10 Fungsi VGA Card pada Komputer / Laptop yang Perlu Diketahui

VGA yang merupakan singkatan dari Video Graphics Array ini adalah sebuahtipe standar dari koneksi yang berguna untuk perangkat video seperti monitor dan proyektor. Biasanya VGA ini termasuk ke dalam jenis kabel, konektor dan port yang memang biasa digunakan untuk dapat menghubungkan monitor ke dalam kartu video. Tetapi penggunaan dari VGA ini telah digantikan dengan teknologi yang lebih baru seperti HDMI dan DVI. Hal itu tidak menutup kemungkinan juga untuk VGA masih tetap digunakan hingga saat ini.

Jadi sederhananya VGA atau Video Graphics Array ini adalah monitor standar yang dapat mengelola tampilan yang nantinya akan digunakan pada sebagian besar komputer maupun PC. Nah, di dalam VGA ini memiliki sebuah prosessor yang sering disebut dengan sebutan Graphics Processing Unit atau yang biasa di singkat menjadi GPU.

GPU ini juga membutuhkan memori. Maka dari itu, apabila monitornya sesuai dengan VGA, maka komputer tersebut akan bekerja dengan komputer lainnya. Pada awalnya VGA ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan IBM pada saat tahun 1987. Dan pada VGA ini memiliki resolusi layar 640 x 480 pixel.

fungsi VGA Card adalah

Nah, pada VGA Card ini memiliki beberapa fungsi, fungsi utama dari VGA Card ini adalah untuk dapat menghasilkan dan menampilkan sebuah gambar ke display yang ada di layar monitor. Tetapi semua motherboard saat ini telah memiliki kartu VGA built-in sendiri.

Maka dari itu, fungsi VGA Card saat ini tidak dianggap penting lagi karena telah di gantikan langsung oleh motherboard atau VGA card onboard. Dan kemudian pengguna tersebut dapat menggunakan komputernya untuk melakukan aktifitas multitasking seperti menjalankan microsoft office bahkan browsing. Hal ini juga yang membuat VGA Card dengan spesifikasi tinggi tidak lagi diperlukan.

Fungsi VGA Card pada Komputer / Laptop

Apabila Anda gagal, maka Anda haruslah menambahkan satu kartu VGA yang ada di motherboard milik Anda. Beberapa dari prosessor tersebut mendukung tampilan onboard dan sebagian juga ada yang tidak mendukung. Nah, ini lah dia beberapa fungsi dari VGA Card yang dapat kamu gunakan :

  1. VGA Card dapat berfungsi untuk menyimpan data-data dari sebuah hardisk.
  2. VGA Card dapat berfungsi untuk membuat sebuah gambar dengan kualitas yang sangat bagus dan berkualitas.
  3. VGA Card dapat berfungsi untuk memproses semua dari grafis yang nantinya akan ditampilkan ke monitor.
  4. VGA Card dapat berfungsi untuk menerjemahkan sebuah output dari komputer ke monitor.
  5. VGA Card dapat berfungsi untuk Menggambar atau mendesain grafik ataupun juga dapat digunakan untuk bermain game.
  6. VGA Card dapat berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital yang ada di komputer menjadi sebuah tampilan grafis ke layar monitor.
  7. VGA Card dapat berfungsi untuk menyuplai data-data untuk prosessor yang nantinya akan di proses.
  8. VGA Card dapat berfungsi untuk melakukan setting pada Graphics option windows.
  9. VGA Card dapat berfungsi untuk membuat tampilan dari kombinasi grafis, warna dan kecepatan transfer grafis tersebut menjadi lebih berkualitas dan bagus.
  10. VGA Card dapat berfungsi untuk membuat sebuah video atau gambar menjadi lebih terang, tajam dan sangat jelas.

Jenis-Jenis VGA Card pada Komputer / Laptop

Dari beberapa fungsi diatas mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli sebuah VGA Card. karena VGA Card dipastikan dapat memperjelas gambar yang akan Anda tampilkan ke monitor. Dan ada beberapa jenis dari VGA Card yang dapat Anda gunakan. Jenis-jenis dari VGA Card tersebut dapat dibedakan berdasarkan dua hal yaitu :

1. Jenis VGA Card Berdasarkan Jenis Memori-nya

fungsi VGA Card adalah

Yang pertama yaitu jenis VGA Card berdasarkan jenis memorinya, jenis ini juga berdasarkan dari klasifikasi meori yang saat ini telah digunakan dan kemudian dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, yaitu VRAM, Rambus, SGRAM, Dynamic RAM, dan EDO RAM.berikut penjelasannya.

  • VRAM

VGA Card yang satu ini memiliki sebuah kecepatan sebanyak 20 – 10 ns. Dan masalah harga, VGA Card ini terkenal sedikit lebih mahal dibandingkan dengan VGA Card lainnya seperti pada Dynamic RAM atau biasa disingkat dengan DRAM. VRAM ini biasanya digunakan pada VGA Card yang dapat digunakan untuk sebuah komputer gaming dan komputer desain grafis. VGA Card ini juga memiliki beberapa merk yang terkenal seperti stealth 64, diamond fire GL, stealth 3000 3 D, dan lain sebagainya.

  • Rambus

VGA Card yang satu ini juga sering kita jumpai pada mesin yang ada di video game seperti Sega dan Nintendo. Rambus ini juga hanya di produksi oleh Creatives Labs seperti pada Graphics Blaster xXtreme, MA-332 Graphic Blaster 3D, dan MA-302.

  • SGRAM

Jenis VGA Card yang bernama SGRAM atau singkatan dari Synchronous Graphic RAM ini memiiki kecepatan yang kurang dari 10 ns. Dan kebanyakan dari VGA Card bernama SGRAM ini juga sering digunakan pada kartu grafis kelas tinggi dengan kemampuan mencapai 3D accelerator seperti pada stealth II S220, mystique 3D,, Matrox MGA millenium, ASUS 3D explorer, dan lain sebagainya.

  • Dynamic RAM 

VGA Card jenis ini juga banyak memiliki pilihan warna dan tidak hanya itu, DRAM ini banyak digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi umum yang tidak memiliki kecepaan yang tinggi. Dan kecepatan dari DRAM ini memiliki kecepatan sebanyak 80 ns / 70 ns yang sengaja ditanamkan pada kartu VGA 32 bit, 16 bit, dan 8 bit.

  • EDO RAM

VGA Card jenis ini memiliki kecepatan sebanyak 60 ns – 35 ns dan ditanamkan di VGA Card seperti Diamond Stealth 2000 3D, winfast s280/2600 3D, ATi Mach 64 dan lain sebagainya. EDO RAM juga dapat digunaan pada komputer yang mempunyai kartu grafik 64 bit.

2. Jenis VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisik-nya

fungsi VGA Card

Jenis VGA Card berdasarkan bentuk fisiknya pun juga ada terdapat dua jenis. Yaitu VGA Add-on dan VGA on-Board. Berikut penjelasannya :

  • VGA Add-on

VGA Card jenis ini memiliki letak yang terpisah dari motherboard-nya. Jadi ini sangat membutuhkan socket tertentu saat menginstalnya. VGA Add-on juga dapat bekerja dengan sendiri tanpa butuh bantuan dari RAM yang ada di komputer. Hal ini dikarenakan memorinya telah terpisah dengan VGA-on. Yang kemudian ketika dijalankan tidak akn bergantung pada RAM lagi.

  • VGA On-Board

VGA Card jenis ini sering digunakan pada laptop atau komputer yang standar. VGA On-Board ini memiliki arti sebuah chip VGA yang digunakan bersama dengan motherboard-nya. VGA Card ini juga bekerja dalam memanfaatkan memori yang ada pada kamputer atau memanfaatkan RAM.

Itulah penjelasan mengenai fungsi VGA Card dan jenis-jenis dari VGA Card. Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli VGA Card sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi pada laptop Anda.

Article Resources

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

2 Comments

Leave a Reply

Send this to a friend