika Anda membutuhkan CMS yang cocok untuk digunakan membangun UKM atau hanya untuk pribadi, OpenCart merupakaan salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

Dari berbagai jenis CMS website untuk kebutuhan e-commerce, OpenCart menjadi salah satu pilihan yang tepat. CMS OpenCart ini banyak digunakan bagi kalangan personal maupun bagi UKM yang ingin membangun sebuah toko online.

Fitur yang ada di CMS ini juga sudah cukup lengkap, karena CMS ini memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan e-commerce, segala penunjang atau tools untuk berjualan pun sudah tersedia di sini. Bagi kamu yang ingin hal yang simpel dan tidak ribet, CMS ini menjadi solusinya.

6. Typo3

Contoh Aplikasi CMS: Typo3

Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui aplikasi WordPress atau Joomla sebagai platform CMS yang paling banyak digunakan.

Padahal banyak aplikasi CMS lainnya yang memang popularitasnya tidak setenar saingannya. Salah satu aplikasi CMS tersebut adalah Typo3. Aplikasi Typo3 ini memang lebih  didedikasikan untuk website pada level enterprise.

Contohnya seperti membuat sistem manajeman kantor. Memang aplikasi Typo3 ini belum terlalu cocok untuk pengembangan situs web yang sederhana. Aplikasi Typo3 ini memang lebih cocok untuk Anda yang sudah memiliki keahlian dan kemampuan dalam pengembangan web.

7. Serendipity

serendipity

Serendipity merupakan aplikasi CMS yang agak berbeda dari aplikasi sebelumnya yaitu Typo3. Jika Anda mencari aplikasi CMS yang ringan, Serendipity adalah jawabannya. Serendipity ini dapat Anda gunakan untuk membuat situs web yang sederhana seperti blog dan situs web jualan pribadi Anda.

Meskipun aplikasi ini ringan, bukan berarti fitur yang disediakan juga sedikit. Aplikasi Serendipity tetap memberikan performa yang sangat baik karena mempunyai pengaturan caching dinamis bawaan. Bahkan Anda juga dapat menambahkan tema dan plugin yang spesifik untuk, front atau back-end.

8. Moodle

moodle

Aplikasi CMS selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Moodle. Aplikasi CMS yang satu ini mungkin agak berbeda dari CMS lainnya.

Moodle merupakan aplikasi CMS yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan aplikasi E-learning. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk membangun E-learning karena telah disediakan fitur E-learning yang cukup lengkap.

Selain itu juga ada beberapa fitur yang ditawarkan di dalamnya seperti, fitur online test, forum, dan lain sebagainya. Penggunaan dan manajemen aplikasi Moodle ini memang cukup rumit dan sulit. Untuk itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya.

9. Aura CMS

Aura CMS

Aplikasi CMS yang satu ini mungkin masih agak terasa asing, namun Anda wajib berbangga hati. Mengapa? Karena aplikasi ini merupakan aplikasi CMS buatan anak Indonesia. Aplikasi apakah itu?

Aplikasi itu bernama Aura CMS, yang merupakan aplikasi asli buatan anak bangsa. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun atau membuat situs web pribadi ataupun untuk perusahaan.

Namun, sangat disayangkan aplikasi Aura CMS ini masih kurang dukungan dari developer ataupun komunitas yang ada. Padahal, kita seharusnya mendukung karya anak bangsa agar dapat berkembang dan mengalahkan para pesaingnya.

10. Impress Pages

impress pages

Aplikasi CMS terakhir yang dapat Anda coba adalah Impress Pages. Mungkin Anda tidak pernah mendengarnya, namun aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi terbaik dibidang CMS ini. Tampilan antarmukanya yang sederhana dan modern akan memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Anda juga dapat menambahkan ekstensi atau plugin tambahan, seperti maps, tema, dan form pada aplikasi Impress Pages ini. Anda juga cukup melakukan drag and drop builder sehingga proses pembuatan halaman situs web Anda akan menjadi lebih mudah.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 contoh aplikasi CMS untuk membuat E-Commerce atau situs web pribadi. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend