Download Bijoy Bayanno Terbaru

Download Bijoy Bayanno (Free Download)

Download Bijoy Bayanno Terbaru Developer: Bijoy Bayanno
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 5MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteloadingLoading...


Ada banyak bahasa di berbagai negara yang menggunakan alfabet Latin, termasuk bahasa Indonesia dan Inggris. Keyboard QWERTY yang anda gunakan untuk mengetik di komputer pun menggunakan alfabet yang sama. Lalu di mana masalahnya?

Masalahnya mulai terasa ketika anda hendak mengetik dalam bahasa lain yang tidak menggunakan alfabet latin. Contohnya adalah bahasa Bengali yang merupakan bahasa resmi negara Bangladesh. Untuk mengetik dalam bahasa tersebut, anda harus membeli keyboard yang mendukung bahasa Bengali, atau setidaknya menggunakan software Bijoy Bayanno.

Fitur dan Kegunaan Bijoy Bayanno

Bijoy Bayanno adalah software yang memungkinkan anda untuk mengetik dalam bahasa Bengali meskipun keyboard yang anda gunakan bukan keyboard Bengali. Saat dijalankan, Bijoy Bayanno mengkonsumsi memori sebesar 21 MB.

Bijoy Bayanno

Bijoy Bayanno di Microsoft Word

Menu pergantian bahasa

Bijoy Bayanno tampil dalam bentuk toolbar kecil yang didalamnya memuat bahasa Inggris dan Bengali. Anda bisa berganti bahasa kapan saja dengan mengklik menu drop-down, lalu memilih bahasa yang hendak anda gunakan untuk mengetik. Anda juga bisa mengklik icon di samping menu drop-down jika anda ingin lebih cepat dalam mengganti bahasa.

Keyboard shortcut

Bahasa juga bisa dirubah dengan menggunakan keyboard shortcut, yaitu Shift + Alt + B. Jika anda ingin kembali menggunakan abjad latin, tekan kembali shortcut tersebut. Keyboard shortcut ini tidak bisa anda ganti. Suka atau tidak, keyboard shortcut inilah yang harus anda gunakan setiap kali ingin menggunakan bahasa Bengali jika anda tidak ingin melakukannya melalui toolbar.

Opsi pemindahan toolbar ke area notifikasi

Toolbar Bijoy Bayanno terletak di bagian atas dan selalu tampil di depan setiap jendela software. Ukurannya yang kecil (hanya sekitar 6,8 cm) membuat tampilan toolbar tersebut tidak terasa mengganggu, kecuali jika anda menggunakan editor yang menunya terletak paling atas sehingga terhalang oleh toolbar. Jika anda merasa terganggu, toolbar tersebut bisa dipindahkan ke area notifikasi pada taskbar.

Bijoy Bayanno gratis untuk digunakan, tapi anda tetap harus memasukkan activation key untuk menggunakannya. Activation key ini sudah disertakan di dalam paket instalasi Bijoy Bayanno dalam format .txt.

Download Bijoy Bayanno Terbaru

Saat instalasinya berlangsung, akan muncul jendela aktivasi yang mengharuskan anda untuk memasukkan activation key. Setelah itu anda bisa menjalankan Bijoy Bayanno untuk mengetik dalam bahasa Bengali di Microsoft Word, LibreOffice Writer, Adobe Photoshop, atau editor lainnya.

Sebelum mulai mengetik, barangkali anda perlu mampir sejenak ke bagian startup terlebih dahulu melalui jendela Task Manager di Windows 10 atau melalui jendela System Configuration di Windows 7. Hilangkan tanda centang pada Bijoy Bayanno di dalam daftar startup tersebut jika anda tidak ingin Windows menjalankannya secara otomatis setiap kali anda menghidupkan komputer.

Selanjutnya anda akan diminta untuk restart komputer, tapi anda bisa menundanya sampai pekerjaan anda selesai. Download Bijoy Bayanno terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend