Fitur Terbaik dan Peningkatan Windows 10X

Fitur Terbaik dan Peningkatan Yang Akan Ada di Windows 10X

NESABAMEDIA.COMWindows 10X akhirnya telah masuk tahap final, dan Microsoft pun tengah bersiap mengirimkannya untuk diproduksi oleh pabrikan perangkat.

Saat ini, hitung mundur kehadiran Windows 10X tengah berjalan, dan dijadwalkan akan hadir di pasaran setidaknya pada awal tahun 2021. Beberapa pabrikan yang sudah mengkonfirmasi adalah HP, Dell, hingga Lenovo. Jika anda berencana untuk membeli perangkat Windows 10X, ada beberapa fitur dan peningkatan yang mungkin harus anda ketahui, sebelum memberikan keputusan final.

Windows 10X Setup Screen

Windows 10X Setup Screen

Layar Pengaturan Baru

Tampilan antarmuka dari layar pengaturan saat pengguna pertama kali memasang Windows 10X, akan tampak lebih bersih, rapi dan tenang. Cortana tidak akan muncul dan memberikan rekomendasi yang justru bikin pengguna terganggu, seperti yang ada di Windows 10. Namun kebijakan ini mungkin bisa saja berubah nantinya.

Launcher Start Menu

Pada Windows 10X, perubahan paling besar yang bisa dirasakan pengguna Windows adalah hadirnya Start Menu yang berbeda. Berdasarkan dokumen internal, Start Menu nantinya akan dihilangkan dan digantikan dengan aplikasi launcher statis, yang juga memiliki nama sederhana bernama ‘Launcher’.

Nantinya tidak akan ada live tiles, dan tema Fluent Design dengan icon statis yang akan dimunculkan. Tampilannya lebih menjadikan Start Menu terlihat lebih lebar dari yang ada sebelumnya, namun masih tetap mempertahankan efek blur dan Fluent Design

Action Center

Windows 10X akan hadir dengan Action Center yang baru, yang menawarkan akses lebih cepat ke halaman Settings dan Notifikasi. Meski demikian, secara keseluruhan pendekatannya tidak akan banyak mengalami perubahan, namun tetap mendapat perubahan secara visual.

Action Center di Windows 10X

Action Center di Windows 10X

Action Center baru itu tetap berisi shortcut ke Bluetooth, Wi-Fi, Flight Mode, Lokasi dan sebagainya. Penambahannya akan terjadi pada pengaturan suara yang lebih baik. Tentu saja, pilihan tombol ini masih bisa dikustomisasi melalui halaman Settings.  

Wallpaper Dinamis

Microsoft akan mengenalkan penambahan visual yang ditingkatkan yang mereka namai ‘Dynamic Wallpaper’. Fitur ini akan terpasang sebagai fitur bawaan di Windows 10X, dan wallpapernya akan berubah secara otomatis menyesuaikan waktu di hari itu. 

Misalnya, ketika waktu di tempat pengguna sudah memasuki malam hari, maka Windows 10X akan secara otomatis mengurangi cahaya pada wallpaper, dan akan menambahkan pengaturan menarik pada tampilan desktop. Terdapat juga efek awan, matahari hingga bintang yang bisa berubah secara dinamis. Tidak jelas, apakah fitur ini akan berubah mengikuti perubahan cuaca di lokasi pengguna berada.

Keamanan

Windows 10X diklaim Microsoft akan menjadi versi Windows paling aman yang pernah ada, berkat adanya kebijakan ‘wadah’ baru. Dengan wadah baru tersebut, Microsoft bisa memisahkan sistem operasi dengan software lainnya, seperti driver, aplikasi atau bahkan malware. Sehingga semuanya tidak akan bercampur, dan file sistem operasi tetap aman.

Pembaruan Windows Yang Lebih Cepat

Tidak seperti Windows 10 yang banyak digunakan, Windows 10X akan bisa mengunduh dan memasang pembaruan secara instan. Faktanya, perangkat pengguna akan mengalami restart tidak lebih dari 90 detik. 

Windows 10X akan mengunduh bagian-bagian dari pembaruan di partisi khusus yang disembunyikan dan berjalan di latar belakang. Ketika pengguna menekan tombol restart, maka Windows 10X akan memindahkan dan menerapkan pembaruan dari partisi khusus ke sistem operasi. 

Leave a Reply

Send this to a friend