Download MyDefrag Terbaru

Download MyDefrag Terbaru 2022 (Free Download)

Download MyDefrag Terbaru Developer: J C Kessels
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...


Fragmentasi file di dalam HDD adalah salah satu risiko yang harus dihadapi oleh para pengguna komputer. Meskipun HDD di masa kini sudah jauh lebih cepat daripada dulu, fragmentasi file masih tetap terjadi. Maka dari itu, defragmentasi menjadi rutinitas yang wajib dilakukan untuk memulihkan kinerjanya seperti semula.

MyDefrag adalah software pihak ketiga yang sanggup merapikan file-file di dalam HDD yang terfragmentasi sekaligus meningkatkan performa HDD dalam mengakses file-file tersebut. Dulu software ini sempat dinamakan JkDefrag sebelum akhirnya diganti menjadi MyDefrag.

Cara Kerja dan Fitur-Fitur MyDefrag

Apa Itu MyDefrag?

Setiap kali anda menyimpan file, HDD meletakkan file tersebut ke dalam sektor-sektor kosong yang letaknya tidak selalu berdekatan. Akibatnya, penempatan file di dalam HDD semakin lama menjadi semakin berantakan.

Cara kerja MyDefrag pada dasarnya sama seperti defragmenter lainnya, yaitu merapatkan potongan-potongan file tersebut yang berserakan di sekujur permukaan HDD. Yang membuat MyDefrag agak berbeda adalah anda bisa menggunakan script untuk mengatur bagaimana seharusnya defragmentasi dilakukan.

Ada sejumlah script yang sudah tersedia di dalam MyDefrag. Setelah memilih script, pilih partisi HDD yang hendak diproses, lalu klik tombol Run untuk menjalankan script.

Kumpulan script tersebut memungkinkan MyDefrag untuk menempatkan file-file yang berserakan ke dalam lokasi-lokasi yang disebut zona. File-file yang paling sering dipakai dapat dipindahkan ke zona pertama yang merupakan lokasi yang paling optimal, sedangkan file-file lainnya bisa diletakkan secara berdampingan di dalam zona kedua, zona ketiga, dan seterusnya.

Beberapa script yang sudah siap pakai tersebut antara lain script untuk menganalisis seberapa parahnya tingkat fragmentasi yang terjadi, script untuk melakukan defragmentasi secara periodik (harian, mingguan, atau bulanan), dan script untuk memindahkan file-file ke track hard disk yang paling luar.

Script untuk defragmentasi secara periodik dapat diterapkan pada disk sistem atau disk data. Disk sistem adalah bagian dari piringan HDD yang menjadi lokasi penyimpanan sistem, yaitu partisi C:, sedangkan disk data adalah semua partisi data yang tidak memuat sistem operasi Windows.

Download MyDefrag Terbaru

Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan defragmentasi tergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah jadwal defragmentasi yang anda pilih. Defragmentasi yang dijalankan setiap hari akan berlangsung dengan cepat tapi tidak intens. Proses defragmentasi yang paling lama dan paling mendetail adalah defragmentasi yang dilakukan satu kali setiap bulan.

Selain menggunakan script bawaan yang disediakan MyDefrag, anda juga bisa membuat script sendiri, misalnya membuat script untuk memindahkan file-file game ke segmen hard disk yang paling cepat diakses, menentukan apa yang harus dilakukan MyDefrag ketika laptop tidak sedang menggunakan daya listrik sebagai sumber dayanya, mengatur prioritas CPU untuk menjalankan proses defragmentasi, dan sebagainya. Download MyDefrag terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend