Download WinBox Terbaru

Download WinBox 3.28

Download WinBox Terbaru Developer: MikroTik
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB



WinBox adalah software portabel berbasis GUI untuk mengakses dan mengatur konfigurasi MikroTik RouterOS. Lisensinya yang gratis, GUI yang diusungnya, serta aspek portabilitas yang dimilikinya, membuat WinBox menjadi sarana remote access yang sangat populer.

Yang bisa menikmati kelebihan-kelebihan WinBox bukan hanya pengguna Windows. Dengan bantuan Wine, pengguna Linux dan Mac juga dapat memanfaatkan fungsionalitas WinBox.

Fitur-Fitur WinBox

Apa Itu WinBox?

Safe Mode

Saat mengatur router, kesalahan bisa saja terjadi yang mengakibatkan router mengalami gangguan atau bahkan mengakibatkan terputusnya koneksi ke router hingga tidak bisa diakses lagi secara remote. Situasi ini sangat merepotkan apabila router berada di lokasi yang terlalu jauh. Untuk mengantisipasinya, anda bisa mengaktifkan Safe Mode sebelum mengutak-atik router.

Safe Mode dapat mengembalikan konfigurasi router ke kondisi semula (kondisi sebelum Safe Mode diaktifkan) ketika koneksi router terputus akibat kesalahan teknis. Setelah anda menemukan konfigurasi yang tepat, Safe Mode bisa anda matikan untuk menyimpan konfigurasi tersebut secara permanen.

Backup dan Restore

Di dalam WinBox, ada fitur backup yang bisa diakses melalui menu File. Yang menjadi sasaran backup adalah konfigurasi router. Demi keamanan, file backup dapat diberi password dan dienkripsi.

Selain untuk mengembalikan konfigurasi router yang hilang dan untuk mengimplementasikan konfigurasi pada router lain yang seri dan tipenya identik, file backup juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah password yang terlupa.

Mengenai lokasi penyimpanan file backup, ada tiga pilihan. Disimpan di dalam ruang penyimpanan internal yang ada pada router, disimpan di cloud storage, atau disimpan di dalam HDD komputer.

Export dan Import

Misalkan saja anda membeli sebuah router baru yang modelnya berbeda dengan router lama. Daripada mengatur konfigurasinya dari nol, anda bisa mengaplikasikan konfigurasi router yang sudah ada pada router baru tersebut.

Caranya yaitu dengan menggunakan fitur Export dan Import yang tersedia di dalam WinBox. Anda ambil konfigurasi router yang sudah ada melalui perintah Export, edit hasil export untuk disesuaikan dengan router baru, lalu transfer hasil export ke router baru dengan menggunakan perintah Import.

Dashboard

Sejumlah informasi terkait dengan router dapat ditampilkan di bagian dashboard. Diantaranya adalah informasi yang menunjukkan waktu, penggunaan CPU, konsumsi RAM, dan Uptime (seberapa lama router sudah dinyalakan).

Download WinBox Terbaru

Melalui WinBox, file bisa ditambahkan ke router dan bisa diambil dari router. Tinggal tekan tombol upload atau download sesuai dengan keperluan. Tidak seperti dulu yang harus mengandalkan software FTP.

Banyak yang bisa anda lakukan dengan menggunakan WinBox seperti mengecek kondisi web server, memblokir website, membuat hotspot, mengakses log, memantau lalu lintas data, mengecek bandwidth, menganalisis paket-paket data yang melintas, dan lain-lain. Semua kemampuannya tersebut menjadikan WinBox sebagai software favorit untuk mengatur router. Download WinBox terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend