Google Pixel

Google, akan Gunakan Face ID untuk Keamanan di Pixel?

NESABAMEDIA.COM – Google saat ini tengah disibukkan dengan perilisan Android 13 mereka, yang mana secara resmi diluncurkan untuk seri Pixel 6, 6 Pro, dan 6a. Kini, Google nampaknya memikirkan mengenai fitur keamanan mereka, yang mana kemungkinan akan beralih dari Fingerprint ke Face ID, Sabtu (20/08).

Dilansir dari 9to5Google, nampaknya perusahaan akan memberikan teknologi Face ID yang akan mereka gunakan pada seri Pixel 6 dan 7 mendatang. Sistem keamanan Face ID dirasa akan memiliki banyak manfaat untuk memperkuat sistem keamanan ponsel mereka.

Untuk saat ini, seri Pixel 6 memang telah dibekali dengan keamanan menggunakan Fingerprint, di mana memungkinkan pengguna untuk menggunakan sidik jarinya untuk mengakses ponsel mereka. Teknologi terbaru ini diluncurkan pada bagian layar ponsel, sehingga hanya dengan menyentuh layar ponsel maka secara otomatis akan mendeteksi sidik jari pemilik.

Isu ini sebenarnya sudah ada sejak bulan April kemarin, banyak yang menduga-duga bahwa seri Pixel 6 ini Google akan menyematkan teknologi Face ID untuk jenis keamanan baru mereka. Namun, setelah dirilis seri Pixel 6 tidak menawarkan hal serupa.

Isu ini ada karena Google yang tidak menggunakan Dual Pixel Auto Focus atau DPAF, terlihat dari Pixel 6 Pro yang mana menggunakan kamera dengan kedalaman yang lebih tinggi, di mana memungkinkan perangkat untuk dapat menggunakan struktur wajah dalam Face ID.

Maka dari itu, tidak ada salahnya ketika banyak pengguna yang akhirnya berspekulasi bahwa Google akan menggunakan teknologi Face IDE, sama halnya dengan Apple meskipun mengusung teknologi yang jelas berbeda.

Google sendiri telah menggunakan dua sensor, di mana telah menggunakan Soli Radar untuk sensor wajah. Namun, untuk saat ini sepertinya Google masih akan menggunakan sensor sidik jari atau Fingerprint di perangkat Pixel 6 dan 7 mendatang.

Jika dilihat dari kemampuan perangkat dalam menjalankan program, sepertinya kita tidak perlu berharap banyak bahwa Google akan memberikan fitur Face ID untuk seri Pixel 6 mereka. Sebaliknya, untuk daya tahan perangkat keras akan lebih cocok digunakan pada seri Pixel 7 mendatang, yang mana untuk saat ini belum diketahui pasti kemampuannya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend