Pengertian VRAM Beserta Fungsi dan Jenis-jenis VRAM yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pada beberapa hari sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian video card beserta komponen-komponennya dan pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai salah satu komponen yang tidak kalah penting pada video card yaitu Video Random Access Memory.

Pengertian VRAM

Video Random Access Memory atau biasa disingkat VRAM merupakan salah satu komponen yang terpasang pada video card yang bekerja layaknya sebuah RAM, namun yang membedakannya ialah, apabila RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU (Central Processing Unit), maka VRAM digunakan untuk menyimpan data dari GPU (Graphical Processing Unit). Data tersebut dapat berupa texture, framebuffer, atau asset lainnya yang dibutuhkan oleh video card untuk merender sebuah gambar hingga dapat tampil di layar monitor.

pengertian vram

VRAM pertama kali ditemukan oleh F. Dill, D. Ling and R. Matick pada penelitian IBM di tahun 1980 lalu kemudian dipatenkan pada tahun 1985. Sebelum terciptanya VRAM, memori berteknologi dual-ported terbilang cukup mahal dan memiliki kualitas yang terbatas. Hingga akhirnya pada tahun 1986, untuk yang pertamakalinya IBM memperkenalkan VRAM secara komersial pada system PC/RT-nya yang mana kemudian menjadi standar untuk tampilan grafis.

Fungsi VRAM

VRAM berfungsi sebagai memori untuk menyimpan seluruh data grafis yang dibutuhkan oleh GPU untuk merender sebuah gambar. Hal tersebut dikarenakan GPU relatif lebih cepat untuk menarik data dari VRAM dibanding menarik data dari hard drive atau bahkan dari RAM sistem.

Ketika gambar akan ditampilkan ke layar monitor, gambar yang masih dalam bentuk data digital tersebut terlebih dahulu diproses di GPU lalu kemudian ditulis pada VRAM, lalu kemudian dikonversi menjadi signal analog oleh RAM digital-to-analog converter (RAMDAC), hingga akhirnya dapat tampil pada layar komputer anda.

Semua proses tersebut berlansung sangat cepat hingga anda tidak dapat melihat kedipan pada saat proses penggantian frame. Hal tersebut dikarenakan VRAM memiliki teknologi dual-ported yang mana memungkinkan processor menulis gambar selagi video card membacanya untuk tampil dilayar komputer anda.

Jenis-jenis VRAM

Setiap sistem memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal penggunaan video memori. Hal inilah yang membuat para developer membuat 4 jenis ram yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Adapun ke-4 jenis vram tersebut ialah:

1. Synchronous Graphics RAM (SGRAM)

SGRAM adalah jenis video random access memory dengan clock yang tersinkronisasi dengan kecepatan clock CPU, memori jenis ini adalah yang paling murah bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Data yang diterima dimodifikasi dalam satu proses, tidak dengan urutan membaca, menulis dan memperbarui.

2. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)

MDRAM adalah sebuah video RAM yang dikembangkan oleh MoSys dengan performa yang tinggi namun dengan harga yang sedikit mahal. Video RAM jenis ini bekerja dengan membagi memori ke beberapa bagian menjadi 32 KB, yang kemudian dapat diakses secara terpisah.

3. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)

RDRAM adalah sebuah video RAM yang dikembangkan oleh Rambus yang merupakan salah satu teknologi video RAM tercepat dengan kecepatan transfer data hingga 800 MHz. RDRAM memiliki bus khusus yang digunakan untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame buffer.

4. Window RAM (WRAM)

WRAM sama sekali tidak ada kaitannya dengan microsoft. WRAM adalah sebuah video RAM dengan performa yang tinggi yang mana memiliki bandwidth sekitar 25% lebih besar bila dibandingkan dengan video RAM yang biasa.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian VRAM beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Untuk anda yang hobi bermain game berkualitas tinggi, memiliki VRAM adalah sebuah keharusan. Semakin besar kapasitas VRAM yang anda miliki berarti semakin banyak dan semakin kompleks gambar atau texture yang dapat dirender oleh GPU, sehingga mampu mempercepat performa permainan game anda.

Namun untuk anda yang bekerja dengan mengandalkan processing data, tidaklah membutuhkan VRAM berkapasitas besar. Memiliki kapasitas VRAM yang besarpun tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada komputer anda. Oleh karena itu sebelum memutuskan membeli sebuah perangkat komputer, pastikan anda telah menentukan dengan benar perangkat seperti apa yang akan dibeli, agar anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Send this to a friend