8 Contoh Aplikasi DBMS yang Banyak Digunakan Beserta Kelebihannya

Seperti apa contoh aplikasi DBMS? Sebelum kita membahas mengenai contoh-contohnya, Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian atau definisi dari aplikasi ini.

DBMS adalah singkatan Database Management System yang merupakan sebuah sistem pengorganisasian dan juga sistem pengolahan data komputer. DBMS merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk membangun sebuah basis data dengan berbasis komputerisasi.

DBMS juga digunakan untuk membantu di dalam mengolah dan memelihara data dalam jumlah yang sangat besar. Dengan menggunakan aplikasi ini maka data yang diolah atau dipelihara tersebut tidak sampai mengalami permasalahan atau kekacauan sehingga bisa dimanfaatkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Secara umum perintah yang diberikan dalam aplikasi DBMS ditentukan user. Setidaknya terdapat 2 bahasa pemograman yang digunakan, yaitu:

  • DDL (Data Definition Languaga): Bahasa untuk menggambar desain berbasis data secara menyeluruh.
  • DML (Data Manipulation Language): Bahasa yang digunakan untuk memanipulasi dan juga mengambil data.

Contoh Aplikasi DBMS

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh apa saja yang termasuk ke dalam aplikasi DBMS. Mungkin salah satu aplikasi yang sering Anda gunakan termasuk salah satu aplikasi ini namun tidak Anda sadari.

1. MySQL

Contoh Aplikasi DBMS MySQL

MySQL adalah salah satu aplikasi yang termasuk vendor DBMS yang merupakan salah satu aplikasi umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna data maupun para programmer. Salah satu alasan mengapa MySQL banyak digunakan karena aplikasi ini terkenal sebagai open source atau gratis. Jadi, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun ketika mengunduh maupun juga mengoperasikannya.

MySQL banyak dimanfaatkan oleh perorangan, sekolah, kampus, dan berbagai instansi atau organisasi lainnya. Sebenarnya, konsep yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi DBMS yang lain. Akan tetapi, MySQL hanya digunakan untuk keperluan database dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Beda dengan aplikasi lain seperti Oracle.

2. PostgreSQL

PostgreSQL

Aplikasi yang kedua adalah PostgreSQL yang mungkin tidak banyak orang awam yang mengetahuinya. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi gratis yang langsung mendapatkan dukungan dari lisensi BSD. Meskipun beberapa orang yang baru belajar data masih awam dengan PostgreSQL, namun sebenarnya aplikasi cukup populer dan bisa dikatakan sebagai salah satu diantara aplikasi DBMS populer lainnya.

Salah satu alasan mengapa banyak yang menggunakan PostgreSQL adalah karena fiturnya yang tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga akan memudahkan pengguna atau programmer. Salah satu yang menjadi keunggulannya adalah kemampuannya untuk menyimpan data yang berupa objek geometrik, yakni garis, titik, polygon atau area, dan lain sebagainya.

Di samping itu, PostgreSQL juga menyediakan hal lainnya yakni fitur lainnya yang juga sangat bermanfaat. Diantara fitur tersebut, yakni tabel, dan berbagai objek (rule, view, fungsi, indeks, dan lain-lain).

3. MariaDB

contoh aplikasi DBMS MariaDB

MariDB adalah aplikasi DBSM yang merupakan aplikasi database dari MySQL. Aplikasi ini tercipta melalui inisiatif oleh para pengembang atau developer yang mana sebelumnya mereka menggunakan MySQL. Alasan pembuatan MariaDB adalah karena telah diakuisisinya MySQL oleh pihak Oracle yang membuat produk ini menjadi produk properietary.

Selain itu, MariaDB juga berusaha mempertahankan apa yang telah menjadi API dan kompatibitilas yang sebelumnya sudah dimiliki oleh MySQL. Mengenai manfaat dan berbagai fitur lainnya tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh MySQL maupun aplikasi database pada umumnya.

4. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server

Dari namanya mungkin Anda sudah paham bahwa aplikasi database yang satu ini merupakan buatan Microsoft yang sudah kita ketahui sendiri kualitas dan kapabilitas dari perusahaan tersebut. Seseorang yang sudah tidak asing dengan dunia database tentu tidak akan asing dengan aplikasi ini. Bahkan para penggunanya semakin hari semakin bertambah banyak hingga sampai ke generasi 7.

Microsoft SQL Server memiliki kemampuan dimana ia bisa beroperasi dengan baik di 64 maupun 32 bit. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft SQL Server:

  • Kinerja yang sangat baik pada sistem operasi Windows
  • Memiliki banyak software database
  • Memiliki kemampuan untuk membuat data cluster
  • Tersedianya fitur restore dan recovery data
  • Bisa dimanfaatkan untuk semua kalangan
  • Management password yang tentunya aman dan baik

5. MongoDB

MongoDB

MongoDB merupakan aplikasi database NoSQL yang memiliki format JSON dan merupakan aplikasi berbasis dokumen. Seseorang yang menggunakan MongoDB nantinya data tersebut disimpan di dalam bentuk tabel yang berformat JSON. Biasanya aplikasi ini lebih banyak digunakan oleh mereka yang menggunakan Linux.

Untuk bisa mendapatkannya, Anda tinggal pergi ke internet dan mengetikkan aplikasi ini. Anda bisa mendapatkan aplikasi dengan versi yang sesuai sistem operasi Anda.

6. Microsoft Access

Contoh Aplikasi DBMS Microsoft Access

Microsoft Access juga merupakan aplikasi DBMS yang juga banyak digunakan oleh para programmer atau sejenisnya. Aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi buatan Microsoft yang biasanya digunakan oleh kalangan rumahan maupun juga perusahaan kecil sampai dengan menengah. Anda tidak perlu mendownloadnya secara terpisah karena biasanya aplikasi ini sudah ada ketika Anda menginstall Microsoft Office.

7. Navicat

Navicat

Navicat merupakan aplikasi database yang juga merupakan pengembangan dari MySQL. Jadi, aplikasi ini memiliki fitur dan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan MySQL maupun aplikasi sejenis yang juga berasal dari pengembangan MySQL.

8. Oracle Database

Oracle Database

Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 1977 ini memiliki banyak sekali keunggulan sehingga membuatnya memiliki banyak pengguna. Oracle Dabatase menyediakan berbagai fitur yang lengkap bahkan lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Oracle Database antara lain:

  • Memiliki kemampuan cluster server
  • Multi-Platform
  • Pengolahan data yang tepat dan cepat
  • Manajamen sistem database yang baik
  • Kemampuan flashback yang baik, dan lain-lain

Demikian penjelasan seputar contoh aplikasi DBMS. Aplikasi lain dari DBSM yang juga tidak kalah populer diantaranya: SQLite, DBeaver, IBM DB2, ADABAS, FileMaker, Datacom, Ingres ii, Interbase, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend