Download NextCloud 2.5.3

Download NextCloud Terbaru Developer: NextCloud
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 120MB


NextCloud merupakan software open source untuk cloud storage. Di website resminya tersedia beberapa provider yang menyediakan layanan cloud storage. Masing-masing provider tersebut menawarkan penyimpanan online gratis dengan kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas penyimpanan yang paling rendah adalah 2 GB seperti yang disediakan oleh The Good Cloud, sedangkan yang paling besar adalah 10 GB oleh CloudFiles.

Saat memilih, selain kapasitas penyimpanan yang ditawarkan, anda juga harus mempertimbangkan fasilitas yang tersedia pada masing-masing provider. Contohnya seperti Web Hosting. Kapasitas penyimpanan gratisnya lebih sedikit daripada CloudFiles, yaitu 5 GB, tapi fiturnya paling lengkap mulai dari calendar, email, notes, bookmark hingga password manager.

Jika anda bingung dalam menentukan pilihan, anda bisa mendaftar ke lebih dari satu provider. Masing-masing layanan dapat anda atur secara terpisah melalui jendela utama NextCloud.

Fitur dan Keunggulan NextCloud

Download NextCloud Terbaru

Tampilan NextCloud Terbaru

Pada dasarnya cara kerja NextCloud sama seperti cara kerja Dropbox dan Google Drive. Perbedaannya, software Dropbox hanya bisa digunakan untuk layanan Dropbox dan Google Drive hanya untuk Google, sedangkan NextCloud dapat mengunggah dan menyinkronkan file dengan beberapa provider sekaligus.

Untuk menggunakan layanan beberapa provider, anda tidak bisa mendaftar ke semua provider sekaligus. Anda harus melakukan pendaftaran satu-persatu secara bergantian. Pendaftaran bisa dilakukan melalui jendela utama NextCloud atau melalui situs resmi NextCloud.

Setiap pendaftaran perlu dikonfirmasi melalui email terlebih dulu sebelum menggunakan layanan terkait. Setelah itu anda harus membuat folder baru di dalam File Explorer untuk menampung seluruh folder dan file yang hendak disinkronkan. Pada tahap ini anda sudah bisa memilih folder untuk disinkronkan dan mengatur sinkronisasi. Secara default akan muncul pesan yang meminta konfirmasi untuk menyinkronkan folder yang berukuran lebih dari 500 MB.

Di dalam software NextCloud, setiap provider dimuat di dalam panel tersendiri. Anda bisa login dan logout setiap provider secara terpisah. Pada setiap panel juga terdapat informasi mengenai jumlah total kapasitas dan jumlah kapasitas yang sudah terpakai.

Sedangkan untuk sinkronisasi, pengaturannya lebih mendetail. Sinkronisasi bisa dihentikan dan dilanjutkan untuk satu folder, beberapa folder, semua folder, satu akun atau semua akun provider secara serentak. Pause dan resume sinkronisasi ini dilakukan melalui icon NextCloud di system tray.

Download NextCloud Terbaru

Setiap file dan folder juga dapat dishare. Untuk melakukannya anda harus membuka folder NextCloud di dalam File Explorer, mengklik kanan subfolder atau file yang ingin di share, kemudian mengatur hak akses file tersebut sebelum akhirnya dibagikan dengan teman anda.

File yang hendak dibagikan dapat dilindungi dengan password, diatur agar hanya berlaku sampai tanggal tertentu (expiration date), dan diproteksi agar tidak dapat diedit. Semua pilihan ini ada di dalam kotak dialog Share. Download NextCloud terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend