Download Camtasia Terbaru

Download Camtasia 2019.0.6

Download Camtasia TerbaruDeveloper: TechSmith
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 500MB



Camtasia adalah software multimedia untuk merekam layar desktop yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mengedit video. Suara dari komputer dan mikrofon sama-sama bisa direkam. Begitu pula hanya dengan video yang berasal dari webcam yang tersambung dengan komputer.

Camtasia merupakan salah satu produk unggulan dari TechSmith yang popularitasnya tidak kalah dengan Snagit. Software ini tersedia baik untuk Windows maupun Mac. Ukuran file installernya cukup besar, yaitu sekitar 484MB. Meskipun demikian, banyak yang memilih untuk menggunakannya karena fiturnya yang lengkap.

Fitur dan Kegunaan Camtasia

Download Camtasia Terbaru

Tampilan Camtasia Terbaru

Camtasia memungkinkan anda untuk merekam seluruh layar atau hanya terbatas pada area tertentu dengan menentukan lebar dan tinggi area tersebut. Area perekaman juga bisa ditentukan dengan memilih opsi Custom. Selain layar monitor, webcam juga direkam dalam waktu yang bersamaan. Begitu pula halnya dengan audio. Secara default suara mikrofon dan suara yang dihasilkan oleh internal soundcard juga direkam secara serentak.

Setelah selesai merekam, hasil perekaman bisa langsung diedit karena Camtasia juga memiliki fitur-fitur pengeditan video. Video yang dapat diedit tidak hanya terbatas pada hasil perekaman layar dan webcam. Video yang sudah ada pun juga dapat dimasukkan ke dalam Camtasia untuk diedit, termasuk diantaranya video-video 60 FPS atau video yang memiliki resolusi 4K. File multimedia lain juga dapat ditambahkan seperti audio dan foto.

Beberapa efek visual bisa ditambahkan pada video saat proses editing tengah berjalan. Misalnya seperti efek pembesaran yang dikenal dengan istilah Pan and Zoom atau Ken Burns Effect. Selain itu juga ada berbagai efek transisi yang bisa ditambahkan pada awal dan akhir video. Beberapa diantaranya yaitu ripple, radial blur, cube rotate, circle stretch, page turn, dan lain-lain.

Anda juga bisa menerapkan efek blur pada wajah atau obyek lain yang sekiranya ingin disembunyikan. Di sisi lain, fitur anotasi seperti panah, callout, shape, highlight, line, juga tersedia untuk menandai bagian-bagian yang penting atau untuk memberi informasi tambahan pada video.

Download Camtasia Terbaru

Berbagai obyek multimedia juga bisa ditambahkan pada video seperti intro musik, frame,  background, icon, gambar dan sebagainya. Jika ada beberapa obyek yang selalu ditambahkan setiap kali mengedit video, obyek-obyek tersebut dapat dimasukkan ke dalam Library sebagai aset agar lebih mudah diakses. Selain menambahkan file milik anda sendiri, anda juga bisa mengunduh aset-aset multimedia yang disediakan oleh Techsmith. Beberapa di antara aset tersebut tersedia secara gratis, sedangkan yang lainnya termasuk dalam konten premium.

Mengenai mudah tidaknya Camtasia tentunya kembali kepada masing-masing pengguna. Yang sudah sering mengedit video pasti cepat menguasai semua fiturnya, sedangkan yang masih pemula butuh waktu untuk mempelajarinya. Tapi jika dibandingkan dengan Adobe Photoshop, Camtasia relatif lebih mudah untuk digunakan. Download Camtasia terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend