Download KeyTweak Terbaru

Download KeyTweak (Update 2021)

Download KeyTweak Terbaru Developer: Travis Krumsick’s
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 300KB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



Caps Lock adalah salah satu tombol keyboard yang cukup sering menjadi korban salah tekan. Biasanya ketidaksengajaan ini terjadi ketika pengguna hendak menekan tombol huruf A atau Shift.

Supaya tidak terjadi lagi, tombol Caps Lock harus dimatikan atau diganti menjadi tombol lain, misalnya menjadi tombol Ctrl sehingga bisa dimanfaatkan sebagai hotkey seperti Ctrl + F1, Ctrl + F2, dan seterusnya. Untuk keperluan inilah Travis Krumsick mengembangkan sebuah software yang dinamakan KeyTweak.

KeyTweak adalah sebuah keyboard remapper yang mempermudah pengeditan fungsionalitas tombol-tombol keyboard sehingga anda tidak perlu lagi berurusan secara langsung dengan registry.

Fitur-Fitur KeyTweak

Apa Itu KeyTweak?

KeyTweak menggunakan sebuah keyboard virtual yang berfungsi sebagai pemandu visual. Model keyboard yang digunakan adalah keyboard standar Amerika Serikat yang tersusun dari 104 tombol.

Setiap tombol pada keyboard tersebut menampilkan sebuah nomor seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Jika anda ingin melihat deskripsi masing-masing tombol, anda harus mengarahkan kursor mouse ke setiap tombol. Nantinya deskripsi setiap tombol akan muncul dalam bentuk tooltip.

Untuk menonaktifkan sebuah tombol atau mengganti fungsinya, anda harus mencari dan mengklik tombol tersebut pada keyboard virtual. Setelah diklik, informasi mengenai fungsi tombol tersebut akan ditampilkan. Jika yang anda klik adalah tombol Caps Lock, maka informasi yang muncul adalah “Key selected 30 is currently mapped to Caps Lock”.

Selanjutnya, pada bagian “Choose New Remapping”, tersedia sebuah daftar untuk mengganti fungsi tombol keyboard. Jika anda memilih Print Screen dari daftar tersebut, maka tombol Caps Lock akan berubah fungsinya menjadi tombol untuk mengambil screenshot dalam mode fullscreen.

Sedangkan untuk menonaktifkan tombol keyboard supaya tidak memunculkan huruf, angka, atau karakter lainnya ketika tombol tersebut ditekan atau tertekan, klik pada tombol keyboard yang anda inginkan pada keyboard virtual, lalu cari dan klik tombol “Disable Key”.

Setelah anda menonaktifkan atau merubah fungsi tombol keyboard, KeyTweak tidak akan langsung mengaplikasikan perubahan tersebut. Setiap perubahan yang anda buat akan ditampung terlebih dahulu di dalam kolom “Pending Changes” sampai anda mengklik tombol Apply. Ini artinya anda bisa merubah beberapa tombol keyboard secara serentak.

Download KeyTweak Terbaru

KeyTweak memiliki Full Teach Mode dan Half Teach Mode yang ditujukan untuk menuntun pengguna dalam memakai KeyTweak untuk merubah fungsi tombol keyboard. Akan tetapi, sepertinya kedua mode tersebut dibuat tidak dari sudut pandang pengguna awam sehingga sebagian pengguna mungkin malah akan bertambah bingung setelah mencoba keduanya.

KeyTweak harus diinstall untuk menggunakannya. Jika anda ingin software serupa yang tidak perlu diinstall, coba saja SharpKeys yang juga pernah kami bahas sebelumnya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kekurangan SharpKeys adalah tidak tersedianya keyboard virtual seperti yang disediakan oleh KeyTweak. Download KeyTweak terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend