5 Contoh Resensi Buku Fiksi, Non Fiksi, Pelajaran, Ilmiah dan Cerita + Strukturnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah resensi? Bagi orang awam, istilah resensi masih terasa asing didengar. Atau bahkan, orang yang sudah pernah mendengar resensi namun tidak mengetahui apa sebenarnya maksud resensi.

Istilah resensi sendiri berasal dari bahasa Belanda “resentie” yang berarti mengulas kembali. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi berarti ulasan sebuah buku. Resensi ini sangat diperlukan bagi kita, sebagai penikmat atau pembaca untuk melihat ulasan orang lain terhadap buku atau karya yang akan dibaca.

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara meresensi sebuah buku beserta contohnya agar Anda dapat lebih memahaminya. Lebih jelasnya, mari simak uraian berikut.

Contoh Resensi Buku

Memang pada dasarnya, kegiatan resensi buku berarti menuliskan ulasan dari buku berdasarkan sudut pandang seseorang. Dengan demikian, bisa jadi pembaca yang satu akan menuliskan resensi yang berbeda atau tidak sama dengan pembaca lainnya. Artinya, resensi ditulis secara murni oleh seseorang tanpa adanya pengaruh dari orang lain.

Walaupun resensi dapat dikatakan sebagai ulasan pribadi, namun penulisan resensi memiliki aturan sendiri, yakni menuliskan unsur-unsur penting yang ada didalam sebuah buku. Unsur-unsur penting itu adalah identitas buku (judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal buku dan nomor edisi), ikhtisar buku, keunggulan dan kekurangan yang terdapat didalamnya.

Agar lebih memahami resensi buku, dibawah ini ada beberapa contoh resensi buku yang bisa Anda jadikan acuan untuk melakukan resensi. Mulai dari resensi buku fiksi, non fiksi, buku pelajaran, buku ilmiah dan juga buku cerita.

1. Contoh Resensi Buku Fiksi

Buku fiksi merupakan buku yang didalamnya menceritakan kejadian yang tidak sebenarnya. Atau dengan kata lain, buku fiksi merupakan buku khayalan atau rekaan yang berasal dari imajinasi penulis. Buku fiksi sendiri ada berbagai jenis dan genre, salah satunya adalah novel. Dibawah ini merupakan contoh resensi buku fiksi, yaitu novel Surat Kecil untuk Tuhan.

contoh resensi buku fiksi

I. Identitas Buku

Nama Buku : Surat Kecil untuk Tuhan
Genre : Novel
Kategori : Perjuangan
Pengarang : Agnes Danovar
Penerbit : Inandra Published
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2008
Cetakan : XIII
Tebal Buku : vii+232 halaman
Nomor Edisi : ISBN 978-979-18346-3-6

II. Ikhtisar Buku

Surat Kecil untuk Tuhan merupakan novel yang diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang gadis dalam melawan penyakit ganas, yaitu Rabdomiosarkona (kanker jaringan lunak). Nama gadis itu adalah Gita Sesa Wanda Cantika atau akrab disapa Keke, mantan artis cilik di era 1998-an.

Dikisahkan bahwa Keke merupakan gadis berusia 12 tahun yang sangat aktif di sekolah. Hingga suatu ketika, Keke baru bangun tidur dan mendapati matanya yang merah dan hidungnya yang berdarah. Orang tuanya segera membawa Keke ke rumah sakit.

Mereka menduga bahwa penyakit yang diderita Keke adalah penyakit flu biasa dan kecapekan karena terlalu aktif dalam olahraga volly. Namun, mereka harus menerima kenyataan disaat dokter memvonis bahwa Keke menderita penyakit kanker ganas yang hanya dapat bertahan hidup dalam hitungan hari. Kanker itu dapat menggerogoti wajah sehingga terlihat semakin buruk.

Meskipun demikian, Keke terlihat bersemangat dalam perjuangannya melawan penyakit. Karena hal itu, orang tua Keke berusaha untuk merahasiakan penyakit yang dideritanya agar tidak diketahui Keke. Namun, akhirnya Keke mengetahui apa sebenarnya penyakit yang dideritanya. Mengetahui hal itu, Keke hanya bisa pasrah atas apa yang dideritanya dan selalu tersenyum kepada siapa saja yang ditemuinya seolah-olah tidak terjadi apa-apa pada dirinya.

Orang tua Keke terus berusaha agar penyakit anaknya disembuhkan. Mulai dari pengobatan alternatif yang dicari ke seluruh Indonesia, walaupun hasilnya masih nihil. Hingga akhirnya, orang tua Keke kembali ke pengobatan medis untuk melakukan saran dari dokter, yaitu melakukan kemoterapi. Keke harus menjalani kemoterapi sebanyak 25 kali hingga Ia dinyatakan sembuh oleh dokter setelah 6 bulan lamanya.

Tuhan masih menunjukkan kebesaran-Nya kepada Keke dengan memberikannya nafas yang panjang dan bisa menikmati kehidupan yang bahagia bersama orangtuanya walaupun hanya sesaat. Keluarga Keke kompak melakukan syukuran karena Keke dinyatakan sembuh dari penyakit kanker.

Akan tetapi, kebahagiaan itu seolah berakhir karena Keke kembali merasakan kanker menghampiri dirinya. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan harus menjalani rawat inap. Keke sempat mengalami koma selama beberapa hari. Di sisi lain, dokter juga menyerah atas penyakit kanker yang diderita Keke, hingga akhirnya Keke menghembuskan nafas terakhirnya setelah Ia berhasil menuliskan surat kecil yang ditujukan untuk Tuhan.

III. Keunggulan Buku

Novel ini mampu membuat pembacanya meneteskan air mata karena kisah perjuangan seorang gadis yang harus berjuang melawan kanker ganas yang terus menggerogoti tubuhnya. Banyak pesan tersirat bagi pembaca untuk terus semangat dalam menjalani kehidupan, baik itu dikala duka ataupun suka.

Karena novel ini diangkat dari kisah nyata, maka terdapat beberapa foto perjuangan Keke dalam melawan kanker ganas beserta sahabat yang selalu mendukungnya hingga menghembuskan nafas terakhirnya.

IV. Kekurangan Buku

Kekurangan pada novel ini hanya terletak dibagian penulisannya, dimana terdapat penulisan kata yang salah dan ada yang sulit dipahami oleh pembaca.

2. Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Pengertian buku non fiksi adalah suatu bentuk karangan yang dibuat berdasarkan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Atau dengan kata lain, non fiksi merupakan karya yang dibuat sesuai dengan kenyataan atau faktual. Beberapa jenis buku non fiksi seperti buku biografi, literatur, motivasi, pendamping dan lainnya. Berikut adalah contoh resensi buku non fiksi.

contoh resensi buku non fiksi

I. Identitas Buku

Nama Buku : Kisah, Perjuangan dan Inspirasi B.J. Habibie
Genre : Motivasi
Kategori : Perjuangan, Kisah Inspirasi
Pengarang : Weda S. Atma
Penerbit : Checklist
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2018
Cetakan : II
Tebal Buku : xii+236 halaman
Nomor Edisi : ISBN 978-602-6763-98-3

II. Ikhtisar Buku

Buku Kisah, Perjuangan dan Inspirasi menceritakan kisah perjalanan kehidupan Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disapa B..J. Habibie, tokoh yang sangat dikagumi baik di Indonesia ataupun di luar negeri karena kejeniusannya dalam menciptakan pesawat terbang dengan konsep ide-ide yang cemerlang.

Selain itu, tokoh dengan berjuta prestasi ini dikenal sebagai presiden ke-3 Republik Indonesia. Walaupun demikian, ada perjuangan yang beliau lakukan untuk mendapatkan pencapaian yang melambung di kancah dunia.

Didalam buku ini, kita akan disuguhkan dengan kisah Habibie sejak kecil, dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia hingga kisah cintanya bersama Ainun.

III. Keunggulan Buku

Buku ini memberikan motivasi, inspirasi bagi pembacanya, khususnya bagi anak muda yang ingin sukses dalam menggapai cita-citanya. Bukan hanya itu, buku ini dilengkapi dengan ucapan-ucapan motivasi yang diungkapkan Habibie dalam berbagai bidang kehidupan, seperti semangat dan optimisme, meniti karir, menaklukkan tantangan, rasa cinta dan sebagainya.

IV. Kekurangan Buku

Sebenarnya, tidak tampak kekurangan dari buku ini. Hanya saja, buku ini berisi tulisan saja tanpa adanya gambar atau foto yang mungkin akan membuat pembaca menjadi lebih bersemangat membacanya.

3. Contoh Resensi Buku Pelajaran

Pastinya, Anda sudah mengetahui buku pelajaran. Sebab, buku pelajaran ini yang digunakan sebagai acuan pembelajaran di sekolah. Berikut contoh resensi buku pelajaran.

contoh resensi buku pelajaran

I. Identitas Buku

Nama Buku : Algoritma Pemrograman Menggunakan C++
Kategori : Pembelajaran
Pengarang : Abdul Kadir Heriyanto
Penerbit : CV. Andi Offset
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2005
Cetakan : I
Tebal Buku : xii+468 halaman
Nomor Edisi : ISBN 979-763-055-2

II. Ikhtisar Buku

Buku Algoritma Pemrograman Menggunakan C++ merupakan buku yang didalamnya berisi materi-materi pembelajaran bagaimana penyusunan algoritma secara umum dan pemrograman komputer menggunakan bahasa C++.

Adapun bahasan pokok yang dipelajari didalamnya, yaitu pengertian algoritma dan pemrogramannya, struktur dasar algoritma, pedoman penyusunan algoritma, dasar pemrograman C dan C++, dan mengenal bebeapa jenis operasi yang umum digunakan dalam pemrograman komputer.

III. Keunggulan Buku

Keunggulan buku ini adalah menjelaskan materi bahasan disertai dengan beberapa contoh yang membantu pebaca untuk mempraktekkannya secara langsung. Selain itu, adanya kumpulan soal beserta jawabannya untuk melatih sampai mana kemampuan Anda di tiap bab yang terdapat didalam buku ini.

IV. Kekurangan Buku

Kekurangan buku ini  terletak pada kesalahan penulisan source code yang mengharuskan pembaca untuk meneliti bagian mana yang salah. Selain itu, masih ada beberapa kata yang digunakan penulis dalam bukunya bersifat tidak baku. Walaupun bukan berfokus pada pelajaran Bahasa Indonesia, namun tetap saja hal ini menjadi bagian yang harus diperhatikan untuk karya berikutnya.

4. Contoh Resensi Buku Ilmiah

Buku ilmiah merupakan buku yang ditulis oleh peneiliti atau pakar mengenai suatu bidang ilmu. Biasanya, buku ini berupa teori yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Dibawah ini contoh resensi dari buku ilmiah.

I. Identitas Buku

Nama Buku : Petunjuk Praktis Pembenihan Ikan Gurami
Kategori : Panduan
Pengarang : H. Kharuman SP dan Khairul Amri, S.Pi, M.Si
Penerbit : PT. Agromedia Pustaka
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2011
Cetakan : I
Tebal Buku : vii+108 halaman
Nomor Edisi : ISBN 979-006-378-4

II. Ikhtisar Buku

Buku Petunjun Pembenihan Ikan Gurami ini memberikan informasi yang lengkap mengenai panduan budi daya ikan gurami. Mulai dari pembuatan kolam, pemijahan, pemeliharaan larva atau benih, pendederan, pembesaran, sistem pengangkutan benih gurami, panen, dan pasca panen.

Selain itu, buku ini juga mengajarkan kepada pembaca yang ingin ikan gurami sebagai ladang usaha, seperti modal yang harus dikeluarkan, biaya operasional hingga pendapatan yang diperoleh per periode. Semua keuntungan dijelaskan secara rinci sehingga pembaca dapat memeproleh gambaran hitungannya.

III. Keunggulan Buku

Buku ini dikemas dengan infromasi yang dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tidak mudah bosan serta dapat mencari sarana dan prasarana yang digunakan dalam pemeliharaan ikan gurami.

IV. Kekurangan Buku

Buku ini masih terdapat kata-kata yang sulit dipahami olh pembaca. Apalagi, jika pembaca hanyalah masyarakat awam yang tidak memahami istilah-istilah asing yang ada didalamnya.

5. Contoh Resensi Buku Cerita

contoh resensi buku cerita

I. Identitas Buku

Nama Buku : Kumpulan Dongeng si Kancil
Kategori : Dongeng
Pengarang : MB. Rahimsyah AR.
Penerbit : Lingkar Media
Kota Terbit : Surakarta
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku : vi+122 halaman

II. Ikhtisar Buku

Buku Kumpulan Dongeng si Kancil merupakan buku yang menceritakan kisah tentang si Kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnya yang cerdik untuk mengelabui binatang lain yang hendak memasangnya, meloloskan diri dari kejahatan biantang lain dan menyelesaikan masalah.

Salah satu contoh cerita kancil adalah ketika kancil hendak menyebrangi sungai yang didalamnya terdapat banyak buaya yang siap menerkam. Namun, dengan kecerdikannya Kancil berhasil mengelabui para buaya dengan menyuruh pasukan buaya untuk berbaris dan dihitung agar membagi rata daging kancil. Padahal, kancil menghitung buaya sebagai media loncatan agar segera sampai ke desa sebrang.

Walaupun terkenal cerdik, bukan berarti Kancil tidak pernah kalah. Dalam cerita Kancil dan Siput, Kancil berhasil dikalahkan oleh siput dalam perlombaan lari. Kancil juga memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah.

III. Keunggulan Buku

Keunggulan buku ini adalah menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang membuat pembacanya tidak mudah bosan. Dengan demikian, buku ni sangat cocok untuk Anda yang ingin membacakan dongeng kepada anak demi meningkatkan daya pikir anak.

IV. Kekurangan Buku

Karena buku ini dikhususkan untuk anak-anak, maka penulis tidak mencantumkan identitasnya didalam buku seperti layaknya buku-buku lain yang meletakkan biografinya di halaman belakang pada buku. Penulis juga tidak menjelaskan secara detail pesan apa yang ingin disampaikannya melalui cerita tersebut. Jadi, Anda sebagai pemabca yang memikirkan sendiri pesan apa yang terkandung didalamnya.

Itulah beberapa contoh resensi beberapa jenis buku yang beredar saat ini. Semoga Anda mampu menjadi resensator yang jujur dan mampu mempertanggungjawabkan ulasan yang telah dibuat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend