Download Belarc Advisor Terbaru

Download Belarc Advisor 9.0

Download Belarc Advisor TerbaruDeveloper: Belarc Advisor
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 4MB



Belarc Advisor memindai komputer anda untuk mengumpulkan data sebelum kemudian mengolahnya dan menyajikannya sebagai laporan. Di dalam laporan tersebut, anda bisa melihat informasi mengenai komputer anda secara mendetail yang meliputi komponen-komponen komputer, sistem operasi, semua software yang terinstall beserta lisensinya, serta informasi lainnya yang masih ada kaitannya dengan software.

Membuat laporan yang memuat spesifikasi komputer secara mendetail sering dilakukan dalam lingkup organisasi untuk keperluan inventarisasi dan maintenance, tapi pembuatan laporan ini juga bisa bermanfaat untuk pengguna rumahan, misalnya untuk keperluan upgrade atau untuk mengganti komponen komputer yang rusak.

Fitur Belarc Advisor

Download Belarc Advisor Terbaru

Tampilan Belarc Advisor Terbaru

Belarc Advisor dapat dijalankan tanpa atau dengan hak admin. Akan tetapi, jika anda menjalankannya tanpa hak admin, maka laporan yang dihasilkan dari hasil analisis yang dilakukan oleh Belarc Advisor tidak akan lengkap. Pasalnya, beberapa bagian di dalam sistem membutuhkan hak admin untuk diakses.

Pembuatan laporan membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Setelah pembuatannya selesai, laporan akan terbuka secara otomatis di dalam browser anda. Laporan tersebut relatif mudah dibaca karena informasi didalamnya disusun dalam beberapa bagian.

Bagian pertama dari laporan tersebut menyajikan rangkuman informasi seputar sistem operasi dan spesifikasi komponen komputer seperti motherboard, prosesor, drive, memori, printer, monitor, dan lain-lain. Keterangan untuk masing-masing komponen cukup lengkap. Jika anda melihat informasi seputar memori di dalam laporan tersebut, anda bisa mengetahui kapasitas total memori, jumlah slot memori, serta kapasitas memori yang ada pada setiap slot.

Di dalam laporan tercantum pula sebuah daftar berisi nama-nama software pihak ketiga yang anda install dan nama-nama software bawaan Windows seperti Edge, Paint 3D, Groove, dan sebagainya. Yang ditampilkan hanya nama software beserta versinya, sedangkan ukuran file masing-masing software hanya bisa dilihat dengan menempatkan kursor mouse di sebelah namanya. Dalam hal ini, software lain seperti Hibit Uninstaller dan Geek Uninstaller mampu menyajikan informasi yang sama secara lebih jelas.

Informasi lain yang juga bisa anda peroleh dari laporan tersebut adalah nama setiap akun pengguna di dalam Windows.  Aktivitas login juga dicatat sehingga anda bisa mengetahui siapa saja yang login ke komputer dalam kurun waktu tertentu. Bahkan anda pun dapat mengetahui USB drive apa saja yang dikoneksikan ke komputer.

Download Belarc Advisor Terbaru

Belarc Advisor tidak menyediakan opsi untuk menyimpan laporan, tapi anda bisa menyimpannya dalam format HTML melalui browser anda. Caranya tergantung dari browser yang anda gunakan.

Jika yang anda pakai adalah Google Chrome, caranya yaitu dengan melakukan klik kanan pada halaman laporan, lalu memilih opsi Save As. Cara lainnya yaitu dengan memilih opsi Print, lalu mencetak laporan tersebut atau menyimpannya sebagai dokumen PDF. Download Belarc Advisor terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend