Download Qt Creator 4.10.1

Download Qt Creator Developer: The Qt Company
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 160MB


Qt dibuat oleh perusahaan berbasis teknologi digital asal Norwegia berjudul Trolltech. Menurut para pengembang-pengembang Qt di Trolltech, sebutan Qt diucapkan sebagai “cute”. Mungkin ini terjadi agar mudah berkesan dan diingat.

Qt Creator adalah IDE cross-platform untuk pengembangan / developing aplikasi untuk platform desktop dan mobile. Qt Creator tersedia untuk platform Windows, Linux, dan Mac OS X. Pada aplikasi Qt Creator ini disediakan tools untuk merancang dan mengembangkan program aplikasi dengan memanfaatkan framework Qt. Workspace / area kerja Qt Creator menyediakan tools mulai dari project hingga proses ekspor ke berbagai pilihan platform.

Kelebihan Qt Creator adalah kabapilitasnya untuk digunakan bersama-sama secara multi-user dalam sebuah tim, walaupun tiap personal tim mungkin menggunakan platform yang berbeda-beda. Namun, tool dan debuggingnya sama, inilah kelebihan Qt Creator dibandingkan IDE developer lainnya. Misalnya, sebuah project aplikasi berbasis Qt menggunakan Qt Creator, dikerjakan oleh user Linux dan user Windows, keduanya dapat saling berkolaborasi.

Kegunaan Qt Creator

Download Qt Creator

Jika Anda seorang programmer, Anda tidak akan asing dengan istilah IDE. IDE adalah akronim dari Integrated Development Environment, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pemaknaannya akan sedikit lucu. Namun, pada intinya, fungsi IDE yaitu sebagai workspace bagi programer untuk membuat / merancang sebuah aplikasi. Bila Anda pernah mendengar istilah NetBeans, Visual Basic, Visual C++, VB.NET, Eclipse, Android Studio, dan sebagainya, pada dasarnya konsepnya sama. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita disediakan sebuah ruang kerja dan peralatan (tools) untuk membangun sebuah aplikasi, ruang kerja tersebut disebut IDE.

Ketika memulai project dengan Qt Creator, kita akan diberikan pilihan user interface, apakah akan menggunakan Qt Quick atau Qt Widgets. Dalam penggunaan bahasa pemrograman kita diberikan pilihan apakah menggunakan C++ atau Javascript. Selanjutnya melalui wizard, kita akan diarahkan kepada langkah-langkah mengenai proses pembuatan project. Pada tahap wizard ini, kita akan melakukan setting dan membuat file-file yang diperlukan sebelum mulai mengerjakan project.

Awalnya, Qt dikenal sebagai pondasi penyusun sistem dan interface KDE, sebuah graphic user interface yang populer di platform Linux. Qt saat ini dikenal sebagai sebuah toolkit untuk mengembangkan aplikasi yang bersifat cross-platform. Anda bisa menggunakan Qt Creator pada Windows, Linux, maupun Mac OS X. Qt Creator menyediakan dukungan untuk akses ke database, XML, dan penanganan file.

Qt Creator dirilis oleh Trolltech untuk tiga (3) versi platform, Qt/X11 untuk Linux, Qt/Mac untuk platform Mac OS X, dan Qt/Windows untuk platform Windows. Bagi tiap-tiap versi platform masing-masing masih dibagi lagi menjadi empat (4) edisi, yaitu sebagai berikut.

1. Qt Console, untuk aplikasi non-GUI;
2. Qt Desktop Light, untuk aplikasi GUI (minimum);
3. Qt Desktop, edisi lengkap; dan
4. Qt Open Source Edition, edisi lengkap bersifat open-source.

Tiga (3) edisi pertama adalah edisi proprietary dan dirilis dengan lisensi berbayar / komersil. Sedang edisi keempat adalah edisi open source dengan lisensi GPL (General Public License). Qt edisi open-source hanya dapat digunakan untuk development aplikasi open source yang akan dirilis dengan lisensi GPL. Untuk development aplikasi menggunakan Qt Creator yang tidak termasuk edisi open-source, diperlukan lisensi berbayar / komersil dari Trolltech.

Download Qt Creator Terbaru

Qt Creator merupakan solusi bagi programmer dan developer perangkat lunak yang ingin mengembangkan aplikasi lintas-platform / cross-platform (Windows, Linux, dan Mac OS X).

Qt Creator sangat fleksibel digunakan untuk sebuah tim deveplopment software yang besar, dimana masing-masing personel timnya memiliki kecenderungan pada pilihan sistem operasi yang berbeda-beda. Download Qt Creator terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend